Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 379545Total Pengunjung:
  • 97Hari ini:
  • 143Kemarin:
  • 0Online:
Panel Login
Komentar Terkini

    Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

    Mengunjungi Monumen “Ground Zero” Legian Kuta Bali

    A. Pengantar

    Masih ingat dengan Bom Bali I ?  Beberapa dari kita, pasti masih ingat akan tragedi bom Bali I di tempat wisata Legian Kuta Bali yang mengakibatkan banyaknya korban jiwa.  Di mana Peristiwa Bom Bali terjadi tepat 1 tahun, 1 bulan dan 1 hari setelah Serangan  11 September 2001, menara World Trade Centre di kota New York, Amerika Serikat. Bom Bali terjadi pada malam hari tanggal 12 Oktober 2002 di Jalan Legian, Kecamatan Kuta dengan menewaskan 202 orang dan mencederai 209 orang, yang kebanyakan adalah wisatawan mancanegara. Peristiwa yang menciderai catatan sejarah  kemanusiaan Indonesia. Untuk mengenang tragedi ini, pemerintah daerah Bali, membangun sebuah monumen peringatan yang di beri nama Monumen Panca Benua. Dikalangan wisatawan, monumen peringatan tragedi bom Bali 1, lebih terkenal dengan nama Monumen “Ground Zero” Bali

    Dokumentasi Foto Di Depan Monumen "Ground Zero"  Legian Kuta  Bali

    Dokumentasi Foto Di Depan Monumen “Ground Zero” Legian Kuta Bali

     
    B. Korban

    Tragedi bom Bali pada tanggal 12 Oktober 2012 mengakibatkan meninggalnya 202 jiwa. Adapun Kewarganegaraan para korban berdasarkan data sebagai berikut :, detilnya sebagai berikut. Australia 88 orang, Indonesia 38 orang (kebanyakan warga Bali), Inggris 26 orang, Amerika Serikat 7 orang, Jerman 6 orang, Swedia 5 orang, Belanda 4 orang, Perancis 4 orang, Denmark 3 orang, Selandia Baru 3 orang, Swiss 3 orang, Brasil 2 orang, Kanada 2 orang, Jepang 2 orang, Afrika Selatan 2 orang, Korea Selatan 2 orang, Ekuador 1 orang, Yunani 1 orang, Italia 1 orang, Polandia 1 orang,Portugal1 orang, dan Taiwan1 orang.Peristiwa pemboman ini lebih dikenal dengan nama bom Bali 1, karena terjadi 2 kali pemboman di Bali.

    C. Monumen Peringatan

    Monumen ini mulai dibangun atas gagasan Nyoman Rudana (Ketua dari PUTRI Persatuan Tourist Attraction Indonesia Bali), yang menganjurkan agar didirikan sebuah monumen pada lokasi pemboman (dikenal sebagai lokasi “Ground Zero”), di Legian Kuta Bali. Setelah peristiwa pemboman itu terjadi, mulailah monumen tersebut dibangun dan selesai pada tahun 2003 dengan diberi nama “Monumen Panca Benua”. Setahun kemudian, monumen ini baru diresmikan yaitu pada tanggal 12 Oktober 2004 oleh Kepala Bupati Kabupaten Badung, Anak Agung Ngurah Oka Ratmadi dengan diberi nama “Monumen Tragedi Kemanusiaan Peledakan Bom 12 Oktober 2002”. Setiap tahun pada tanggal 12 Oktober, banyak orang yang datang dari berbagai negara, berkumpul di tempat tugu peringatan bom Bali, untuk mengenang tragedi bom Bali.

    Saat ini tugu peringatan bom Bali telah menjadi sebuah tempat wisata di Bali yang banyak menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Antusias wisatawan untuk mengetahui monument Ground Zero Bali sangatlah tinggi, terutama wisatwan mancanegara yang pertama kaliwisata di Bali. Di monumen peringatan ini, anda akan melihat nama-nama dari korban dan negara asal dari korban.

