Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 387094Total Pengunjung:
  • 79Hari ini:
  • 66Kemarin:
  • 0Online:
Buku Tamu
Panel Login

Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

Misteri Sungai Siak, Sejarah atau Legenda?

A. Pengantar

Jika Anda berkunjung ke Siak, pastinya akan bertemu dengan sebuah sungai yang terlihat luas  seperti danau memanjang dengan airnya tenang tapi keruh. Ya, benar itulah dia Sungai Siak.  Siapa tak mengenal  Sungai terdalam di Pulau Sumatera yang terletak di Kabupaten Siak Propinsi Riau ini?   Jika anda yang berada dan berasal dari Riau rasanya tidak asing lagi kalau mendengar nama, asal-usul, dan sejarah sungai yang satu ini.  Betapa tidak, ternyata  sungai Siak pernah memainkan peranan penting dalam jalur perdangan internasional selama beratus-ratus tahun hingga beberapa tahun terakhir ini. Bahkan hingga kini sungai ini masih dapat dilayari oleh kapal-kapal besar sejenis tanker.  Sungai Siak dapat melewati lima kabupaten dan kota, sehingga sungai ini memiliki peranan penting bagi sosialitas ekonomi masyarakat.

Dokumentasi Foto di Tepi Sungai Siak Propinsi Riau-Indonesia

Dokumentasi Foto di Tepi Sungai Siak Propinsi Riau-Indonesia

Selain hal di atas, ternyata Sungai Siak sangat populer di kalangan masyarakat,  bahkan  juga  dalam berita media-media, baik media cetak maupun media elektronik. Mengapa? Sebagai  salah satu sungai terdalam di Indonesia, ternyata sungai Siak ini sering menjadi berita karena cukup sering  terjadi kematian di sepanjang aliran sungai yang biasanya dikaitkan dengan adanya legenda misteri sungai Siak. Benarkah demikian? Penasaran? Yuk, kita simak hal-hal di bawah ini  yang berkaitan dengan sungai Siak,

B. Topografi Sungai Siak

Sungai Siak terdapat di Kabupaten Siak Provinsi Riau-Indonesia. Sungai ini memiliki lebar rata-rata 100-150 meter dan kedalaman 20-30  meter dengan total panjang 527 km, dan dari panjang ini  ternyata  300 km dapat dilayari.  Seperti telah disebutkan di atas bahwa sungai ini dapat dilayari oleh kapal-kapal besar sejenis tanker.

Kapal Berlayar di Sungai Siak

Kapal Berlayar di Sungai Siak

Sungai Siak memiliki 3 anak sungai utama, yaitu Tapung Kiri dan Tapung Kanan dibagian hulu, serta anak sungai lain dibagian hilir yang membentuk sungai Mandau.

Pinggiran Sungai Siak merupakan tempat ideal bagi hutan bakau. Jenis pepohonannya  sungguh unik dan hanya ditemukan di bantaran Sungai Siak. Karena letaknya yang strategis secara  topografis.  Daerah Aliran Sungai Siak (DAS) dipenuhi pabrik dan kawasan industri yang sedikit banyak menjadi penyebab pencemaran dan pendangkalan Sungai Siak beberapa tahun terakhir ini. Airnya pun kini berwarna coklat pekat dengan bau limbah industri yang begitu menyengat.  Mungkin bisa jadi hal ini yang membuat sungai ini berbeda dari  sungai-sungai  lainnya, di mana sungai Siak ini  tidak seindah sungai-sungai-sungai di Sumatra Barat dan Sumatra Utara. Sebagaimana kita ketahui dua provinsi yang disebut terakhir ini memiliki sungai  dengan sumber air yang jernih hingga indah dipandang.

C. Legenda Sungai Siak

Airnya yang begitu keruh, tidak didukung dengan derasnya arus menambah nuansa angker sungai yang kini terus menghalami pendangkalan ini. Sungai Siak bahkan tampak seperti danau yang berbentuk memanjang hingga airnya begitu tenang namun kerap memakan tumbal.

Misteri angker Sungai Siak, sejauh ini masih menjadi teka-teki tak terungkapkan. Namun mitos tentang Sungai Siak, tidak lepas dari latar belakang Kerajaan Siak yang sejauh ini juga masih dianggap tabuh kebenarannya. Adapun kisah legenda yang berkembang sebagai berikut.

1. Makhluk Gaib Penghuni Sungai Siak

Kisah legenda yang kerap dipercaya adalah sosok makhluk gaib yang mendiami sungai ini, konon makhluk tersebutlah yang berperan banyak terhadap banyaknya kasus kematian di sungai ini.

