Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 379574Total Pengunjung:
  • 126Hari ini:
  • 143Kemarin:
  • 0Online:
Panel Login
Komentar Terkini

    Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

    Yuk berkunjung  dan mengenal  “Kiniko Enterprise”,  Sentral Souvenir Makanan dan Minuman Kabupaten Tanah Datar

    A. Pengantar

    Bila mengujungi  Kabupaten Tanah Datar Propinsi  Sumatera Barat-Indonesia, tepatnya di Tabek Patah, jangan lupa untuk singgah di C.V KINIKO Industri Pasca Panen.  Mengapa perlunya ke sini?  Wah, ternyata di tempat  ini teresedia beragam kuliner yang sangat khas yang bisa di bawa pulang oleh  pengunjung sebagai souvenir. Apa itu? Sabar, ya nanti kita bahas satu persatu.  Yang pasti perlu  untuk diketahui, khususnya bagi yang hobbynya wisata,  apalagi wisata kuliner, dan  beberapa dari produk minuman penting pula untuk pemeliharaan kesehatan. Ditempat ini selain dijuak produk mentah, pengunjung juga dapat mencoba  produk minuman siap saji sambil santai menikmati pemandangan sekitarnya, sehingga tak heran  lokasi ini memang strategis sebagai tempat daerah kunjungan wisata domestik maupun Internasional.  

    Dokumentasi Foto bersama turis dari Holand saat mau beli Pisang Salai Kiniko

    Dokumentasi Foto bersama turis dari Holand saat mau beli Pisang Salai Kiniko

    B. Sejarah Kiniko Enterprise

    Tahun 1840 di Minangkabau di terapkan tanam paksa atau cultuurstelsel. Petani diminta menanam kopi tetapi tak boleh memetiknya. Buah hasil tanaman kopi adalah kepunyaan kolonial Belanda. Para meneer Belanda hanya mengizinkan memetik daun kopi. Tak lupa meneer Belanda mengatakan bahwa daun kopi lebih berkhasiat ketimbang bijinya.

    Tanam paksa atau cultuurstelsel di berlakukan di zaman Van Den Bosch duduk sebagai gubernur jendral di Hindia Belanda. Semua tanamn dan hasil yang bermutu meliputi biji kopi, gula dan nilam harus diserahkan kepada Belanda. Kelakuan busuk Van Den Bosch ini membuatnya di anugrahi kehormatan oleh ratu Belanda. Namun kemudian Belanda sadar telah melakukan perbuatan hina dan membals dosa itu dengan memberlakukan politik etis, politik balas budi semenjak 1901 denagn mulai mendirikan sekolah sekolah.

    Kembali ke petani Minangkabau yang hanya diperbolehkan memetik daun kopi, yang lalu disangrai dan diseduh layaknya membuat minuman teh. Minuman itulah yang disebut dengan kawa daun. Meskipun Belanda pergi namun minuman daun kawa tetap bertahan menjadi kebiasaan di beberapa daerah yang kini masuk di provinsi Sumatera Barat. Daun kawa di sajikan di kedai kedai atau disebut Danggau kawa disajikan tidak dalam gelas melainkan tempurung yang di topang bambu.

    KINIKO adalah suatu Usaha Kecil Menengah bergerak di bidang pengolahan makanan dan minuman Tradisional yang berdiri pada Tahun 1981 dan dikeluarkan izin sebagai Badan Usaha Kecil No.453/ 3122/ VII/ 86288/ 1986 dengan Nama KINIKO ENTERPRISE. Usaha ini didirikan oleh Almarhum Drs Abdul Aziz Idris.

    Kalau dulu produk kiniko hanya terkenal dengan kopi kiniko, pisang salai kiniko, maka saat ini produknya sudah berkembang menjadi lebih kurang 30 produk tersedia di sini, bahkan ditambah pula dengan produk-produk yang dibuat oleh perusahaan lain yang juga dijual di tempat ini. Selain tempat souvenir makanan dan minuman lokasi ini juga indah untuk tempat wisata.

