Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 409793Total Pengunjung:
  • 124Hari ini:
  • 115Kemarin:
  • 1Online:
Buku Tamu
Panel Login

Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

Pagi Hari di Pantai Kuta Bali

A. Pengantar

Pantai Kuta merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal tahun 1970-an. Pantai yang dulunya adalah perkampungan nelayan tradisional, kini berubah menjadi tempat pertemuan orang-orang dari berbagai negara. Pantai Kuta Bali, jantungnya pulau Bali begitu orang mengenalnya dan keindahan pantai Kuta Bali, sangat terkenal ke mancanegara. Pantai Kuta Bali, berpasir putih dengan ombaknya yang panjang dan besar sangat menguji nyali peselancar belahan dunia. Tidak salah mereka memilih pantai Kuta, sebagai lokasi Surfing terbaik di Bali. Dan teristimewa Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur. Sayangnya penulis datangya ke pagian, sehingga saat datang yang disaksikan bukannya indahnya pasir putih, atau sunset beach kala senja, tapi pemandangan yang mengganggu mata. Betapa tidak, Pantai Kuta penuh dengan sampah. Pemandangan  terburuk yang penulis saksikan kala itu. Mengapa demikian? Anda penasaran ingin tahu tentang keadaan sebenarnya tentang Pantai Kuta? Yuk ikuti ceritanya!

Dokumentasi Foto Pagi Hari Di Pantai Kuta Bali

Dokumentasi Foto Pagi Hari Di Pantai Kuta Bali

B. Letak

Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Pulau Dewata,  tepatnya di Jl. Pantai Kuta,  kecamatan Kuta Kabuapen Badung, sebelah selatan Kota Denpasar  Bali Indonesia,  yang memiliki luas 17,52 km². Lokasinya yang begitu strategis membuat pantai Kuta Bali, tidak pernah sepi pengunjung untuk wisata pantai Bali.

C. Sejarah

Siapa yang menyangka jika tempat wisata yang tak pernah sepi wisatawan ini dahulu adalah sebuah perkampungan yang tenang dan jauh dari keramaian. Pantai di Kuta ini awalnya adalah tempat berlabuhnya perahu nelayan setelah mencari ikan  dan juga berupa pelabuhan dagang tempat produk lokal diperdagangkan  kepada pembeli dari kuar Bali. Dari para pedagang yang datang, keindahan pantai ini mulai terdengar luas. Orang-orang yang awalnya datang untuk keperluan jual-beli, mulai memanfaatkan kedatangannya untuk sekalian berlibur dan menikmati keindahan pantai di Bali Selatan ini.

Pada abad ke-19, Mads Lange, seorang pedagang Denmark, datang ke Bali dan mendirikan basis perdagangan di Kuta. Ia ahli bernegosiasi sehingga dirinya terkenal diantara raja-raja Bali dan Belanda. Selanjutnya, Hugh Mahbett menerbitkan sebuah buku berjudul “Praise to Kuta” yang berisi ajakan kepada masyarakat setempat untuk menyiapkan fasilitas akomodasi wisata. Tujuannya untuk mengantisipasi ledakan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Buku itu kemudian menginspirasi banyak orang untuk membangun fasilitas wisata seperti penginapan, restoran dan tempat hiburan.

D, Permasalahan Sampah dan Panorama Pantai Kuta di pagi hari

Setiap tahun, pengunjung pantai Kuta kerap mengeluhkan masalah kebersihan dan tumpukan sampah di pantai Kuta, terutama saat musim liburan. Hal tersebut mempengaruhi penilaian wisatawan domestik maupun manca negara terhadap citra pantai Kuta. Selain disebabkan aktivitas pengunjung dan penjual di sepanjang pantai Kuta, sampah-sampah di pantai Kuta juga diakibatkan hembusan angin barat setiap tahunnya yang membawa sampah dari muara-muara sungai terdekat ke pantai.

