Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 380569Total Pengunjung:
  • 66Hari ini:
  • 146Kemarin:
  • 2Online:
Panel Login
Komentar Terkini

    Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

    Pengalaman dan Motivasi Belajar di Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial

    A. Pengantar

    Penjurusan pada  tingkat pendidikan sekolah menengah atas sudah diterapkan di Indonesia sejak dahulu,  Pemilihan jurusan ini dianggap sebagai awal dari penentuan karir di masa depan.  Sehingga, dalam pemilihan jurusan harus disesuaikan dengan kemampuan, bakat, dan minat siswa. Selain itu, penentuan jurusan juga terlepas dati tekanan pihak manapun, karena hal ini akan mempengaruhi proses dan hasil belajar”, demikian kata pembuka  yang disampaikan oleh Nara Sumber, Ega Annisa Vinori (Siswa Kelas XI-IS  Unggul SMAN 1 Padang) kepada peserta seminar.  Adapun Ega Annisa Vinori adalah nara sumber kedelapan pada SEMINAR NASIONAL ILMU-ILMU SOSIAL  “MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU-ILMU SOSIAL DI SMA”.  Seminar ini diselenggarakan bekerja sama HIPIIS Cabang Sumatera Barat dan MGMP Sumatera Barat, yang dilaksanakan di LPMP Padang, Minggu 24 April 2016.

    Penyampaian Materi Seminar oleh Ega Annisa Vinori (Siswa Kelas XI-IS  Unggul SMAN 1 Padang) dengan judul  " Pengalaman dan Motivasi Belajar di Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial" (LPMP Padang, Minggu 24 April 2016).

    Penyampaian Materi Seminar oleh Ega Annisa Vinori (Siswa Kelas XI-IS  Unggul SMAN 1 Padang) dengan judul  ” Pengalaman dan Motivasi Belajar di Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial” (LPMP Padang, Minggu 24 April 2016).

    Adapun materi seminar yang disampaikan olehk  Ega Annisa Vinori  ini berjudul “PENGALAMSN DAN MOTIVASI BELAJAR DI JURUSAN ILMU-ILMU SOSIAL”. Hal apa saja yang beliau sampaikan secara lengkap dapat dibaca pada makalah/bahan presentasi  yang  disampaikannya.  Selanjutnya, dari makalah tersebut hal-hal  atau bagian-bagian mana yang menurut penulis penting maka penulis salin atau ambil intisarinya dan penulis upload di website penulis dan tentunya dengan maksud dibagikan khusus untuk teman-teman yang tidak hadir seminar atau pihak lain membutuhkan.  Dan apa isinya silahkan baca paparan di bawah ini.

     
    B. Isi Materi  Seminar

    I. Pendahukuan

    1. Latar Belakang

    Sistem pendidikan di Indonesia menuntut peserta didik baru SMA untuk memilih antara jurusan matematika dan ilmu alam, ilmu-ilmu sosial, atau jurusan ilmu bahasa dan budaya.  Setiap jurusan mempunyai karakteristik dan beban pelajaran masing-masing,  Setiap jurusan jugs diharapkan mampu menjadi sarana yang dapat mengembangkan kemampuan siswa-siswi untuk mencapai karir yang mereka idamkan.  Sayangnnya, dalam dunia pendidikan saat ini, masih kita jumpai paradigma negatif yang ditujukan terhadap suatu jurusan.  Misalnya, jurusan MIA lebih baik dibanding jurusan IIS, Siswa MIA akan lebih sukses dibanding siswa IIS, dan paradigma negatig lain yang tidak teruji kebenarannya. Namun, hal sebenarnya terjadi menunjukkan banyak siswa dan guru dari jurusan IIS yang berprestasi di berbagai bidang dan mengharumkan nama sekolah, daerah, maupun negara.

    2.  Rumusan Masalah
    1)  Apa alasan memilih jurusan IIS?
    2)  Bagaimana pengalaman belajar di jurusan IIS?
    3)  Apa motivasi belajar IIS?

    3. Tujuan Penulisan
    1)   Menginformasikan beberapa alasan siswa memilih jurusan IIS
    2)  Berbagi pengalaman dan motivasi belajar siswa IIS
    3)  Membangkitkan semangat  belajar seluruh siswa-sisei  jurusan IIS

    4.  Manfaat Tulisan

    1)  Melalui tulisan ini diharapkan mampu meluruskan pandangan negatig masyarakat terhadap siswa jurusan IIS

    2)  Melalui tulisan ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa jurusan IIS.

    3)  Menjadi referensi bagi pemerintah dalam membuat kebijakan mengenai strategi peningkatan motivasi belajar siswa di jurusan IIS.

     

    II. Pembahasan

    1. Alasan Memilih Jurusan IPS

    1)  Kemauan Diri Sendiri

    Pemilihan jurusan tidak boleh terikat pada kemauan pihak manapun. Memilih untuk menjadi jurusan IIS harus mempertimbangkan beberapa hal seperti:  kemampuan akademik, bakat, minat, cara belajar, dan karir yang ingin dicapai.