    Dokumentasi Foto penulis di salah satu tempat duduk santai yang disediakan di Lokasi CV Kiniko Enterprise

    Dokumentasi Foto penulis di salah satu tempat duduk santai yang disediakan di Lokasi CV Kiniko Enterprise

    C. Visi, Misi, dan Tujuan Pendirian Peusahaan

    Visi : 

    Terbukanya pola pikir dan wawasan penduduk di Nagari Tabek Patah.

    Misi : 

    Meningkatkan kesejahteraan Penduduk di Nagari Tabek Patah khususnya dan Batusangkar pada umumnya melalui penyerapan tenaga kerja hasil panen.

    Di bawah bimbingan Bapak IKA SUMA HAMID Mantan Bupati Tanah Datar periode 1985 – 1995. Idealisme Almarhum tetap dipertahankan oleh Putera-Puteri Almarhum dalam menjalankan usaha ini sehingga telah banyak membantu masyarakat sekitar melalui penyerapan tenaga kerja.

    Tujuan Pendirian Perusahaan

    Melaksanakan anjuran Bapak Presiden Soeharto yaitu : Agar sebaiknya Industri didirikan di Desa sehingga bisa : 
    1. Menyerap tenaga Kerja
    2. Memajukan / mencerdaskan Masyarakat Desa
    3. Meningkatkan pendapatan Masyarakat Desa
    4. Mencegah pengangguran dan Urbanisasi

    D. Lokasi dan Informasi

    Terletak di Nagari Tabek Patah Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar.Yang merupakan kawasan Strategis sebagai tempat daerah kunjungan Wisata Domestik maupun Internasional. Untuk lebih jelasnya lokasi ini, dapat di lihat informasi di bawah ini

    NAMA: INDUSTRI PASCA PANEN PEDESAAN
    Jl.Raya Bukit Tinggi – Batusangkar KM.16
    Tabek Patah.Tanah Datar.Sumatera Barat.
    Tlp : ( 0752 ) 561199 / Fax : ( 0752 ) 561123
    E-mail : kiniko_coffee@ yahoo.co.id

    Anda bisa mengklik “Info Perusahaan”, “Katalog Produk” dan “Hubungi Kami” untuk melihat isi dan informasi lain dari situs C.V KINIKO Industri Pasca Panen Pedesaan.

    E. Produk dan Khasiat

    Telah mendapatkan sertifikat SNI No.01-3542-94 dan telah terdaftar di Badan POM Dep Kes Ri No.SP.05 / 0312 / 93. Berdasarkan referensi yang penulis baca dari berbagai sumber bshwa perusahan ini  memproduksi: Kopi Bubuk,  Kopi Jahe,  Kopi Daun,  Serbat! Ramuan Pinang, Pisang Sale Stick,  Dodol Pepaya, Dodol Nenas, Dodol Sirsak,  Kipang Mihuun, dan masih banyak produk lainnya.

    Menurut salah seorang karyawan yang saya tanyakan tentag produk-produk yang dihasilkan oleh CV. KINIKO ini, katanya ada kurang lebih 30 Produk, sedangkan berdasarkan pengamatan penulis saat berkunjung ke lokasi ini pada Sabtu 12 Oktober 2015 bahwa produk-produk yang penulis ditemukan pada CV. Kiniko adalah:
    Kopi Jahe Kiniko
    Kopi Pinang Kiniko
    Ramuan Pinang Kiniko
    Coffee Bean Kiniko
    Bubuk Kopi kiniko
    Daun Sina Mhaki (Daun Jati Cina) Kiniko
    Bubuk kulit manis Kiniko
    Pisang Salai Kiniko
    Pisang Salai Wijen Kiniko
    Emping Melinjo Kiniko
    Rendang Paru Kiniko
    Keripik Pisang Manis Kiniko
    Serundeng Talas Pedas Kiniko
    Serundeng Ubi jalar kiniko
    Keripik kentang kiniko
    Karabu Saga Kiniko
    Karupuk Jangek Kiniko
    Daun Kopi Kiniko
    Daun Sirsak Kiniko
    Daun Murbei Kiniko
    Mahkota Dewa Kiniko

