Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 379910Total Pengunjung:
  • 0Hari ini:
  • 144Kemarin:
  • 0Online:
Panel Login
Komentar Terkini

    Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

    Rental Gas Melalui  Peningkatan Modal Baja

    A. Pengantar

    “Ayo semangat, hilangkan rasa malas. Banyak orang yang ingin menjadi sepertimu, maka dari itu kau harus berbangga. Tetapi ingat! Banyak orang juga yang ingin melampauinya, demikian kata motivasi sebagai pembuka yang disampaikan oleh Nara Sumber.  Ibu Dra. Hj. Yenni Putri, MM (Kepala SMAN 11 Padang)  kepada peserta seminar.  Adapun Ibu Dra. Hj. Yenni Putri, MM adalah nara sumber keempat  pada  SEMINAR NASIONAL ILMU-ILMU SOSIAL “MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU-ILMU SOSIAL DI SMA”.  Seminar ini diselenggarakan bekerja sama HIPIIS Cabang Sumatera Barat dan MGMP Sumatera Barat, yang dilaksanakan di LPMP Padang, Minggu 24 April 2016.

    Penyampaian Materi Seminar oleh Ibu Dra. Hj. Yenni Putri, MM (Kepala SMAN 11 Padang) dengan judul  "Rental Gas Melalui Peningkatan Modal Baja" (LPMP Padang, Minggu 24 April 2016).

    Penyampaian Materi Seminar oleh Ibu Dra. Hj. Yenni Putri, MM (Kepala SMAN 11 Padang) dengan judul  “Rental Gas Melalui Peningkatan Modal Baja” (LPMP Padang, Minggu 24 April 2016).

    Adapun materi seminar yang disampaikan oleh Ibu Dra. Hj. Yenni Putri, MM ini berjudul “RENTAL GAS MELALUI PENINGKATAN MODAL BAJA”.  Hal apa saja yang beliau sampaikan secara lengkap dapat dibaca pada bahan presentasi  yang beliau sampaikan. Selanjutnya, dari uraiannya secara lisan dan dari bahan presentasi tersebut hal-hal  atau bagian-bagian mana yang menurut penulis penting maka penulis salin atau ambil intisarinya dan penulis upload di website penulis dan tentunya dengan maksud dibagikan  khusus untuk  teman-teman yang tidak hadir seminar atau pihak lain membutuhkan.  Dan apa isinya silahkan baca paparan di bawah ini.

    1. Latar Belakang

    2. Pengertian

    a. Rental Gas

    Rental Gas adalah singkatan dari Revolusi Mental Warga Sekolah

    Istilah “Revolusi Mental” berasal dari dua suku kata, yakni ‘revolusi’ dan ‘mental’. Arti dari ‘Revolusi’ adalah sebuah perubahan yang dilakukan dengan cepat dan biasanya menuju kearah lebih baik. Beda dengan evolusi, yang mana perubahannya berlangsung lambat; sedangkan ‘Mental’ memiliki arti yang berhubungan dengan watak dan batin manusia.

    Maka, istilah “Revolusi Mental” dapat ditafsirkan sebagai aktivitas mengubah kualitas manusia kearah yang lebih bermutu dan bermental kuat dalam berbagai aspek dengan jangka waktu yang cepat.

     

    b. Modal Baja , Modal Baja adalah singkatan Motivasi dalam Belajar dan Bekerja

    Sukses adalah keinginan tiap orang, ada satu hal penting dalam meraihnya, yaitu motivasi. Motivasi dapat membuahkan kedisiplinan, keuletan dan lain-lain. Motivasi adalah merupakan ruh dari jasad pribadi yang ingin sukses. motivasi merupakan suatu penggabungan keinginan dan energi dalam mencapai suatu tujuan. Dengan keinginan orang tau kemana akan melangkah, dengan energi orang akan dapat menggerakkan apa yang ada padanya untuk mencapai keinginan itu. Motivasi seperti udara bagi kehidupan. Sangat berperan penting bagi jiwa-jiwa yang ingin sukses.

    3. Faktor Motivasi

    a. Motivasi Intern

    motivasi internal adalah motivasi yang berasal dari dalam diri seseorang. Motivasi seperti itu menunjukkan motivasi yang datang dari dalam diri sendiri karena kecintaannya terhadap sesuatu. Biasanya orang yang mempunyai motivasi internal akan lebih bertahan lama dibandingkan dengan orang yang mengharapkan motivasi eksternal saja. Motivasi internal akan membuat orang akan lebih tekun dan sabar dalam pencobaan. Jika anda mempunyai ketertarikan yang sangat kuat terhadap suatu bidang tertentu maka dari itu usahakanlah sekuat fikiran dan tenaga anda untuk hal tersebut. Karena anda harus berterima kasih kepada waktu. Hanya oleh waktu, semua yang anda lakukan dapat terbayar.

     
    b. Motivasi Ekstetern

    Motivasi ekternal adalah motivasi yang berasal dari luar diri seseorang.  Misalnya motivasi untuk mendapatkan kekuasaan tidaklah salah dalam hidup ini, asalkan dipergunakan secara bijak sesuai dengan kalimat motivasi di atas. Motivasi seperti ini adalah motivasi yang tergolong kedalam motivasi eksternal karena biasanya kekuasaan selalu timbal balik dengan kekayaan. Jika seseorang bekerja dengan baik karena ia digaji dengan besar maka motivasi eksternalnya lebih kuat daripada motivasi internalnya. Ingatlah, jika anda suatu saat nanti mendapatkan kekuasaan bahwa bahaya yang datang akan semakin kencang. Dan anda harus tetap waspada dengan hal tersebut.