2. Kesaktian Sultan Syarif Kasim

Sultan Syarif Kasim adalah Raja terakhir dari Kerajaan Siak. Dikisahkan jika Sultan Syarif merupakan sultan yang memiliki kesaktian gaib yang sangat luar biasa, konon kesaktiannya tersebutlah yang menjadi penjaga setiap benda-benda peninggalan kerajaan. Nah, sungai inilah yang menjadi saksi kedahsyatan kekuatan gaib tersebut. Menurut kisah warga sekitar, di sungai inilah banyak para perampok yang tewas secara misterius kala mereka mencuri barang-barang peninggalan kerajaan.

Pada  tahun 1960 an pernah ada kelompok yang mencuri meriam kerajaan yang dipercayai sakti. Kapal mereka karam di Sungai Siak. Meriam yang dicuri dikembalikan ke Istana Siak. Ada juga orang mencuri kursi singgasana Sultan Siak yang berlapus emas. Konon khabarnya si pencuri hilang kesadarannya dan beejalan menuju sungai Siak.

3. Makhluk Halus Berwujud Hewan

Ada banyak kisah misteri yang terjadi disini, salah satu kisah yang banyak dipercaya adalah kemunculan misterius sejumlah hewan dari dalam sungai. Mulai dari se ekor gajah putih, buaya putih, ikan duyung hingga se ekor naga yang tiba-tiba muncul dan menghilang begitu saja. Banyak warga yang percaya bahwa hewan-hewan misterius tersebut adalah perwujudan dari makhluk halus yang mendiami sungai siak.

C. Berita Media tentang Tragedi di Sungai Siak

Rentetan peristiwa penemuan mayat di Sungai Siak memang kerap selalu “mewarnai” sampul depan berbagai media cetak dan online bahkan media televisi lokal maupun nasional. Dugaan peristiwa kematian si Sungai Siak tersebut karena bunuh diri, terjatuh ke sungai, atau penyebab lainnya yang masih belum diketahui. Beberapa peristiwa tersebut di atas dapat dilihat pada berita di bawah ini.

Pekanbaru (antarariau.com) Belasan orang tampak menutup indra penciumannya setelah beberapa saat mobil patroli milik aparat kepolisian tiba di Kamar Mayat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru, Riau. Mobil tersebut membawa sesosok raga manusia yang dibungkusi dengan kain parasut bertuliskan BaSARNas. Empat orang dokter muda wanita mencoba membantu petugas kepolisian menurunkan ‘bangkai’ manusia itu dari mobil ke sebuah keranda mayat yang telah disediakan petugas kamar mayat.

Petugas kepolisian yang mengantarkan jasad korban itu mengatakan, “Mr. X” pertamakali ditemukan warga tanpa sengaja terapung di tepian Sungai Siak tepatnya pada muara Sungai Sail yang membelah daratan di Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayanraya, Pekanbaru, Riau.

Penemuan mayat tak dikenal itu sebelumnya dikabarkan sempat menghebohkan warga sekitar yang kemudian berbondong menyaksikan raga tak bernyawa tersebut.

Informasi saksi mata menyebutkan, mayat mengapung itu ditemukan warga sekitar pukul 10.00 WIB. “Ketika itu, saya lagi mau memeriksa karet dan mau mencari barang-barang bekas. Tapi saya terkejut ketika melihat di pinggiran sungai ada mayat terapung,” kata Herman (70) saksi mata yang menemukan korban pertamakali.

Tidak berapa lama kemudian, akhirnya aparat kepolisian berhasil mendapatkan identitas “Mr. X” itu. Pria malang ini diketahui bernama Subiyakto berusia sekitar 53 tahun, berstatus lajang. Subiyakto (53) juga merupakan warga sekitar Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayanraya, Pekanbaru yang diduga sengaja menjeburkan diri ke Sungai Siak untuk menghabisi nyawanya sendiri.

“Informasi dari pihak keluarga korban, Subiyakto memang sudah sering mencoba untuk bunuh diri. Terakhir dikabarkan dia menerjunkan diri ke Sungai Siak,” kata Kepala Unit (Kanit) Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Tenayanraya, Pekanbaru, Iptu Gismadiningrat.

Kasus bunuh diri dengan cara menjeburkan diri ke Sungai Siak yang merupakan sungai terbesar di Provinsi Riau dan terdalam di Pulau Sumatra ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Serentetan kasus yang sama terus terjadi bahkan nyaris setiap tahunnya sungai yang membentang luas di daratan provinsi “Kerajaan Melayu” ini selalu memakan korban dari berbagai kalangan.

