Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 366125Total Pengunjung:
  • 74Hari ini:
  • 101Kemarin:
  • 0Online:
Panel Login

Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

PERSIAPAN MULTI-ILMU TENTANG THAILAND: SELUK BELUK, KISAH CINTA RATU SIRIKIT, DAN PEREKONOMIAN

Semenjak terteranya namaku di antara 95 peserta Jelajah Literasi Bangkok Thailand, maka persiapan pertama yang aku lakukan adalah mempelajari itinary-nya. Sejak saat itu hampir setiap waktu aku sediakan untuk membaca referensi dari tempat-tempat yang akan dikunjungi sesuai itinary. Tujuannya agar banyak informasi yang dapat aku gali ketika aku berkunjung ke lokasi-lokasi tersebut.

Referensi pertama yang aku baca adalah tentang seluk beluk Negara Thailand (dulu disebut Muangthai). Sebelumnya informasi tentang Negara Muangthai pernah aku dapatkan saat aku duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Tentunya informasinya hanya sekilas. Seperti yang dijelaskan oleh guru SD ku di SDN Cantang Jaya Bogor, Pak Sukardi dan Ibu Sutarini. Mereka menjelaskan bahwa negara Muangthai disebut juga dengan negara gajah putih. Dijelaskan juga bahwa negara Muangthai ini adalah satu-satu negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara manapun. Muangthai diambil dari nama salah satu suku bangsa di sana, yaitu suku Thai. Selain bernama Muangthai, negara ini juga dikenal dengan nama Negara Siam. Negara ini termasuk salah satu anggota Negara ASEA, Ibukotanya bernama Bangkok. Saat aku kelas 5 SD informasi tersebut telah ada dan tertanam di benakku, bahkan sampai sekarang ingatan itu masih lekat dengan baik dibenakku. Saking seringnya informasi tersebut saat itu dilatih di kepalaku agar tinggal. Karena saat itu aku memang dilatih oleh kedua guruku tersebut di atas untuk persiapan Cerdas Cermat TV RI tahun 1980 dan 1981, hasilnya tentu menang.

Informasi yang sama tentang Thailand seperti tersebut di atas juga aku dapatkan dari papaku. Malahan lebih banyak tambahan ilmu lainnya tentang Thailand. Seperti bentuk pemerintahannya monarki kerajaan, mata uangnya Baht, perbatasan negara, sebelah utara berbatasan dengan Birma (sekarang Myanmar) dan Laos, sebelah barat berbatasan dengan Birma dan Laut Andaman, sebelah selatan berbatasan dengan Malaysia dan Teluk Siam, serta sebelah timur berbatasan dengan Laos, Kamboja, dan Vietnam. Dan masih banyak ilmu lainnya tentang Thailand yang dijelaskan oleh papaku. Menurut pendapatku papaku kalau tentang ilmu pengetahuan memang jagonya. Pokoknya tak ada beliau yang tidak tahu. Mungkin karena beliau senang membaca, sehingga ilmunya luas.

Sebagai informasi papaku itu ahli bercerita. Kalau papaku sudah mulai bercerita aku dan adik-adiku terlena dengan ceritanya. Kadangkala saking asyik mendengar ceritanya, tak terasa hari sudah larut malam. Tak ada rasa kantuk bila mendengar cerita beliau. Apalagi tentang cerita kerajaan. Termasuk cerita tentang ratu Thailand yang terkenal di dunia dan juga cantik, Ratu Sirikit Kitiyakara.