    Dokumentasi Foto Didepan Monumen "Ground Zero" Bali, pada monumen tertulis nama-nama korban dan asal negaranya

    Dokumentasi Foto Didepan Monumen “Ground Zero” Bali, pada monumen tertulis nama-nama korban dan asal negaranya

     
    D. Lokasi Monumen Ground Zero Bali

    Lokasi pemboman dari bom Bali 1 di jalan Legian Kuta, tepatnya di Paddy’s Pub dan di depan Sari Club. Lokasi dari Paddy’s Pub inilah yang dijadikan sebagai lokasi lokasi monumen ground zero Bali. Lalu apakah Paddy’s Pub tutup? Tentunya tidak, Paddy’s Pub di relokasi keselatan tepat berada di depan monumen Ground Zero Bali. Selain itu namapun berubah menjadi Paddy’s Club dan lebih terkenal dengan nama Paddy’s reload.

    Jalan Legian Kuta salah satu pusat kehidupan malam di Bali, di sepanjang pinggir jalan banyak terdapat bar, diskotik, restoran, dan hotel. Hampir setiap malam jalan Legian tidak pernah sepi wisatawan manca negara dan domestik yang gemar akan kehidupan malam. Untuk mengunjungi tugu peringatan bom Bali, kami tidak sarankan untuk membawa atau setir mobil sendiri. Untuk mencari tempat parkir mobil di area Legian sangatlah susah. Sebaiknya anda menggunakan taksi jika anda menginap di daerah Kuta. Jika anda menginap di tempat lain, sebaiknya menggunakan jasa sewa mobil + driver di Bali.

     
    E. Pentup

    Monumen Bom Bali atau dikenal juga sebagai monumen Ground Zero terletak dikawasan Legian, Kuta, Bali. Kawasan yang sangat ramai oleh wisatawan mancanegara dan banyak cafe, toko-toko dan club berada disana. Dibangun untuk mengenang peristiwa ledakan Bom Bali 1 yang terjadi pada 12 Oktober 2002 di Sari Club dan Paddy’s Cafe yang merenggut nyawa 202 orang. Monumen ini sangat mudah untuk dicapai karena selain berada di tempat yang ramai dikunjungi wisatawan, juga merupakan kawasan atau salah satu jalur yang dilewati oleh setiap wisatawan yang ingin ke Pantai Kuta.

    Sumber

    Tersedia ” Monumen Bom Bali” http://www.tiketholiday.com/ Diakses Minggu 02 Agustus 2015 Jam 19.04

    Tersedia ” Monumen Bom Bali Sebagai Simbol Kemanusiaan” http://bali.panduanwisata.id/ Diakses Minggu 02 Agustus 2015 Jam 18.34

    Tersedia Monumen Ground Zero Bali” http://www.rentalmobilbali.net/ Diakses Minggu 02 Agustus 2015 Jam 18.21

    FacebookTwitterGoogle+Share

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Tulisan Terkini
    Buku Pegangan Siswa
    Diktat Ekonomi SMA/MA

    Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

    Lihat Hasil Jajak Pendapat

    Loading ... Loading ...

    Laporan Karya Inovatif
    Berita Lainnya
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
    SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU SONIAN PERAHU DAN AKU Kembara lautan Ta

    Temukan Kami di Facebook

    Pencarian

           

    .

    Galeri Foto
    Klik Slideshow di bawah untuk
    melihat Galeri Foto secara lengkap
    20150203_121026-1.jpg
    20150203_121051-1.jpg
    IMG_39759949695819.jpeg
    20131120_110407-1.jpg
    20131120_110424-1.jpg
    20131219_140230.jpg
    Cerita Bergambar
    Kalender
    Februari 2021
    S M T W T F S
    31 1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 1 2 3 4 5 6
    Buku Tamu