Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 379907Total Pengunjung:
  • 141Hari ini:
  • 91Kemarin:
  • 1Online:
Panel Login
Komentar Terkini

    Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

    Misteri Tangga Spiral Istana Siak

    Anda hobby wisata sejarah? Kalau ya,  jangan pernah melewatkan Istana Siak Sri Indrapura  yang berlokasi di Kabupaten Siak Propinsi Riau-Indonesia.  Banyak hal-hal yang pastinya membuat anda berdecak kagum akan kejayaan kerajaan Siak dimasa lalu. Di sana anda bisa menyaksikan kompleks istana, peralatan yang masih lengkap, serta cerita mitos-mitos yang akan membuat anda penasaran. Banyak mitos yang menyelimuti Istanak Siak, seperti Rahasia  Lemari Besi warisan Sultan yang tak bisa dibuka hingga sekarang, bahkan oleh ahli kunci sekalipun, sehingga apa isi lemari besi ini masih berupa Rahasia. Juga ada Cermin Kristal Awet Muda Ratu Agung, yang diyakini masyarakat setempat bahwa siapa yang bercermin pada cermin Ratu Agung ini berturut-turut minimal 3 kali, maka ia akan memiliki wajah cerah, cantik, dan awet muda. Nah ada satu lagi, yaitu misteri tangga spiral. Penasaran? Yuk kita ikuti ceritanya.

    Tangga Spiral Istana Siak

    Tangga Spiral Istana Siak

    Rupanya selain dari dua benda antik  lemari besi dan cermin Ratu Agung, ternyata unsur mistik lain juga ditemukan pada tangga spiral yang terdapat di dalam Istana Siak Sri Indrapura ini. Untuk diketahui bahwa bagunan istana Siak ini adalah bangunan berlantai dua, sehingga diperluksn tangga  yang menghubungkan kedua lantai tersebut  Tangga ini terbuat dari besi dan berbentuk spiral. Ciri khas Melayu sangat kental mewarnai tangga spiral ini, tangga ini ada dua sebelah kiri dan kanan ruang belakang.menuju lantai dua. Tangga dari besi berhiaskan rangkaian motif  tersebut terlihat  sangat indah. Menurut cerita masyarakat, jumlah anak tangga ketika naik dan turun akan berbeda. Begitu juga menurut teman saya, ada mitos seputar tangga spiral ini. Kabarnya kalau kita menghitung jumlah anak tangga nya tidak akan sama ketika naik dan turun.

    Namun adanya perbedaan jumlah tangga naik dan turun tersebut diatas tidaklah benar  kata Zainuddin  (Juru kunci Istana Siak) menurutnya hal ini hanya masalah konsentrasi saat perhitungan saja.  Saya sendiri tidak sempat membuktikannya, karena saat berkunjung ke Istana ini badan sudah terasa lelah, karena saking banyaknya obyek sejarah yang menarik yang mesti dilihat dan diambil dokumentasinya,  baik obyek yang berada di dalam dan di luar istana Siak Sri Indrapura ini. Dan tentu saja tak lupa mengabadikan moment saat di tangga spiral ini, sebagai tanda bukti pernah ke sini.

    Saya  masih penasaran. Sayang sekali  saya tak sempat membuktikannya. Suatu saat bila kembali berkunjung ke tempat ini, pertama kali yang saya lakukan adalah menghitung dengan seksama  jumlah tangga naik dan turun, dan kedua kembali bercermin berulang-ulang di depan Cermin Ratu Agung (Hahaha….biar cerah, cantik dan awet muda). Hmmmm…..sesuatu yang berhubungan dengan mitos selalu saja menarik perhatian.

    Ambil Dokumentasi Saat Turun di Tangga Spiral Istana Siak

    Diambil Dokumentasi Saat Turun di Tangga Spiral Istana Siak

    Penutup

    Anda ingin membuktikan mitos-mitos yang menyelimuti  istana Siak ini? Yang mana yang menarik perhatian?  ingin mencoba membuka lemari besi (brankas) misterius dan berkaca di cermin kristal awet muda  Ratu Agung?  Atau mencoba menghitung anak tangganya?  Apakah benar jumah anak tangga ketika naik dan turun berbeda? Supaya  tidak penasaran, jangan lupa membuktikannya sendiri dengan berkonsentrasi penuh ketika menghitungnya bila Anda berkesempatan mampir ke Istana Siak Sri Indrapura Provinsi Riau-Indonesia ini.

    Sumber

    Tersedia  “Berkunjung Ke Istana Siak Sri Indrapura”  http://goiq.blogspot.com/2012/01/ Diakses Minggu 12 Juli 2015 Jam 08.05

    Tersedia  “Istana Mutiara Timur Bukti Kejayaan”http://pompitasdealgodon.blogspot.com/2014/11/.Diakses Minggu 12 Juli 2015 Jam 07.53

    Tersedia.”Kembali Ke Kenangan Masa Lalu Istana Siak” http://bpmpd.riau.go.id/ Diakses Minggu 12 Juli 2015 Jam 07.58

    Tersedia  ” Siak-Pekan Baru”  http://na-2x.blogspot.com/2010/05/ Diakses  Minggu 12 Juli 2015 Jam 07.46.

    FacebookTwitterGoogle+Share

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Tulisan Terkini
    Buku Pegangan Siswa
    Diktat Ekonomi SMA/MA

    Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

    Lihat Hasil Jajak Pendapat

    Loading ... Loading ...

    Laporan Karya Inovatif
    Berita Lainnya
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
    SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU SONIAN PERAHU DAN AKU Kembara lautan Ta

    Temukan Kami di Facebook

    Pencarian

           

    .

    Galeri Foto
    Klik Slideshow di bawah untuk
    melihat Galeri Foto secara lengkap
    20150203_121026-1.jpg
    20150203_121051-1.jpg
    IMG_39759949695819.jpeg
    20131120_110407-1.jpg
    20131120_110424-1.jpg
    20131219_140230.jpg
    Cerita Bergambar
    Kalender
    Maret 2021
    S M T W T F S
    28 1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 29 30 31 1 2 3
    Buku Tamu