Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 366126Total Pengunjung:
  • 75Hari ini:
  • 101Kemarin:
  • 0Online:
Panel Login

Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

Jadikan Sejarah Milik Bersama, Bukan Hanya Milik Para Sejarawan

“Sejarah menjadi milik bersama, bukan hanya milik para sejarawan”, demikian sambutan yang disampaikan oleh Ibu Amurwani, M.Hum dari Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  pada acara  Pembukaan Workshop Historiografi dan Sosialisasi Peninggalan Sejarah dan Budaya untuk guru SD, SMP, SLTA Tinggkat Propinsi Sumatera Barat pada hari Sabtu 3 Oktober 2015. Workshop ini diselenggarakan  oleh Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Cabang Sumatera Barat bekerjasama dengan Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  Workshop ini akan berlangsung selama 2 hari, yaitu 3-4 Oktober 2015 yang bertempat di Aula Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang, tepatnya Jl. Raya Belimbing No.16 A Kuranji Padang.

Laporan dan sambutan dari ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Cabang Sumatera Barat (Bapak Wanofri Samri)

Laporan dan sambutan dari ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Cabang Sumatera Barat (Bapak Wanofri Samri)

Adapun rangkaian acara pembukaan workshop ini adalah:
1. Mukadimah oleh Protokol

2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya

3. Laporan dan sambutan dari ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Cabang Sumatera Barat (Bapak Wanofri Samri)

4.Kata Sambutan dari Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang (Bapak Nurmatias)

5. Kata Sambutan sekakigus secara resmi membuka  acara workshop oleh Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  (Ibu Amurwani, M.Hum)

Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Cabang Sumatera Barat (Bapak Wanofri Samri) melaporkan bahwa jumlah peserta worksop ini terdiri dari guru SD, SMP, dan SLTA yang berjumlah 50 orang. Selain itu beliau juga menyampaikan latar belakang dari workshop ini. Dimana dinyatakan oleh beliau bahwa masih ada para guru yang masih belum memahami benar tentang hakikat sejarah. Meskipun guru telah memiliki pemahanan tentang sejarah guru perlu mend-upgrade, meng-update ilmunya. Harapan akhir beliau harapkan Oleh karena itu guru harus banyak membaca, menulis, melakukan penelitian, kemudian membuat tulisan yang memiliki standar penulisan ilmiah. Anggapan bahwa buku-buku mewah adalah buku yang baik. Padahal sebenarnya belum tentu. Karena buku yang baik dihasilkan dengan cara penulisan sesuai standar penulisan ilmiah, yaitu buku-buku yang dihasilkan dengan menggunakan metode ilmiah, mempunyai rujukan, penulisnya profesional dibidangnya, penulis dapat dipercayai dan mempunyai integritas. Selanjutnya contoh-contoh tulisan yang standar, yaitu disertasi dan tesis.

Selanjutnya  sambutan  kedua dari Kepala Balai Pelestarian Balai Padang yang disampaikan oleh Bapak Nurmatias. Beliau juga menyampaikan hal senada dengan sambutan pertama. Substansi sama, yaitu melakukan pengkajian, penelitian budaya, seni

Kata sambutan ketiga oleh Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang oleh Ibu Amurwani, M.Hum dan sekaligus secara resmi membuka acara workshop. Beliau menyatakan bahwa sejarah menjadi milik bersama, bukan hanya milik para sejarawan. Sehingga sejarah melekat pada diri masyarakat. Apresiasi pada masyarakat sejarah Sumatera Barat atas acara ini. Hendaknya ke depan tidak saja berupa diskusi, tapi juga penelitian, penulisan sejarah.

Selanjutnya sejarah tidak saja politik, tapi lebih luas dari itu, sehingga  selanjutnya  ke depan kajian direktorat  sejarah akan lebih luas dari itu.  Di mana Perkembangan proses tersebut dicatat.  Subdit Histiografi sejarah mengkaji bagaimana budaya itu berkembang, dan bagaimana budaya itu ditinggalkan. Internalisasi sejarah, ditanamkan pada pemuda, di mana akan diberikan contoh pahlawan-pahlawan  yang punya prestasi yang bisa dicobtoh

Selanjutnya dijelaskan oleh beliau ada juga Subdit SDM, di mana guru juga diberikan sertfikasi, berhak dicatat sebagai penulis sejarawan prifesional, dan ini akan direalialisasikan 2016. Oleh karena itu diharapkan dengan workshop ini para guru memiliki dasar-dasar penulisan sejarah sesuai standar, sehingga tulisan-tulisan tersebut dapat menjadi referensi oleh para guru lain atau bidang lain yang terkait

FacebookTwitterGoogle+Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tulisan Terkini
Buku Pegangan Siswa
Diktat Ekonomi SMA/MA

Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

Lihat Hasil Jajak Pendapat

Loading ... Loading ...

Laporan Karya Inovatif
Berita Lainnya
SONIAN ARTIS DAN GURU
SONIAN ARTIS DAN GURU
SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
SONIAN OMBAK DAN AKU
SONIAN OMBAK DAN AKU
SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih
SONIAN PERAHU DAN AKU
SONIAN PERAHU DAN AKU
SONIAN PERAHU DAN AKU SONIAN PERAHU DAN AKU Kembara lautan Ta

Temukan Kami di Facebook


       

.

Galeri Foto
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
20150203_121026-1.jpg
20150203_121051-1.jpg
IMG_39759949695819.jpeg
20131120_110407-1.jpg
20131120_110424-1.jpg
20131219_140230.jpg
Cerita Bergambar
Kalender
September 2020
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3
Buku Tamu