Kuta Cleaning oleh Petugas

Kuta Cleaning oleh Petugas

Permasalahan ini berusaha diatasi oleh prajuru Desa Adat Kuta dan anggota Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) yang merupakan mitra dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Badung. Setiap pagi, Dinas Kebersihan dan Pertamanan juga aktif mengoperasikan mobil loader untuk memunguti sampah di pagi hari. Permasalahan ini juga memperoleh perhatian utama dari TNI, berbagai organisasi masyarakat, dan industri-industri pariwisata yang berada di wilayah Pantai Kuta.

Kuta Cleaning oleh Petugas

Kuta Cleaning oleh Petugas

Kondisi di atas benar-benar penulis saksikan saat berkunjung ke Pantai ini. Pertama kali memasuki kawasan Pantai Kuta ini, penulis sangat kaget meluat lingkungan Pantai Kuta yang kotor, penuh sampah berserakan di mana-mana. Jelek sekali kelihatannya, Dalam hati berkata” Inikah yang disebut dengan Pantai Kuta yang indah itu?  Sempat kecewa sekali melihat kenyataan ini, masa’ jauh-jauh datang dari Padang Sumateta Barar cuma lihat pemandangan jelek begitu? Mendingan melihat  objek wisata di kampungku Danau Singkarak, pikirku. Tapi, meski begitu penulis abadikan juga moment di Pantai Kuta ini, dan tentu saja penulis pilih lokasi yang sedikit sampahnya.

Dokumentasi Foto Pagi Hari Di Pantai Kuta, terlihat Sampah Bertebaran di Bibir Pantai

Dokumentasi Foto Pagi Hari Di Pantai Kuta, terlihat Sampah Bertebaran di Bibir Pantai

Eh….tak lama sedang kecewa begitu, muncul dari sebelah kanan penulis rombongan petugas kebersihan pantai lengkap dengan mobil loader yang dioperasikan untuk memungut sampah-sampah, sehingga sekejap saja bersihlah pantai ini, Wah…..kinclong deh. Rupanya kunjungan penulis ke Pantai ini ke pagian, sehingga sampah-sampah belum selesai dibersihkan oleh petugas. Setelah lokasi Pantai Kuta usai dibersihkan, maka  tempat wisata yang berada di pesisir selatan Pulau Bali ini seperti disulap saja, benar-benar menampakkan  keindahan dan pesona yang luar biasa.  sungguh sedap mata memandang. Betapa tidak, terlihat jelas garis pantainya memiliki panjang 2 km dan berbentuk melengkung seperti bulan sabit. Hamparan pasir putih, deburan ombak khas pantai selatan dan deretan pohon kelapanya menjadi pemandangan yang wajib Anda abadikan dengan kamera.

Usai "Kuta Cleaning", seperti di sulap saja, terlihatlah betapa indah, memikat, dan mempesonanya panorama Pantai Kuta Bali

Usai “Kuta Cleaning”, seperti di sulap saja, terlihatlah betapa indah, memikat, dan mempesonanya panorama Pantai Kuta Bali

E. Pantai Kuta Lokasi Lomba Selancar Tingkar Nasional dan Internasional

Pantai Kuta terkenal memiliki ombak yang bagus untuk olahraga selancar, terutama bagi peselancar pemula.  Oleh karena itu jangan heran saat memasuki kawasan Pantai Kuta, Anda akan melihat banyak wisatawan lalu-lalang dengan membawa papan selancar. Tempat wisata ini memang dikenal sebagai salah satu lokasi terbaik untuk olahraga air ini, baik bagi peselancar pemula maupun profesional. Tak jarang pantai ini juga dijadikan lokasi perlombaan selancar tingkat nasional dan internasional.

