Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 379454Total Pengunjung:
  • 6Hari ini:
  • 143Kemarin:
  • 0Online:
Panel Login
Komentar Terkini

    Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

    Mengintip Pesona “Lembah Harau” Payakumbuh Sumatera Barat

    A. Pengantar

    Sumatera Barat  punya banyak tempat wisata yang sangat layak untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Lembah Harau yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, sekitar 18 km dari kota Payakumbuh. Nama Lembah Harau menjadi terkenal di kalangan wisatawan berkat panoramanya yang menawan. Lembah Harau sendiri sebenarnya merupakan cagar alam yang memiliki luas 669 hektar. Lembah subur ini terletak di antara dua bukit cadas yang tinggi dan terjal  dan membentang hingga beberapa kilometer jauhnya.  Sepanjang wilayah itu, mata akan disuguhi pemandangan hijau yang menyejukkan, mulai dari bentangan sawah, tebing-tebing batu granit serta sejumlah air terjun yang terdapat di wilayah Lembah Harau.

    Dokumentasi Foto di Lembah Harau, dengan  latar  belakang air terjunnya yang eksotik

    Dokumentasi Foto di Lembah Harau, dengan latar belakang air terjunnya yang eksotik

    B. Topografi

    Lembah Harau diapit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter.  Lembah Harau dilingkungi batu pasir yang terjal berwarna-warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. Topografi Cagar Alam Harau adalah berbukit-bukit dan bergelombang. Tinggi dari permukaan laut adalah 500 sampai 850 meter, bukit tersebut antara lain adalah Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak dan Bukit Tarantang.

    Salah satu teori pembentukan lembah ini adalah akibat proses erosi jutaan tahun. Serta bertemunya Lempeng Austronesia dengan Lempeng Eurasia yang saling mendesak. Desakan tersebut menyebabkan terjadinya patahan besar yang berjajar di ujung Selatan Pulau Sumatera. Berdasarkan penelitian, bebatuan di Lembah Harau ini sudah berumur 30 hingga 40 juta tahun.

     
    C. Pesona Lembah Harau

    Berjalan menuju Lembah Harau amat menyenangkan. Dengan udara yang masih segar, Anda bisa melihat keindahan alam sekitarnya. Tebing-tebing granit yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80 m hingga 300 m. Dari mulai saat memasuki Lembah Harau , kita akan menemukan banyak keindahan yang memukau sepanjang jalan . Sangatlah cocok kalau sebagian pemanjat yang telah mengunjungi tempat ini memberi julukan Yosemite nya Indonesia. Tempat ini sudah lama menarik perhatian orang. Sebuah monumen peninggalan Belanda yang terletak di kaki air terjun Sarasah Bunta merupakan bukti bahwa Lembah Harau sudah sering dikunjungi orang sejak 1926. Menyaksikan hamparan sawah yang indah, itu hal yang sudah biasa. Namun, jika hamparan sawah itu diapit oleh tebing tebing cadas tegak lurus menjulang setinggi sekitar 150 meter hingga 200 meter, orang pasti akan berdecak kagum. Pemandangan itu bisa dilihat di Lembah Harau, Keindahan masih bertebaran di dataran tingginya.

    Lembah Harau Payakumbuh Sumatera Barat, sebuah lembah cantik yang diapit oleh Dua bukit cadas tinggi dan terjal

    Lembah Harau Payakumbuh Sumatera Barat, sebuah lembah cantik yang diapit oleh Dua bukit cadas tinggi dan terjal

    Di lembah arau ini ada cagar alam dan suaka margasatwa. Lembah Harau seluas 270,5 hektare/2.705km² . Tempat ini ditetapkan sebagai cagar alam sejak 10 Januari 1993. Di cagar alam dan suaka margasatwa Lembah Harau terdapat berbagai spesies tanaman hutan hujan tropis dataran tinggi yang dilindungi, plus sejumlah binatang langka asli Sumatera. Monyet ekor panjang (Macaca fascirulatis) merupakan hewan yang acap terlihat di kawasan ini.  Hewan ini termasuk spesies langka hewan endemik Sumatera. Monyet-monyet ini bergelantungan dan saling berpindah tempat sehingga akan memberikan hiburan tersendiri dalam wisata Anda. Selain itu, Cagar Alam Lembah Harau juga memiliki berbagai spesies tanaman hutan hujan tropis dataran tinggi. Oleh karena itu, salah satu kawasan di dalam lokasi Lembah Harau direncanakan untuk menjadi Taman Safari Sumatera. Yaitu Resort Rimbo Piobang. Ditambah lagi, Anda juga dapat mengunjungi sebuah kebun binatang dan tempat penangkaran kupu-kupu di kawasan Aka Berayun.

