Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 379578Total Pengunjung:
  • 130Hari ini:
  • 143Kemarin:
  • 0Online:
Panel Login
Komentar Terkini

    Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

    Catatan 1 TOT OJK I: Meningkatkan Literasi Keuangan Siswa Sejak Dini

    A. Pengantar

    “Berdasarkan hasil survei OKJ  tahun 2013 bahwa Tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia 21,84%, Tingkat  Inklusi (Tingkat Penggunaan Produk Keuangan)  masyarakat Indinesia adalah sebesar 59,7%. Sedangkan tingkat literasi masyarakat Sumatera Barat 24%, tingkat inklusi masyarakat Sumatera Barat 91%. Angka ini berada lebih tinggi dari tingkat literasi dan inklusi  keuangan nasional, khususnya tingkat ingkusi”, demikian kata pembuka yang disampaikan oleh Elfian (Pengawas Senior Komunitas Jasa Keuangan Propinsi Sumatera Barat) saat memberikan kata sambutan pada acara Training of Traners Otoritas Jasa Keuangan (TOT OJK) kepada Guru Mata Pelajaran Ekonomi SMA Se Sumatera Barat.

    Penyampaian Kata Sambutan dan Sekaligus Membuka Secara Resmi TOT OJK oleh Efrizal, Pengawas Senior Komunitas OJK Sumatera Barat (Padang, Rabu 14 Desember 2016)

    Penyampaian Kata Sambutan dan Sekaligus Membuka Secara Resmi TOT OJK oleh Efrizal, Pengawas Senior Komunitas OJK Sumatera Barat (Padang, Rabu 14 Desember 2016)

    Selain memberikan kata sambutan Elfian juga sekaligus membuka secara resmi TOT OJK yang berlangsung di  Mercure Hotel Padang, Rabu 14 Desember 2016. Dan TOT OJK ini direncanakan akan diadakan selama 2 tahap, di mana TOT OJK ini adalah TOT OJK Tahap I, dan selanjutnya TOT Tahap II akan dilangsungkan sekitar bulan Januari/Februari 2017 dengan total jam TOT 32 jam.

     

    B. Isi Kata Sambutan

    Hal apa saja yang disampaikan oleh Elfian, selaku Pengawas Senior Komunitas Jasa Keuangan Sumatera Barat pada TOT OJK Tahap I ini tentunya hal-hal yang mengacu pada tema TOT ini yaitu ” Meningkatkan Literasi Keuangan Siswa Sejak Dini Melalui Pelatihan Pengajaran Materi Edukasi Formal SMA”

    Pada kesempatan ini  Elfian tidak saja memaparkan informasi perbandingan data-data populasi penduduk dengan tingkat literasi keuangan dan inklusi baik skala nasional dan skala propinsi Sumatera Barat, tetapi juga menampilkan data-data populasi pelajar Indonesia dan perbandingannya dengan keadaan tingkat literasi keuangan  dan tingkat inklusi-nya.

    Di mana beliau memaparkan bahwa 4,6 juta orang atau hampir seluruhnya masyarakat Sumatera Barat telah menggunakan produk jasa keuangan. Hal terebut menunjukkan bahwa dari 5,1 juta orang penduduk Sumatera Barat hanya 1,2 juta orang atau sekitar 22% dari total penduduk Sumatera Barat yang memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang berbagai produk jasa keuangan.

     

    Bagaimana dengan Kelompok Pelajar?

    Berdasarkan data dari BPS dan Kemendikbud 2015 bahwa populasi siswa SD, SMP, SMA telah mencapai  49,8  juta atau sekitar 20% dari populasi masyarakat Indonesia 250 Juta . Dengan rincian  sekitar 38,8 juta siswa di bawah kementerian pendidikan, sekitar 11 juta  siswa di bawah kementerian agama.

    Populasi siswa SD, SMP, SMA Sumatera Barat mencapai 1,4 juta siswa atau sekitar  27,45 dari  populasi penduduk Sumatera Barat 5,1 Juta . Adapun tingkat literasi keuangan pelajar  secara nasional  adalah sebesar 28,3% , sedangkan untuk  tingkat inklusi pelajar  secara nasional sebesar 41%.