    Selain produk kiniko di atas, di tempat ini juga menjual produk yang bukan di produksi oleh kiniko seperti:
    Rinuak Cryspi
    Cookies Umbi Dahlia
    Bubuk kopi tanpa merk
    Rendang daging kareza
    Jagung goreng
    Stick ubi jalar ungu morella
    Onde-onde plethus
    Crispy jamur tiram restu
    Rakik maco dan udang “Empat Putri”
    Kue sapik durian “Asadori”
    Kue sapik puluk hitam “Asadori”
    Keripik tempe
    Sanjai “Tiga Saudara”
    Sanjai putih tak bermetek
    Sanjai pedas tak bermerek
    Kerupuk ubi tak bermerek
    Kerupuk ubi ungu tak bermetek
    Serundeng ubi kacang tak bermerek
    Keripik lapis “Ovie”
    Karak kaling talua “Cahaya Sianok”
    Kacang telur
    Kayu manis batangan

    Dokumentasi Foto Penulis di tempat penjualan produk-produk "Kiniko Enterprise", di mana produk yang penulis pegang adalah pisang salai wijen kiniko

    Dokumentasi Foto Penulis di tempat penjualan produk-produk “Kiniko Enterprise”, di mana produk yang penulis pegang adalah pisang salai wijen kiniko

    Namun dari semua produk tersebut penulis juga ini tertarik dengan produk-produk yang penting untuk pemelihaaraan kesehatan. Adapun beberapa produk dan khasiat produk tersebut bisa di lihat pada paparan di bawah ini. Keterangan tentang kandungan kimia, khasiat, lama pengobatan, serta caranya penulis baca dari label pada kemadan produk.

    1. Ramuan Minuman Tradisional Daun Kopi Kiniko
    a. Kandungan kimia: Alkakoida, Saponin, Flavonoida, Polifenol

    b. Khasiat

    Daun kopi adalah minuman tradisional Nenek Moyang Minang Kabau.yang bermukim di daerah pegunungan. Beekhasiat menetralisir lemak dan bersifat konstruktif sebagai minuman penyegar badan. Dapat diminum sesering mungkin sesuai kebutuhan atau diminum sebagai pengganti teh. Penyajian dengan cara direbus akan dilebih baik, karena senyawa yang terkandung di dalamnya akan keluar dan larut dalam air

    c. Lama Pengobatan

    Tanaman berkhasiat obat yang masih berupa simplisa, hasil pengobatannya tampak lambat, tetapi bersifat kontruktif. Berbeda dengan obat kimiawi yang hasil pengobatannya terlihat cepat, tetapi bersifat destruktif. Oleh karena itu tidak dianjurkan pemakaiannya pada penyakit infeksi yang bersifat akut (mendadak). Namun diutamakan untuk pemeliharaan kesehatan dan penyakit kronis (menahun) dan tidak dapat disembuhkan dengan obat kimiawi atau mememrlukan kombinasi pengobatan antara obat kimiawi dengan tanaman obat. Tentunya harus dilakukan secara rutin

    d, Cara

    Satu bungkus daun kopi rebus dengan 1 liter air sampai mendidih. Untuk penyajian lebih nikmat dapat dicampur dengan susu dan 1 irisan jahe

    Produk daun kopi ini selain dijual dalam bentuk kemasan, rupanya di sini juga disediakan ruangan tempat minum

     
    2. Ramuan Minuman Tradisionsl Daun Murbei (Mulberry Leaft)

    a. Kandungan Kimia: ecdyserone, inokosterone, beta-sitosterol

    b. Khasiat

    Daun (Sang ye) berkhasiat untuk:
    Demam karena flu, malaria, batuk, sakit kepala, sakit tenggorokan, sakit gigi, rematik, darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes melitus), kaki gajah (elephantiasis tingkat bawah), sakit kulit, bisul, radang mata merah (conjuctivities acute), memperbanyak air susu ibu (ASI), keringat malam, muntah darah dan batuk darah akibat darah panas, kolesterol tinggi (hiperlolesierolemia dan gangguan pada saluran cerna

    c,  Lama Pengobatan:
    Keterangan lama pengobatan sama dengan keterangan pada daun kopi di atas

    d, Cara

    Satu bungkus daun murbei rebus  dengan 1 liter air sampai mendidih.Diminum menjelang tidur malam