Masing teringat papaku bercerita tentang kisah cinta Sirikit Kitiyakara yang cantik dengan Raja Thailand, Bhumibol yang berkarisma dan tampan. Kisah cinta mereka yang romantis sangat berkesan bagiku. Kata papaku di kota yang dijuluki ‘The City of Love, Paris itulah mula pertemuan Sirikit Kitiyakara dengan Raja Bhumibol. Sirikit Kitiyakara seorang pianis cantik masih sepupu jauh dari Raja Bhumibol berada di Paris karena ayahnya bertugas sebagai Duta Besar Kerajaan Thailand untuk Prancis. Sedangkan Raja Bhumibol yang kala itu sedang menimba ilmu politik dan hukum di Swiss sering berkunjung ke Paris. Pertama kali bertemu, bagai cinta pada pandangan pertama, Raja Bhumibol terpesona melihat Sirikit Kitiyakara. Raja Bhumibol langsung jatuh hati pada Sirikit yang usianya lebih muda lima tahun darinya. Keduanya memiliki banyak kesamaan. Sama-sama menyukai musik. Hubungan mereka terus berlanjut, akhirnya tepat pada ulang tahun ke-17 Sirikit, Raja Bhumibol melamar wanita cantik yang telah berhasil mencuri hatinya itu. Setahun kemudian, keduanya meresmikan hubungan pernikahan. Pernikahan berlangsung seminggu sebelum pemahkotaan resmi Raja Bhumibol. Ia diangkat menjadi raja mengagantikan kakaknya yang tewas. Acara pemahkotaan digelar setelah Raja Bhumbibol menamatkan studinya di Swiss. Setahun kemudian, kebahagian mereka menjadi semakin lengkap dengan lahirnya putri pertama mereka. Selanjutnya seperti cerita negeri dongeng, endingnya (happy ending), mereka bahagia dengan pernikahan mereka dan dikaruniai seorang putra dan tiga orang putri. Dan putra satu-satunya inilah (Vajilarongkom) yang akan menggantikan Raja Bhumibol kelak bila ia mangkat. Kisah cinta Raja Bhumibol dan Ratu Sirikit Kitiyakara ini masih kuingat sampai sekarang. Entah kenapa kalau cerita romantis mudah diinggat, berbeda dengan cerita sejarah atau ilmu pengetahuan sudah mengingatnya.

Nah, demikian sekilas pengetahuan tentang Thailand yang sudah ada dalam kepalaku. Informasi lain aku cari di goegle, khususnya tentang prospek ekonomi Thailand. Hal ini aku laku lakukan karena aku orang ekonomi, tentu sedikit banyaknya aku harus tahu perkembangan ekonomi dari suatu negara yang akan aku kunjungi. Pengetahuan ekonomi suatu negara selalu aku upayakan untuk aku selipkan dalam setiap kegiatanku, termasuk dalam buku yang akan aku tulis. Sebab, nanti setiap buku karyaku akan menjadi bahan bacaan bagi siswa-siswiku tercinta. Sehingga apabila mereka membaca buku karyaku, aku berharap selain mereka mendapatkan cerita tentang kisah perjalananku ke suatu daerah/negara, mereka juga mendapatkan pengetahuan tentang seluk beluk negara tersebut, tentunya lebih utama pengtahuan ekonomi sesuai dengan mata pelajaran ekonomi yang aku ajarkan kepada mereka.

Nah, bagaimana perkembangan ekonomi Thaland? Sesuai juga dengan referensi yang aku baca bahwa prospek perekonomian Thailand telah membaik. Pertumbuhan diperkirakan sebesar 3,9% pada tahun 2017, laju tercepat sejak tahun 2013, namun basis pertumbuhan ini belum cukup luas. Untuk menjamin pertumbuhan yang bermanfaat bagi semua orang, negara ini akan perlu menerapkan reformasi-reformasi kunci untuk meningkatkan permintaan domestik dan mempersiapkan diri terhadap dampak populasi yang menua dengan cepat, menuruf International Monetary Fund (IMF) dalam penilaian tahunan terbarunya. Ada 6 bagan rekomendasi IMF untuk Thailand yang aku baca di httpps://www.imf.org 2018, yaitu:

Pertama, momentum pertumbuhan Thailand diperkirakan akan berlanjut pada tahun 2018 dan 2019. Pertumbuhan yang kuat dibidang pariwisata dan ekspor barang manufaktur, seperti mobil, diperkirakan akan terus mempertajankan momentum ini. Investasi dan konsumsi yang dalam kondisi lemah, diproyeksikan untuk hanya pulih secara bertahap.

Kedua, Pariwisata adalah pendorong utama pertumbuhan dan bagian besar dari surplus neraca transaksi berjalan, yang mencapai 10,6 persen PDB pada tahun 2017. Lebih dari 34 juta wisatawan setiap tahun mengunjungi Thailand setiap tahunnya, di mana 9 juta berasal dari Tiongkok. Lonjakan di bidang pariwisata merupakan kabar baik bagi perekonomian, tetapi manfaatnya yang terkonsengtrasi di beberapa destinasi wisata tertentu, belum bermanfaat bagi sektor-sektor perekonomian lainnya.