    Dari data tersebut di atas terlihat bahwaxmeskipun telah banyak penduduk Sumatera Barat yang menggunakan produk jasa keuangan, namun ternyata sebagian besar dari penduduk Sumatera Barat tersebut termasauk para pelajar belum memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang produk jasa keuangan. Oleh karena itu OJK merancang dan melaksanakan program untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan literasi keuangan kepada masyarakat, bagi para guru, khususnya guru mata pelaharan IPS, lebih khusus lagi guru mata pelajaran ekonomi. Kegiatan yang dirancang baik dalam bentuk seminar, training, serta aplikasi langsung di sekolah-sekolah.

    Salah satu program tersebut di atas dilaksanakan pada hari Rabu 14 Desember 2016, yaitu kegiatan  memberikan edukasi literasi keuangan pada guru mata pelajaran ekonomi SMA Se Sumatera Barat. Sehingga pengenalan TOT OJK pada guru ekonomi  ini diharapkan akan ditularkan oleh guru kepada para siswa di sekolahnya masing-masing.  Materi edukasi keuangan yang perlu dipahami yang terkait dengan Perbankan dan ke OJK-an (seperti Pasar Modal, Asuransi, Pembiayaan, Dana Pensiun, Pegadaian). Namun pada TOT OJK Tahap I ini akan diberikan materi tentang ke OJK-an (Tugas dan Fungsi Pokok OJK, Perlindungan Konsumen), Pasar Modal, dan Asuransi.

    Selanjutnya menurut Efrizal bahwa sebelum ini  pihak perbankan dan OJK telah mengupayakan peningkatan literasi dan inklusi  keuangan siswa sejak dini di sekolah dengan diadakannya Tabungan/Simpanan Pelajar. Nsmun, kegiatan ini belum maksimal terlaksana, karena masih kurangnya pemahaman siswa terhadap pentingnya siswa untuk menabung. Namun meskipun demikian, kegiatan ini akan tetap dilanjutkan dan ditingkatkan. Menyikapi hal tersebut dan juga dalam rangka mempercepat akses pengelolaan keuangan daerah, maka pemerintah daerah Sumatera Barat, Gubernur Sumatera Barat mengeluarkan Surat Edaran No.07/ED GSP 2016 telah menetapkan gerakan menabung pelajar Sumatera Barat setiap Hari Rabu Minggu I .

    Selain program tersebut di atas, maka akan dilakukan pendistribusian buku  mengenai OJK bagi siswa-siswi di sekolah. Buku OJK ini dapat menjadi koleksi perpustakaan sekolah, serta buku ini dapat memberikan pemahaman tentang OJK. Sehingga dengan buku ini diharapkan akan memberi pemahaman yang berkelanjutan tentang OJK di kalangan sekolah khususnya pada guru dan siswa.

     

    C. Penutup

    Melihat tingginya penggunaan produk keuamgan oleh masyarakat, namun tidak diiringi oleh peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat bahkan pelajar tentang literasi keuangan dan tingkat inklusi, oleh karena itu pihak perbankan dan OJK Sumatera Barat mengadakan TOT OJK kepada para guru mata pelajaran ekonomi SMA Se Sumateta Barat  dengan tema “Meningkatkan Literasi Keuangan Siswa Sejak Dini Melalui Pelatihan Pengajaran Materi  Edukasi Formal  SMA”, demikian  Efrizal menyampaikan kata penutup sekaligus membuka secara resmi acara TOT OJK  Tahap I ini

    FacebookTwitterGoogle+Share

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Tulisan Terkini
    Buku Pegangan Siswa
    Diktat Ekonomi SMA/MA

    Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

    Lihat Hasil Jajak Pendapat

    Loading ... Loading ...

    Laporan Karya Inovatif
    Berita Lainnya
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
    SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU SONIAN PERAHU DAN AKU Kembara lautan Ta

    Temukan Kami di Facebook

    Pencarian

           

    .

    Galeri Foto
    Klik Slideshow di bawah untuk
    melihat Galeri Foto secara lengkap
    20150203_121026-1.jpg
    20150203_121051-1.jpg
    IMG_39759949695819.jpeg
    20131120_110407-1.jpg
    20131120_110424-1.jpg
    20131219_140230.jpg
    Cerita Bergambar
    Kalender
    Februari 2021
    S M T W T F S
    31 1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 1 2 3 4 5 6
    Buku Tamu