    3. Ramuan Minuman Tradisional Bubuk Kulit Manis

    Kulit manis berkhasiat untuk pengobatan penyakit, seperti:

    a. Sakit Perut

    Madu yang dicampur bubuk kayu manis dapat mengobati sakit perut. Juga dapat membersihkan perut serta menyembihkan bisul sampai ke akar-akarnya

    b. Kembung

    Penelitian yang dilakukan di India dan Jepang menyatakan bahwa madu yang diminum bersana kayu manis panas dapat memvuat nafas segar sehari penuh. Orang Amerika Selatan biasa meminum ramuan tersebut di pagi hari

    c. Sakit kepala

    Minuman kayu manis campur madu dan jus jeruk dapat menyembuhkan sakit kepala katena sinus

    d. Kelelahan

    Warga usia lanjut mengkonsumsi madi dan bubuk kayu manis dengan ukuran yang sama terbukti lebih waspafa dan fleksibel. Penelitian Dr. Milton membuktikan 1/2 sendok makan madu yang diminum dengan segelas air yang ditaburkan bubuk kayu manis dapat meningkatkan vitalitas tubuh dalam seminggu. Ramuan tersebut di minum setiap hari setelah menggosok gigi dan jam 3 sore saat vitas tubuh menurun

    e. Kelebihan berat badan

    Minum segelas air yang direbus bersama madu dan bubuk kayu manis setiap pagi 1/2 jam sebelum sebelum sarapan atau saat perut masih kosong. Bila dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat badan, bahkan bagi orang orang sangat gemuk. Minum ramuan ini secara teratur akan mencegah: lemak terakumulasi dalam tubuh, meski tetap makan mskanan berkalori tinggi

    f. Penawar alami (Natural remedy) untuk diabetes tipe II

    Para saintis telah mendapati kulit  kayu manis mempunyai sifat alainsulin, yang mengurangi kadar glukosa darah, dan juga trygliseride dan kolesterol, semuanya penting terutama kepada penderita kencing manis tipe II

    4.Ramuan Minuman Tradisional  Daun Sirsak Kiniko

    a. Kandungan kimia dan khasiat

    Dalam daun sirsak terdapat senyawa aktif acetogenin yang menghambat ATP (Adenosin Trifosfat). ATP sumber energi di dalam tubuh sel kanker. Baik bagi orang sehat. Menambau kekebalan tubuh dan mencegah asam urat. Bagi pria menambah jumlah dan memperkuat sperma,. Mengeliminasi radikal bebas., memgeringkan sel kanker, meningkatkan stamina, Bisa juga untuk bronchitis, radang tenggorokan, usus, dan pencernaan

    b. Cara: Ambil segenggam daun sirsak rebus dengan air 500 ml sampai mendidih

     
    5. Ramuan Minuman Tradisional Mahkota Dewa

    a, Khasiat

    Minuman ini berkhasiat menyembuhkan: kanker payu dara, kanker rahim, hepatitis, jantung koroner, disentri, pegal-pegal, menambah stamina, impotensi, paru-paru, gatal-gatal, jerawat, exim, alergi, berfungsi sebagai anti alergi dan antibiotik

    b, Cara penyajian: Direbus dengah air sampai mendidih, lalundinfinkan sebelum diminum

    c. Efek: Efek dari obat setelah diminum terasa mengantuk

    d. Komposisi

    Mengandung Antiseptik dan Antibiotik, dll. Boleh menambahkan gula bagi yang tidak menderita diabetes

     
    6. Ramuaan Minuman Daun Shina Maki  (Daun Jati Cina) Kiniko

    a,  Manfaat
    1) Melangsingkan tubuh
    2) Mengecilkan perut
    3) Melarutkan lemak
    4) Melancarkan buang air

    b. Cara pemakaian

    1) Ambil 1 sendok makan Daun Shina Maki, masukkab dalam gelas, tuangkan air panas, diamkan hingga air berwarna coklat
    2) Minum 1×1 hari
    3) Gejala awal akan selalu buang air besar
    4) Imbangi dengwn minum air putih

    Di lokasi ini para pengunjung tidak saja dapat membeli Produk-produk seperti daun kopi, daun murbei, ataupun bubuk kayu manis dalam bentuk kemasan, namun juga pengunjung dapat menikmati daun kopi, daun murbei, dan bubuk kayu manis tersebut dalam minuman siap saji. Pengunjung dapat memilih dan mengambil sendiri pada tempat yang telah di sediakan.

