Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 379545Total Pengunjung:
  • 97Hari ini:
  • 143Kemarin:
  • 0Online:
Panel Login
Komentar Terkini

    Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

    Pesona Uluwatu Bali

    A. Pengantar

    Wisatawan mana yang tak kenal Bali? Setiap hari pulau yang dijuluki dengan pulau Dewata  ini menjadi target liburan para wisatawan (lokal maupun mancanegara) dengan beragam tujuan wisatanya yang terkenal seperti pantai Kuta, Ubud, Tanah Lot, Pantai Sanur, dan masih banyak lainnya. Namun ada satu lokasi wisata lain yang tak kalah menarik  di pulau yang terletak di Indonesia Tengah  ini,  yaitu Uluwatu. Di mana berdasarkan presentase tempat ini 18,6 % menjadi favorit wisatawan mengalahkan pamor  Pantai Kuta 11,4%,  Ubud 10%,  Seminyak 7,1 %, dan Tanjung Benoa 5,7% . Berdasarkan keterangan guide yang mendampingi  penulis saat ke Uluwatu ini, ternyata di Uluwatu banyak pula obyek wisata yang menarik, seperti Dreamland, Padang-padang, Suluban, Bingin, pantai tersembunyi Balangan, serta lokasi lainnya yang menjadi pesona dari Uluwatu,  Namun, pada kunjungan kali ini penulis hanya mengunjungi satu lokasi saja yaitu Lokasi Pura Uluwatu. Berdasarkan pengamatan penulis, sepertinya  wisatawan datang ketempat ini bukan melihat Pura tersebut, tetapi menyaksikan pemandangan dari lokasi sekitar Pura ini yang  terletak di penghujung batu karang terjal, dan dibawahnya disambut oleh birunya air laut  pantai Pecatu.

    Dokumentasi Foto Saat Berada di Sebelah Kanan Pura Uluwatu dengan Panorama Tebing Terjal yang di bawahnya Disambut Birunya Air Laut

    Dokumentasi Foto Saat Berada di Sebelah Kanan Pura Uluwatu dengan Panorama Tebing Terjal yang di bawahnya Disambut Birunya Air Laut

    B.Letak Pura Uluwatu

    Pura Uluwatu terletak di Desa Pecatu, sebuah Desa yang terletak di kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung-Bali ini sangat terkenal dengan objek wisata andalan yaitu Pura Uluwatu, desa ini juga terkenal dengan tempat dimana banyak hotel dan  fasilitas wisata berada. Lokasi yang sangat strategis dengan keindahan alam yang luar biasa membuat desa ini dipilih oleh para investor untuk menanamkan modal usahanya.
    C.Pesona Lokasi Sekeliling Pura Uluwatu

    Pura Uluwatu merupakan salah satu obyek wisata di Bali yang populer dan menjadi destinasi wajib saat kunjungan wisata. Pura  Uluwatu berdiri kokoh dibatu karang yang menjorok ke tengah lautan dengan ketinggian kurang lebih 97 meter membuat pura ini menjadi sangat indah, tebing berbatu disekeliling pura memberikan pemandangan yang sangat luar biasa dan sangat memanjakan mata para wisatawan yang mengunjunginya.

    Dokumentasi Foto dengan Latar Belakang Pura Uluwatu yang terletak atas Tebing Terjal  dengan Ketinggian 97 meter

    Dokumentasi Foto dengan Latar Belakang Pura Uluwatu yang terletak atas Tebing Terjal dengan Ketinggian 97 meter

    Pura Uluwatu juga menjadi terkenal karena tepat di bawahnya adalah pantai Pecatu, di mana pantai ini tak kalah menarik karena mampu mecuri perhatian para peselancar dunia untuk sekedar menikmati ombak-ombak yang tercipta disebelah kanan Pura Uluwatu. Oleh karena itu pantai ini sering kali digunakan sebagai tempat untuk olahraga selancar, bahkan even internasional seringkali diadakan di sini. Hal ini dikarenakan ombak pantai ini terkenal amat cocok untuk dijadikan tempat selancar selain keindahan alam Bali yang memang amat cantik.

    Keindahan lain yang  semakin memukau  para wisatawan adalah panorama disekeliling Pura Uluwatu pada saat matahari terbenam/sunset yang dapat dinikmati dari beberapa sisi tebing diseputar pura.