    Kawasan Obyek wisata Lembah Harau ini terdiri dari 3 (tiga) kawasan : Resort Aka Barayu, Resort Sarasah Bunta, dan Resort Rimbo Piobang . Pada resort Aka Barayun yang memiliki keindahan air terjun yang mempunyai kolam renang, yang memberikan nuansa alam yang asli juga berpotensi untuk pengembangan olah raga panjat tebing karena memiliki bukit batu yang terjal dan juga mempunyai lokasi yang bisa memantulkan suara (echo). Disini juga terdapat fasiltas penginapan berupa homestay yang bisa dimanfaatkan wisatawan yang ingin menginap lengkap dengan fasilitasnya.  Resort Sarasah Bunta terletak disebelah timur Aka Barayun, memeliki 4( empat) air terjun (sarasah Aie Luluih, Sarasah Bunta, Sarasah Murai dan sarasah Aie Angek ) dengan telaga dan pemandangan yang indah seperti ; Sarasah Aie Luluih, dimana pada sarasah ini air yang mengalir melewati dinding batu dan dibawahnya mempunyai kolam tempat mandi alami yang asri. Sarasah Bunta dimana sarasah ini mempunyai air terjunnya yang berunta-unta indah seperti bidadari yang sedang mandi apabila terpancar sinar matahari siang sehingga dinamakan “Sarasah Bunta”. Sarasah Murai , pada sarasah ini sering pada siangnya burung murai mandi sambil memadu kasih sehingga masyarakat menamakan “Sarasah Murai “. Pada Sarasah Aie Angek belum banyak dikunjungi wisatawan, airnya agak panas berada arah keutara dari “Sarasah Murai”. Pada Resort Rimbo Piobang sampai akhir tahun 2009 belum berkembang karena direncanakan untuk Taman Safari.

    Dokumentasi Foto di Lembah Harau, dengan latar belakang tebing tinggi terjal tempat meluncurnya air terjun nan indah

    Dokumentasi Foto di Lembah Harau, dengan latar belakang tebing tinggi terjal tempat meluncurnya air terjun nan indah

    Kecantikan air terjun belum cukup untuk membuat terpesona? Buat kamu yang aktif, Lembah Harau juga siap menantang para pecinta olahraga panjat tebing. Ya, Lembah Harau yang dikelilingi tebing-tebing curam ini memang menjadi spot yang ideal bagi pecinta olahraga ekstrem. Bahkan, pada tahun 2010 lalu, Lonely Planet menobatkan Lembah Harau sebagai The Best Developed Rock Climbing Area di Sumatera lho!

    Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di Lembah Harau adalah trekking. Kamu bisa mencari pemandu lokal untuk memandu kamu trekking. Biasanya, paket one day tracking dibanderol sekitar Rp 100.000 hingga Rp 200.000.

     
    D. Akses

    Untuk mencapai Lembah Harau, bisa memulai perjalanan dari Bukittinggi ke arah barat, tepatnya ke arah Pekanbaru. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 1,5 jam, tapi dijamin  tidak akan bosan selama perjalanan karena pemandangan yang tersedia akan membuat  enggan memejamkan mata. Meskipun Lembah Harau lebih sepi dibandingkan Bukittinggi dan Padang, tapi  tidak perlu khawatir soal kendaraan. Untuk mencapai Lembah Harau kamu bisa naik kendaraan umum ke arah Payakumbuh, ataupun menyewa mobil. Di kawasan Lembah Harau sendiri  juga bisa menemukan becak motor untuk mengantarkan  pengunjung ke obyek-obyek wisata di sana.

     

    E. Penutup

    Libur akhir pekan atau akhir tahun, tak kan menyesal bila berkunjung ke lokasi yang satu uni, yaitu Lembah Harau di Payakumbuh, Sumbar. Di mana lokasi ini adalah tempat yang sempurna untuk liburan keluarga. Ada tebing batu  tinggi menjulang, 4 air terjun yang  indah, hamparan sawah yang indah, cagar alam dan suaka margasatwa dapat ditemui di sini. Nah apa lagi, ayo berkunjung ke sini!

     

    Sumber

    Tersedia “4 Air Terjun Keren di Lembah Harau”  http://m.detik.com/travel/Diakses Minggu 23 Agustus 2015 Jam 07.15

    Tersedia ” Lembah Arau”  https://id.m.wikipedia.org/ Diakses Minggu 23Agustus 2015 Jam 06.10

    Tersedia ” Lembah Harau Sumatera Barat” http://www.gosumatra.com/ Diakses Minggu 23 Agustus 2015 Jam 06.50

    Tersedia “Mengintip Cantiknya Lembah Arau di Sumatera Barat” http://www.pegipegi.com/travel/ Diakses Minggu 23 Agustus 2015 Jam 06.25

    FacebookTwitterGoogle+Share

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Tulisan Terkini
    Buku Pegangan Siswa
    Diktat Ekonomi SMA/MA

    Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

    Lihat Hasil Jajak Pendapat

    Loading ... Loading ...

    Laporan Karya Inovatif
    Berita Lainnya
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
    SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU SONIAN PERAHU DAN AKU Kembara lautan Ta

    Temukan Kami di Facebook

    Pencarian

           

    .

    Galeri Foto
    Klik Slideshow di bawah untuk
    melihat Galeri Foto secara lengkap
    20150203_121026-1.jpg
    20150203_121051-1.jpg
    IMG_39759949695819.jpeg
    20131120_110407-1.jpg
    20131120_110424-1.jpg
    20131219_140230.jpg
    Cerita Bergambar
    Kalender
    Januari 2021
    S M T W T F S
    31 1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 1 2 3 4 5 6
    Buku Tamu