    2) Rekomendasi Guru

    Berdasarkan rekomendasi guru SMP atau guru Mapel di SMA (tentunya rekomendasi ini berdasarkan hasil belajar dan proses belajar siswa selama di SMP atau belajar pada Mapel  SMA). Namun rekomendasi ini bersifat tidak mengikat. Semua rekomendasi itu nantinya kembali kepada siswa yang akan memilih jurusan.

    3)  Ilmu yang dipelajari Sesusi dengan Kepribadian

    Jurusan IIS  mempelajari ilmu yang bersifat sosial dan kemasyarakatan. Dalam jurusan IIS kita akan mempelajati ilmu yang tidak kaku dan masih bisa dikembangkan lebih dalam, tetapi tetap berkonsep.  Siswi-sisei jurusan IIS akan terbiasa kritis mengamati isu-isu yang terjadi di lingkungan sekitar. Hal ini sesuai  dengan siswa-siswi yang suka dengan pelajaran menganalisis dan pengembangan hal-hal yang terjadi di masyarakat.

    4) Prospek Kerja yang Menjanjikan

    Prospek kerja dari jurusan IIS sangat luas. Namun, untuk itu mereka harus membekali diri dengan kemampuan bahasa nasional dan internasional.  Lulusan IIS memiliki kesempatan untuk bekerja dalam berbagai bidang seperti:
    -Bisnis dan manajemen
    -Hukum
    -Hubungan Internasional
    -Ilmu Komunikasi
    -Desain Komunasi Verbal
    -dll

     
    2.  Pengalaman Belajar di Jurusan IIS

    1) Tanggapan Lingkungan Sekitar Mengenai Jurusan IIS

    Meskipun tanggapan tidak mutlak benar, namun terdapat tanggapan miring masyarakat tentang jurusan IIS, serta masih ada orang tua yang malu anaknya duduk di jurusan IIS. Namun, anggapan tersebut bisa dipatahkan oleh keunggulan IIS

    2) Proses Belajar Mengajar di Jurusan IIS

    Proses PBM jurusan IIS justru bervariasi dan menarik. Bahkan menurut pengakuan beberapa pihak sekolah, siswa jurusan IIS akan lebih aktif ketika diadakan diskusi dan presentasi di dalam kelas.

    3) Tantangan Belajar di Jurusan IIS

    Tantangan yang dihadapi dalam belajar di jurusan IIS yaitu banyaknya ilmu yang bersifat hafalan, pemahaman, dan analisis. Sehingga menuntut siswa untuk banyak membaca dan kritis terhadap hal yang terjadi di lingkungan sempit maupun cakupan luas.

    4) Prestasi Siswa Jurusan IIS

    Terdapat banyak prestasi yang biasanya didapatkan oleh siswa jurusan IIS, yaitu:
    -Juara Olimpiade  Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Sejarah
    -Juara Debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
    -Juara LKTI
    -Atlit salah satu cabang beladiri
    -Juara lomba Islami
    -Penyanyi Profesional
    -Juara Olimpiade Bahasa Jerman
    – dll prestasi nasional dan internasional

     
    3. Motivasi Belajar di Masa Depan
    1) Harapan Sukses di Masa Depan
    2) Kompetinsi dalam Belajar
    3) Kesuksesan Alumni
    4) Infrastruktur Sekolah yang Memadai
    5)Tenaga Pengajar yang Berkualitas

     

    III. Penutup

    1. Kesimpulan

    Penjurusan pada sekolah menengah atas merupakan hal penting bagi siswa, karena awal dari penentuan karir di masa depan. Masih banyak pandangan miring terhadap jurusan IIS, padahal hal tersebut tidak mutlak benar. Justru banyak siswa jurusan IIS dan alumni IIS yang berhasil baik bidang sekolah, masyarakat, dan pekerjaann.

    2.  Saran

    1) Bagi siswa, pilihlah jurusan di sekolah sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat siswa, bukan karena paksaan atau tekanan pihak lain. Dan pertanggungjawabkan pilihan tersebut dengan belajar tekun.

    2)Bagi orang tua dan masyarakat, kenali kemampuan anak dan berikan kepercayaan serta dujungsn kepada anak atas pilihannya.

    FacebookTwitterGoogle+Share

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Tulisan Terkini
    Buku Pegangan Siswa
    Diktat Ekonomi SMA/MA

    Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

    Lihat Hasil Jajak Pendapat

    Loading ... Loading ...

    Laporan Karya Inovatif
    Berita Lainnya
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
    SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU SONIAN PERAHU DAN AKU Kembara lautan Ta

    Temukan Kami di Facebook

    Pencarian

           

    .

    Galeri Foto
    Klik Slideshow di bawah untuk
    melihat Galeri Foto secara lengkap
    20150203_121026-1.jpg
    20150203_121051-1.jpg
    IMG_39759949695819.jpeg
    20131120_110407-1.jpg
    20131120_110424-1.jpg
    20131219_140230.jpg
    Cerita Bergambar
    Kalender
    Maret 2021
    S M T W T F S
    28 1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 29 30 31 1 2 3
    Buku Tamu