    Dimana Objek wisata Uluwatu memang  terkenal menawarkan keindahan matahari terbenam, dimana bola bundar dengan rona jinnga kemerahan ini seolah tenggelam ditelan samudera Indonesia di sebelah Barat kaki cakrawala, spalagi kemudian kehadiran tari kecak Uluwatu yang dipentaskan di panggung terbuka membuat tempat wisata ini semakin diminati oleh wisatawan seluruh dunia

    D. Akses

    Ada berbagai cara untuk bisa mengunjungi tempat ini, wisatawan bisa ikut paket full day Uluwatu – watersport tour  atau juga half day GWK – Uluwatu, paket tersebut telah kami susun rute perjalanannya. Pilihan lainnya wisatawan bisasewa mobil + supir + bbm menentukan sendiri rute objek wisata pilihannya, bisa juga setir sendiri kalau sudah tahu rute/ jalan ke destinasi tersebut.

    E. Objek Wisata lainnya  di Uluwatu

    Seperti telah disebutkan terdahulu berdasarkan penjelasan dari guide bahwa masih banyak lokasi lainnya yang memikat.  Di mana du Uluwatu ini memiliki Pantai-pantai yang terkenal dengan ombak-ombaknya yang menantang dan  terkensl di dunia sebagai lokasi yang memiliki pantai dengan ombak yang sempurna, seperti Dreamland, Padang-padang, Suluban, Bingin, dan pantai tersembunyi Balangan menjadi pesona dari Uluwatu. Pantai-pantai eksotik ini pun hadir dengan pesonanya masing-masing.

    Dreamland menjadi yang paling dikenal oleh wisatawan. Deburan ombak yang mengayunkan setiap butiran pasir putihnya semakin terlihat eksotis kala membentur tebing karang yang ada di samping pantai. Suara gemuruh dan kencangnya ombak Dreamland, membangkitkan gairah para surfer untuk segera menaklukkannya.  Namun, kini Dreamland sudah mulai dipenuhi oleh turis. Tenang saja! Tidak jauh dari Dreamland ada Pantai Balangan. Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan pantai ini. Kecantikan Balangan ini sepadan dengan pantai-pantai di Hawaii. Wow! Selain itu, masih ada Pantai Suluban dan Bingin yang terjangan ombaknya bisa Anda taklukan. Padang-padang dan Impossible Beach bisa dipakai untuk bersantai dan menikmati panorama laut dari atas karang.

    F. Penutup

    Wajar bila Uluwatu menjadi primadona wisata Bali karena wisatawan dapat menemukan Ketenangan, keindahan alam, dan beragam pertunjukkan bisa temukan  para wisatawan di sini.  Keberadaan Pura  Uluwatu menarik dan mengagumkan terletak di penghujung batu karang terjal, terlihat begitu unik dan menarik, disini para pengunjung dapat melihat matahari terbenam / sunset yang indah. Sayangnya saat kunjungan ini, penulis tidak sempat menyaksikan sunset tersebut, karena penulis melakukan kunjungan pada tengah hari. Tapi meskipun begitu penulis sudah bisa membayangkan betapa  indahnya sunset tersebut di Uluwatu ini. Bagaimana tidak, saat siang hari saja sudah cantik nian, apalagi saat sunset.

    Sumber

    Tersedia” Ini Dia 5 Tempat Liburan di Bali Pilihan Anda”http://m.detik.com/travel/read/2012/06/21/09. Diakses Selasa 28 Juli 2015 Jam 11.58

    Tersedia” Uluwatu” http://www.balitoursclub.com/ Diakses Selasa 28 Juli 2015 Jam 11.12

    FacebookTwitterGoogle+Share

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Tulisan Terkini
    Buku Pegangan Siswa
    Diktat Ekonomi SMA/MA

    Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

    Lihat Hasil Jajak Pendapat

    Loading ... Loading ...

    Laporan Karya Inovatif
    Berita Lainnya
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
    SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU SONIAN PERAHU DAN AKU Kembara lautan Ta

    Temukan Kami di Facebook

    Pencarian

           

    .

    Galeri Foto
    Klik Slideshow di bawah untuk
    melihat Galeri Foto secara lengkap
    20150203_121026-1.jpg
    20150203_121051-1.jpg
    IMG_39759949695819.jpeg
    20131120_110407-1.jpg
    20131120_110424-1.jpg
    20131219_140230.jpg
    Cerita Bergambar
    Kalender
    Februari 2021
    S M T W T F S
    31 1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 1 2 3 4 5 6
    Buku Tamu