F. Akses

Pantai Kuta dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai dalam kondisi jalanan lancar, sebagaimana kita ketahui bahwa Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta.Anda dapat mengakses pantai ini, dengan mengunakan taksi atau kendaraan pribadi, pada saat parkir anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 / mobil. Namun jika naik bus, penumpang harus berhenti di central parkir dan harus naik sutle ke pantai Kuta Bali. Mengingat areal parkir berada dipinggir jalan dan untuk menghindari kemacetan. Apalagi pada saat musim liburan dan tahun baru, pemerintah desa adat setempat, akan menutup jalan bagi kendaraan bermotor menuju pantai.

Kemacetan lalu lintas sudah menjadi hal yang biasa di Kuta dan terkadang membuat banyak wisatawan merasa kurang nyaman dalam mengendarai kendaraan. Disarankan kepada para pembaca agar menggunakan jasa rental mobil dan supir di Bali. Sehingga anda sepenuhnya dapat menikmati perjalanan, tanpa harus memikirkan kemacetan di jalan.

G. Fasilitas

Selain keindahan pantai, tempat wisata  pantai Kuta dilengkapi lahan parkir di sepanjang pantai, kamar mandi umum, payung pantai, kios makanan, aneka minuman, bahkan kelapa muda, serta tempat penyewaan papan selancar. Bagi peselancar pemula, tidak perlu khawatir jika ingin belajar olahraga selancar.  Disepanjang pantai banyak disewakan papan surfing dengan harga yang bervariasi, tergantung besar dan kwalitas bahannya. Ditemani pemandu yang sudah berpengalaman selalu siap membantu memecah ombak pantai. Selain di tempat wisata pantai Kuta, tenyata  di sepanjang jalan menuju pantai, ada banyak hotel, restoran, pusat perbelanjaan, pasar seni, dan fasilitas penunjang obyek wisata lainnya.

Menikmati Minuman Favorite Air Kelapa Muda di Pantai Kuta Bali

Menikmati Minuman Favorite Air Kelapa Muda di Pantai Kuta Bali

Menjelang sore hari wisatawan yang menginap di sekitar Kuta, biasanya berjalan-jalan menuju pantai untuk sekedar berjemur, sambil menikmati matahari terbenam. Jika cuaca lagi cerah, matahari akan terbenam sekitar jam 18.00. Pada senja inilah pengunjung menyaksikan pesona ” sunset beach”  yang terkenal dari Pantai Kuta ini.

Sunset di Pantai Kuta Bali

Sunset di Pantai Kuta Bali

H. Pantai Kuta dulu Terkenal sebagai Habitat Penyu Hijau

Dulunya pantai ini adalah habitat dari penyu hijau dan banyak orang yang tidak tahu akan hal ini. Penyu hijau hampir punah dan mejadi salah satu hewan yang dilindungi.  Tak jauh dari bibir pantai, ada sebuah bangunan berbentuk penyu raksasa yang di dalamnya terdapat pasir untuk tempat pengeraman telur-telur penyu. Jenis penyu yang ada di sini adalah olive ridley atau penyu lekang yang saat ini tergolong langka. Yang paling menarik adalah kegiatan pelepasan tukik atau bayi penyu ke laut lepas. Kegiatan ini tidak ada jadwal pasti, kapanpun telur menetas, maka akan segera dilakukan pelepasan ke laut. Pelepasan tukik ini melibatkan siapa pun wisatawan yang mau bergabung. Setiap partisipan akan berbaris dan masing-masing membawa kotak plastik berisi seekor tukik. Lalu secara bersamaan, mereka melepas tukik-tukik tersebut. Tertarik untuk ikut bergabung? Waktu pelepasan tukik ini biasa dilakukan pada jam 16:45. Hal ini dengan pertimbangan bahwa burung-burung yang merupakan predator utama tukik akan sulit melihat tukik pada jam tersebut.

Penangkaran penyu hijau sekarang telah di pindahkan ke pantai Tanjung Benoa, jika anda ingin melihat penyu hijau anda dapat berkunjung ke pulau penyu di Tanjung Benoa  menggunakan glass bottom boat, sambil memberikan makan ikan dalam perjalanan menuju pulau penyu.