Ketiga, Utang rumah tangga di negara ini masih tinggi, yang merupakan salah satu alasan mengapa orang menahan pengeluaran. Sebagian besar utang tinggi berasal dari kebijakan masa lalu yang mendorong pertumbuhan kredit, seperti Program kredit kepemilikan kendaraan pertama dan ketersediaan kartu kredit yang lebih besar. Program-program ini sekarang telah dihentikan, dan peraturan pemerintah telah memberlakukan batasan pada pinjaman pribadi dan utang ini mulai lunas, faktor yang memperlambat pengeluaran rumah tangga seharusnya berkurang.

Keempat, Peningkatan investasi pemerintah di Thailand dapat membantu memacu permintaan domestic dan membuat pertumbuhan lebih inklusif. Hal ini sangat penting setelah perlambatan curam dalam investasi swasta yang diamati selama lima tahun terakhir. Stimulus fiscal berbasis infrastruktur dapat menarik investor swasta dan meningkatkan prospek pertumbuhan jangka panjang dengan menambah persediaan modal.

Kelima, Mempromosikan partisipasi dalam angkatan kerja dapat membantu Thailand mengurangi dampak angkatan kerja yang menyusut karena populasi yang menua dengan cepat. Meskipun tingkat partisipasi perempuan di Thailand sebesar 61 persen relative tinggi menurut standar internasional, namun masih tertinggal dibandingkan laki-laki (78 persen). Dukungan pemerintah untuk layanan penitipan anak dapat meningkatkan partisipasi perempuan dalam angkatan kerja dan meningkatkan produktivitas tenaga kera. Reformasi pensiun, termasuk meningkatkan usia pensiun dan pemberian perlindungan yang memadai, juga akan membantu meningkatkan partisipasi angkatan kerja keseluruhan di negara ini.

Keeanam, Thailand menyambut revilusi digital seiring transisi menuju perekonomian berbasis jasa. Pemerintah baru-baru ini meluncurkan sistem pembayaran elektronik nasional yang membantu meningkatkan efesiensi pengumpulan pajak. Selain meningkatkan basis manufaktur yang kuat negara ini dalam bidang otomotif dan elektronik, fokus kebijakan juga meluas kepada sumber pertumbuhan baru. Hal ini termasuk industry seperti robotika, kedirgantaraan, dan bioteknologi. Karena otomisasi terus mengubah terus mengubah masa depan kerja, mendorong inisiatif pendidikan dan pelatihan di negara ini dapat membantu meningkatkan keterampiilan bagi pasar kerja global saat ini dan hari esok.

Nah, demikian sekilas tentang sekilas tentang Thailand, Kisah Cinta Ratu Sikrikit, dan perekonomian Thailand. Pusing membaca tentang perekonomian ya? Tak apa, jangan hanya kisah cinta saja yang dingat ya!i Pengetahuan perlu juga, terutama ekonomi. Sehingga kita dapat mengetahui bagaimana perkembangan ekonomi yang dialami suatu negara, dan dapat pula kita bandingkan dengan negara kita. Kita ambil yang positif, buang yang negatifnya. Oke!

FacebookTwitterGoogle+Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tulisan Terkini
Buku Pegangan Siswa
Diktat Ekonomi SMA/MA

Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

Lihat Hasil Jajak Pendapat

Loading ... Loading ...

Laporan Karya Inovatif
Berita Lainnya
SONIAN ARTIS DAN GURU
SONIAN ARTIS DAN GURU
SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
SONIAN OMBAK DAN AKU
SONIAN OMBAK DAN AKU
SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih
SONIAN PERAHU DAN AKU
SONIAN PERAHU DAN AKU
SONIAN PERAHU DAN AKU SONIAN PERAHU DAN AKU Kembara lautan Ta

Temukan Kami di Facebook


       

.

Galeri Foto
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
20150203_121026-1.jpg
20150203_121051-1.jpg
IMG_39759949695819.jpeg
20131120_110407-1.jpg
20131120_110424-1.jpg
20131219_140230.jpg
Cerita Bergambar
Kalender
September 2020
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3
Buku Tamu