Pada pekan pertama Maret 2013, warga juga sempat digemparkan dengan temuan mayat seorang mahasiswa Pekanbaru bernama Ahmad Afandi (25). Pria lajang ini juga ditemukan terapung setelah sebelumnya sempat menjeburkan diri ke Sungai Siak. Setelah sempat dinyatakan hilang selama tiga hari, raganya yang tak lagi bernyawa akhirnya berhasil ditemukan oleh tim penyelamat dari Badan SAR Nasional (BaSARNas) Pekanbaru. Jasad mahasiswa ini ditemukan berjarak sekitar dua kilometer dari lokasi korban melompat di Jalan Kapur Ujung tak jauh dari Masjid Nurul Iman, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Senapelan, Pekanbaru.

Kronologi penemuan jasad Ahmad Afandi itu dimulai ketika seseorang bernama Johannes tengah memancing bersama pemancing lainnya di sekitar pelabuhan. Pemancing ini yang kemudian dikejutkan dengan melihat sesuatu benda aneh yang mirip manusia terapung dan tersangkut di tali kapal tua. Akhirnya peristiwa penemuan mayat itu dilaporkan ke Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (SKP) Polresta Pekanbaru, AKP Hermawi. Aparat kepolisian kemudian turun bersama tim BaSARNas Pekanbaru untuk mengevakuasi korban yang juga diduga meninggal dunia dengan berupaya menghabisi nyawanya sendiri (http://m.kaskus.co.id/)

Penutup

Terlepas dari benar atau  tidaknya kisah-kisah misterinya dan fakta-fakta tentang  banyaknya tragedi penemuan mayat di Sungai Siak ini menyiratkan agar masyarakat, dan tentu saja para pengunjung agar berhati-hati bila ke Sungai ini. Meskipun telah terjadi pendangkalan akibat pencemaran, namun tak bisa dipungkiri sungai ini masih dalam, sehingga apabila seseorang terpeleset, dan jatuh ke sungai ini ia akan tenggelam dan hanyut di air yang kelihatannya tenang ini. Sebab tak salah kata pepatah “AIR TENANG MENGHANYUTKAN.

Di Tepi Sungai Siak

Di Tepi Sungai Siak

Sumber

Tersedia. “Kisah Misteri Sungai Siak”. http://segiempat.com/. Diakses Selasa 14 Juli 2015 jam 08.58

Tersedia. “Legenda Sungai Siak Sri Indrapura Yang Angker”. http://www.mymisteri.com/2013/09/21. Diakses Selasa 14 Juli 2015 Jam 09.00

Tersedia “Misteri Angker Sungai Siak Pekan Baru”. http://m.kaskus.co.id/. Diakses Selasa 14 Juli 2015 Jam 09.08

“Tersedia Misteri Sungai Siak”  http://www.bimbingan.org/. Diakses Rabu 15 Juli 2015 Jam 12.00

FacebookTwitterGoogle+Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tulisan Terkini
Buku Pegangan Siswa
Diktat Ekonomi SMA/MA

Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

Lihat Hasil Jajak Pendapat

Loading ... Loading ...

Laporan Karya Inovatif
Berita Lainnya
TEA FROM THE VARIOUS FLOWERS (TEH DARI ANEKA BUNGA)
TEA FROM THE VARIOUS FLOWERS (TEH DARI ANEKA BUNGA)
It turns out that there are various kinds of tea in this world. Not o
ASSORTED LEAF TEAS (ANEKA TEH DAUN)
ASSORTED LEAF TEAS (ANEKA TEH DAUN)
Tea ia one of popular drink in Indonesia and even on the word. Tea is
HEALTHY SPICES TEA,  EASY TO MAKE IT (TEH REMPAH SEHAT, MUDAH MEMBUAT)
HEALTHY SPICES TEA, EASY TO MAKE IT (TEH REMPAH SEHAT, MUDAH MEMBUAT)
Nowday, drink tea is viral for a life style. Spices tea is served on
SONIAN ARTIS DAN GURU
SONIAN ARTIS DAN GURU
SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA

Temukan Kami di Facebook

Pencarian

       

.

Galeri Foto
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
20150203_121026-1.jpg
20150203_121051-1.jpg
IMG_39759949695819.jpeg
20131120_110407-1.jpg
20131120_110424-1.jpg
20131219_140230.jpg
Cerita Bergambar
Kalender
Mei 2021
S M T W T F S
25 26 27 28 29 30 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5
Channel Youtube