Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 386885Total Pengunjung:
  • 10Hari ini:
  • 92Kemarin:
  • 1Online:
Buku Tamu
Panel Login

Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

Konsep  Keperawatan Kesehatan Jiwa Masyarakat

A. Pengantar

Kali ini penulis akan membagikan ilmu tentang  KONSEP KEPERAWATAN KESEHATAN JIWA MASYARAKAT. Di mana tulisan ini penulis peroleh dari hasil membaca,  dan tulisan ini ada di dalam MODUL  LATIHAN KEPERAWATAN KESEHATAN JIWA MASYARAKAT  yang diterbitkan oleh  PUSAT PENDIDIKAN  DAN PELATIHAN  TENAGA KESEHATAN BADAN PPSDM KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA MEI 2012. Materi ini sengaja penulis salin dan penulis simpan di website penulis agar tidak lupa dan tentunya juga agar dapat dibaca oleh pihak yang membutuhkannya. Nah  apa isinya? Silahkan baca tulisan di bawah ini.

B. Uraian Materi

1. Keperawatan kesehatan jiwa masyarakat adalah pelayanan keperawatan yang komorehensif, holistik, paripurna, dan kontinu berfokus pada masyarakat yang sehat jiwa, masalah psikososisk dan gangguan jiwa

2. Pelayananan keperawatan yang komprehensif adalah pelayanan yang difokuskan pada pencegahan primer pada anggota masyarakat yang sehat jiwa pencegahan sekunder pada anggota masyarakat yang mengalami masalah psikososial dan gangguan jiwa dan pencegahan tersier pada pasien jiwa dengan prosres pemulihan

3. Pelayanan keperawatan yang holistik adalah pelayanan yang difokuskan pada aspek bio-psiko-kulturak dan spiritual

a. Aspek fisik dikaitkan dengan dampak masalah kesehatan jiwa terhadap kesehatan fisik atau sebaliknya. Pelayanan keperawatan jiwa termasuk masalah kesehatan fisik yang dialami pasien dengan gangguan jiwa.

b. Aspek psikologis dikaitkan berbagai masalah psikologis yang dialami masyarakat seperti ketakutan, trauma, kecemasan maupun kondisi yang lebih berat dalam bentuk tanda dan gejala gangguan jiwa di mana memerlukan pelayanan agar mereka dapat beradaptasi dengan situasi tersebut

c, Aspek sosial dikaitkan dengan masalah hubungan sosial yang diakibatkan oleh masalah kesehatan jiwa. Keperawatan jiwa juga harus memperhatikan aspek sosial pasien

d. Aspek budaya dikaitkan dengan perlunya mempertimbangkan aspek budaya masyarakat yang terkait dengan masalah kesehatan jiwa

e. Aspek spiritual dikaitkan dengan nilai-nilai, kepercayaan dan agama yang dianut di masyarakat yang dapat diberdayakan sebagai potensi masyarakat dalam mengatasi berbagai  asalah kesehatan jiwa.

4,Pelayanan keperawatan paripurna  adalah pelayanan yang lengkap meliputi seluruh jenjang pelayanan yaitu dari pelayanan kesehatan jiwa spesialistik, pelayanan kesehatan jiwa integratif  dan pelayanan kesehatan jiwa yang bersumber daya masyarakat. Pemberdayaan seluruh potensi dan sumber daya yang ada di masyarakat diupayakan agar terwujud masyarakat yang mandiri dalam memelihara kesehatannya.

5. Pelayanan keperawatan diberikan secara terus menerus (continuity of care) dati kondisi sehat sampai sakit dan sebaliknyam baik di rumah mauoun di rumah sakit (di mana saja orang berada), dari dalam kandungan sampai lanjut usia.

6. Tujuan pelayanan adalah meningkatkan kesehatan jiwa, mencegah terjadinya gangguan jiwa, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan pasien dan keluarga dalam memelihara kesehatan jiwa

 
7. Perawat dapat mengaplikasikan konsep keperawatan kesehatan jiwa masyarakat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga anggota masyarakat sehat jiwa dan yang mengalami gangguan jiwa dapat dipertahankan di lingkungan masyarakat serta tidak perlu ditunjuk segera ke rumah sakit jiwa.

 

C. Penutup

Demikian beberapa ilmu twntang Konsep Keperawatan Kesehatan Jiwa Masyarakat  yang penulis baca dari Modul  Pelatihan Keperawatan Kesehatan Jiwa Masyarakat, semoga tulisan ini memberi manfaat bagi yang membutuhkan.

 

Referensi

Kementerian Kesehatan RI. 2012. Modul Pelatihan Keperawatan Jiwa Masyarakar. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

FacebookTwitterGoogle+Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tulisan Terkini
Buku Pegangan Siswa
Diktat Ekonomi SMA/MA

Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

Lihat Hasil Jajak Pendapat

Loading ... Loading ...

Laporan Karya Inovatif
Berita Lainnya
HEALTHY SPICES TEA,  EASY TO MAKE IT (TEH REMPAH SEHAT, MUDAH MEMBUAT)
HEALTHY SPICES TEA, EASY TO MAKE IT (TEH REMPAH SEHAT, MUDAH MEMBUAT)
HEALTHY SPICES TEA, EASY TO MAKE IT (TEH REMPAH SEHAT, MUDAH MEMBUAT)
SONIAN ARTIS DAN GURU
SONIAN ARTIS DAN GURU
SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
SONIAN OMBAK DAN AKU
SONIAN OMBAK DAN AKU
SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih

Temukan Kami di Facebook

Pencarian

       

.

Galeri Foto
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
20150203_121026-1.jpg
20150203_121051-1.jpg
IMG_39759949695819.jpeg
20131120_110407-1.jpg
20131120_110424-1.jpg
20131219_140230.jpg
Cerita Bergambar
Kalender
Mei 2021
S M T W T F S
25 26 27 28 29 30 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5
Channel Youtube