    Dokumentasi Foto, penulis sedang
 mengambil sendiri minuman daun kopi kiniko

    Dokumentasi Foto, penulis sedang mengambil sendiri minuman daun kopi kiniko

     
    F. Pemasaran

    Pemasaran langsung di lokasi dengan pelayanan yang sangat baik, bahkan pengunjung bebas bertanya dan mengambil foto, sehingga tak heran lokasi ini ramai dikunjungi oleh wisatawan Lokal dan Internasional. Selain itu pemasaran Produk Olahan Makanan dan Minuman Kiniko juga sudah dikenal di Negeri Jiran Malaysia, hasil kerja sama dengan Travel Biro ( ASITA ) yang terdapat di Sumbar

    Dokumentasi Foto bersama Turis Mancanegara di CV Kiniko Enterprise

    Dokumentasi Foto bersama Turis Mancanegara di CV Kiniko Enterprise

    G. Penghargaan

    1 Piagam Penghargaan Rangkiang sebagai jasa kepeloporan.yang diberikan oleh Gubernur SUMBAR Bapak HASAN BASRI DURIN.

    2. Piagam Penghargaan Citra Eksekutif Pembangunan Indonesia 2002.

    3. Piagam Penghargaan Bupati Tanah Datar Bapak MAHDAR SAISA.

    4. Piagam Penghargaan Kepala Biro Pusat Statistik Prop Sumbar Bapak
    Drs.ARMUNI UMAR.

    5. Paigam Penghargaan Enterpreneur Sumatera Barat Versi KADIN PADANG

    H. Penutup

    Berdasarkan hasil kunjungan penulis, rasanya sangatlah rugi bila ke Tanah Datar-Sumbar tak menyempatkan singgah ke lokasi ini. Di mana para pe gunjung dapat melihat, membeli, dan mencoba makanan dan minuman olahan tradisional. Banyak produk makanan dan minuman yang telah dikembangkan di CV Kiniko ini, terutama minuman khas yang penting untuk pemeliharaan kesehatan, salah satunya minuman daun kopi (kawa daun) khas Tabek Patah Kabupaten Tanah Datar. Dan masih banyak produk lainnya yang penting untuk kesehatan dan perlu Anda Coba. Tak percaya? Silahkan berkunjung dan buktikan sendiri.

     
    Sumber

    Tersedia  ” C.V KINIKO Industri Pasca Panen Pedesaan-Indonesia” http://kiniko-1.indonetwork.co.id/ Diakses Minggu 13 September 2015 Jam 06.45

    Tersedia  ” Kopi Khas Sumbar untuk Wisatawan” http://www.medanbisnisdaily.com/m/news/read/2013/12/06/6 Diakses Minggu 13 September 2015 Jam 07.02

    Tersedia “Sejarah dan Visi Misi Kiniko Enterprise”http://merantikepulauanku.blogspot.co.id/2014/10/ Diakses Minggu 13 September 2015 Jam 06.48.

    FacebookTwitterGoogle+Share

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Tulisan Terkini
    Buku Pegangan Siswa
    Diktat Ekonomi SMA/MA

    Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

    Lihat Hasil Jajak Pendapat

    Loading ... Loading ...

    Laporan Karya Inovatif
    Berita Lainnya
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
    SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU SONIAN PERAHU DAN AKU Kembara lautan Ta

    Temukan Kami di Facebook

    Pencarian

           

    .

    Galeri Foto
    Klik Slideshow di bawah untuk
    melihat Galeri Foto secara lengkap
    20150203_121026-1.jpg
    20150203_121051-1.jpg
    IMG_39759949695819.jpeg
    20131120_110407-1.jpg
    20131120_110424-1.jpg
    20131219_140230.jpg
    Cerita Bergambar
    Kalender
    Februari 2021
    S M T W T F S
    31 1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 1 2 3 4 5 6
    Buku Tamu