I. Penutup

Jangan mengatakan telah datang ke Bali bila Anda  belum berkunjung ke Pantai Kuta.  Jangan datang terlampau pagi ke pantai Kuta, sebab bukannya pesona dan keindahan yang akan menyambut, tetapi Anda akan disambut oleh tebaran sampah  di mana-mana, terutama di bibir pantai, sehingga Anda hanya akan menyaksikan pemandangan yang mengganggu mata. Dan sebaiknya berkunjunglah siang hari dan nantikan hingga senja, sehingga selain siang hari Anda menyaksikan indahnya  pasir putih, ombak yang tenang, maka senja akan disambut dengan “sunset” Pantai Kuta yang terkenal itu.

Sumber

Tersedia “Pantai Kuta” https://id.m.wikipedia.org/ Diakses Sabtu 01 Agustus 2015 Jam 06.14

Tersedia “Pantai Kuta” http://www.water-sport-bali.com/ Diakses Minggu 02 Agustus 2015 Jam 05.47

Tersedia “Pantai Kuta Bali Objek Wisata Andalan” http://www.wisatahotelbali.com/2014/11/ Diakses Sabtu 01 Agustus 2015 Jam 10.48

Tersedia “Tempat wisata di Bali Kuta” http://www.rentalmobilbali.net/ Diakses Minggu 02 Agustus 2015 Jam 06.40

Tersedia” Wisata Bali Pantai Kuta”http://anekatempatwisata.com/ Diakses Minggu 02 Agustus 2015 Jam 06.54

FacebookTwitterGoogle+Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tulisan Terkini
Buku Pegangan Siswa
Diktat Ekonomi SMA/MA

Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

Lihat Hasil Jajak Pendapat

Loading ... Loading ...

Laporan Karya Inovatif
Berita Lainnya
LITERASI "MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (9): RUMAH BENDANG DT.
Rumah Adat Dt.Guguak Simabua Balimbing
Rumah Adat Dt.Guguak Simabua Balimbing
Rumah Adat Dt.Guguak Simabua Balimbing Rumah Adat Suku Simabua Gug
Rumah Adat Dt.Bagindo Basa Kinawai Nagari Balimbing
Rumah Adat Dt.Bagindo Basa Kinawai Nagari Balimbing
Rumah Adat Dt.Bagindo Basa Kinawai Nagari Balimbing Ini satu lagi
Rumah Adat Dt.Rajo Mangkuto Balimbing
Rumah Adat Dt.Rajo Mangkuto Balimbing
Rumah Adat Dt.Rajo Mangkuto Balimbing Rumah adat adalah bangunan y
Rumah Adat Dt.Cumano Kinawai Nagari Balimbing
Rumah Adat Dt.Cumano Kinawai Nagari Balimbing
Rumah Adat Dt.Cumano Kinawai Nagari Balimbing Sudah pernahkan Anda

Temukan Kami di Facebook

Pencarian

       

.

Galeri Foto
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
20150203_121026-1.jpg
20150203_121051-1.jpg
IMG_39759949695819.jpeg
20131120_110407-1.jpg
20131120_110424-1.jpg
20131219_140230.jpg
Cerita Bergambar
Kalender
Oktober 2021
S M T W T F S
26 27 28 29 30 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 1 2 3 4 5 6
Channel Youtube
Jntuk.net kumpulan situs judi slot online terpercaya 2020 & 2021 ABLBET merupakan situs judi game slot terbaik uang asli slot 888 bet atau daftar agen slot terbaru dan terbesar bahkan sudah menjadi dewa slot 88 link alternatif resmi & telah mendapatkan izin royal slot 888 dari PAGCOR dan Cagayan Leisure. judi slot situs slot game slot ligatempo link slot