    Kedua motivasi tersebut saling melengkapi dan tidak ada yang bisa dikatakan mana yang paling baik diantara keduanya.

     
    3. Bagaimana Cara Membangkitkan Motivasi

    a. Memahami manfaat suatu aktivitas ; Kekuatan tidak datang dari kemampuan fisikal, tetapi ia datang dari semangat yang tidak mengalah

    b. Menetapkan Tujuan yang bagus

    Setiap komponen warga sekolah menetapkan tujuannya, misal
    -Siswa  menetapkan tujuañnya, belajar
    -Guru menetapkan tujuannya, mengajar, mendidik, dan melatih

    c. Ciptakan situasi yang nyaman di lingkungan

    Lingkungan sekolah yang kondusif membangkitkan motivasi siswa untuk belajar sehingga menghasilkan prestasi belajar yang meningkat, sedangkan motivasi guru untuk   mengajar, mendidik, dan melatih dalam rangka mengantarkan peserta didik menjadi generasi penerus yang berguna bagi bangsa, negara, dan agama.

     
    d. Mau menerima saran

    Setiap kita memiliki kompetensi dan kelebihan yang berbeda-beda. Tak ada kita yang sempurna, untuk itu selalulah  mengakui kelebihan teman, dan terima saran membangun dari siapa saja demi peningkatan kualitas diri.

     
    e. Menjalin hubungan baik

    Hubungan baik di lingkungan bekerja sangat berperan dalam kenyaman bekerja, untuk itu selalulah jalin kmonunikasi yang baik dengan semua pihak yang ada di tempat bekerja/sekolah, bahkan dengan warga masyarakat.

     
    f. Mendapat sugesti positif dari orang lain

    Masing-masing kita memerlukan sugesti positif. Sugesti positif  sangat berperan penting dalam membangkitkan motivasi.

     
    g. Berusaha meningkatkan kompetensi diri

    Sebagai guru perlu meningkatkan kompetensi diri, baik dengan membaca referensi terbaru, mengikuti pendidikan dan pelatihan, mengikuti seminar, dan tidak malu bertanya kepada pihak-pihak yang memiliki kompetensi untuk menambah ilmu.

    h. Meningkatkan ibadah

    Setiap kegiatan yang dijalankan jadikan hal itu sebagai ibadah, mensykuri  nikmat yang diberikan-Nya, dan sabar dalam menghadapi ujian-Nya. Bersukur  berkaitan dengan hati, lisan, dan anggota badan. Hati untuk Mahabbah / merasakan, lisan untuk memuji, anggota badan untuk menggunakan nikmat yang diterima; sedangkan bersabar adalah menahan diri dari hal-hal yang tidak disenangi yang ditimpakan Allah pada Anda. Sebab itu semua ada hikmahnya. Jika anda merasa bahwa hidup anda begitu banyak pencobaan dan pergumulan maka sebaiknya anda turut senang. Mengapa demikian? Itu berarti bahwa anda sedang dibentuk kepribadiannya untuk menjadi lebih dewasa dan matang. Anda harus dituntut lebih peka dengan apa yang anda hadapi. Kesalahan yang anda buat dalam perjalanan hidup ini membuat anda lebih mempunyai pengalaman dibanding yang lain.

     
    4. Kesimpulan

    1) Perubahan mental
    2) Prestasi Meningkat
    3) Sekolah seting dikunjungi

     
    C. Penutup

    Dengan kata pantup yang menarik  dan menyentuh  Nara sumber  Seminar Nadional  dengan judul  RENTAL GAS MELALUI PENINGKATAN MODAL BAJA  Ibu Dra. Hj. Yenni Putri, MM mengakhiri pembicaraannya dengan melantunkan sebuah lagu:
    Malas-malas, Astaghfirullah
    Rajin-rajin, Alhamdulillah
    Giat Belajarm Subhanallah
    Berprestasi, Wasyukurillah

    FacebookTwitterGoogle+Share

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Tulisan Terkini
    Buku Pegangan Siswa
    Diktat Ekonomi SMA/MA

    Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

    Lihat Hasil Jajak Pendapat

    Loading ... Loading ...

    Laporan Karya Inovatif
    Berita Lainnya
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
    SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU SONIAN PERAHU DAN AKU Kembara lautan Ta

    Temukan Kami di Facebook

    Pencarian

           

    .

    Galeri Foto
    Klik Slideshow di bawah untuk
    melihat Galeri Foto secara lengkap
    20150203_121026-1.jpg
    20150203_121051-1.jpg
    IMG_39759949695819.jpeg
    20131120_110407-1.jpg
    20131120_110424-1.jpg
    20131219_140230.jpg
    Cerita Bergambar
    Kalender
    Maret 2021
    S M T W T F S
    28 1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 29 30 31 1 2 3
    Buku Tamu