Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 386882Total Pengunjung:
  • 7Hari ini:
  • 92Kemarin:
  • 1Online:
Buku Tamu
Panel Login

Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

Cermin Ajaib Putri Salju versus Cermin Ratu Agung Istana Siak

A. Pengantar

Bila menyebut cermin ajaib  tentu sudah pasti kita akan diingatkan pada Cermin Ajaib milik Ratu dalam Dongeng Putri Salju. Cermin ajaib merupakan salah satu unsur paling penting dalam cerita Putri Salju, sehingga cerita ini menjadi sangat menarik. Di mana Sang Cermin mampu berbicara dan berkata tentang siapa wanita tercantik di dunia. Dan tahukah Anda , cermin ajaib milik ratu itu benar-benar ada?

Berdasarkan referensi yang penulis baca, ternyata ada dua negara yang memiliki Cermin Ajaib, pertama, cermin ajaib di Musseum Spessar Jerman, dan kedua Cermin Ajaib  Ratu Agung  Istana Siak, Propinsi Riau-Indonesia. Tentu saja ada perbedaan dari kedua cermin ajaib di atas. Namun yang unik dan menarik diulas yakni keberadaan Cermin Ratu Agung (Cermin Kristal Awet Muda  milik Premasuri Sultan Siak) yang konon katanya membuat siapapun yang bercermin menjadi cantik, cerah dan awet muda. Penasaran ingi tahu?  Nah, agar lebih jelas tentang kedua cermin ajaib di atas? Yuk, ikuti ceritanya!

Cermin Ratu Agung Istana Siak

Cermin Ratu Agung Istana Siak

B. Cermin Ajaib Milik Ratu Elvira dalam Dongeng Putri Salju

……Ratu Elvira setiap hari ia bertanya kepada cerminnya,” Cermin kaca benggala, Siapa wanita tercantik di dunia?”

Cermin itu menjawab,”O, Ratu, engkaulah wanita paling cantik di dunia!”

Tetapi, Putri Salju semakin besar dan setiap hari menjadi semakin cantik. Pada suatu hari, ketika Ratu bertanya,” Cermin, kaca benggala, Siapa wanita tercantik di dunia hari ini?”

Kali ini cermin memberi jawaban lain. “O, Ratu, Putri Salju adalah wanita paling cantik di dunia!” Seketika wajah Ratu cemberut, pucat dan marah….. dst

Masih ingatkan dengan dialog di atas? Tepat sekali itu adalah Dongeng Putri Salju (Snow White).

Dongeng Snow White atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan dongeng puteri salju sebenarnya merupakan dongeng yang berasal dai German sana. Dongeng  yang pertama kali dibukukan pada tahun 1812 oleh Brother Grimm tersebut berkembang dan menjadi salah satu dongeng yang dikenal luas sekarang ini. Di mana Dongeng Snow White ini identik dengan cermin ajaib, Pertanyaanya, apakah Cermin Ajaib milik Ratu dalam Dongeng Snow White itu benar-benar ada?

Menurut Wikipedia, cermin ajaib tersebut bisa dilihat di Spessart Museum, Jerman. Cermin antik dari abad 18 itu dulunya disebut ‘cermin berbicara’, merupakan barang yang terkenal sebagai hadiah di antara para bangsawan Jerman pada masanya. Cermin itu merupakan salah satu produksi Kurmainzische Spiegelmanufaktur di daerah Lohr am Main, pabrik produsen cermin antik yang terkenal di Jerman beberapa abad lalu.

Cermin ajaib Putri Salju di Spessart Museum

Cermin ajaib Putri Salju di Spessart Museum

C. Cermin Ratu Agung Istana Siak

Siapa tak kenal  Kerajaan Siak Sri Indrapura dengan Istananya yang megah, kokoh, awet dan menawan yang dijuluki “Istana Matahari Timur”? Istana yang  dibangun tahun 1889 oleh Sultan Siak XI yang bergelar Assyaidin Syarif Hasyim Abdul Jalili Syafiudin Syah.  Namun bukan saja karena Istana ini termasyur dengan kemegahannya, tetapi ternyata di dalam istana ini juga tersimpan berbagai koleksi benda-benda kerajaan yang antik dan bernilai, baik berasal dari dalam dan luar negeri. Dan konon khabarnya banyak koleksi benda berharga yang ada di Istana Siak Sri Indrapura mengandung misteri.

Salah satu peniggalan  yang juga penuh dengan misteri adalah cermin permaisuri Sultan Siak. Mitosnya siapa yang bercermin disana dengan meniatkan sesuatu, niscaya niat tersebut bisa terkabul. Cermin ini dipercaya bisa membuat wajah semakin cantik,  cerah dan awet muda bila sering bercermin di sana, minimal bercermin tiga kali berturut-turut. Masyarakat di sana mempercayai bahwa cermin permasuri sudah dizikirkan oleh sultan, dengan kekuatan zikir tersebut, dipercaya dapat mengabulkan setiap niat siapa yang bercermin disana.

Juru kunci Istana Siak, Zainuddin bercerita bahwa Cermin Kristal ‘Awet Muda’ diberikan oleh Sultan Kerajaan Siak ke-12 (terakhir) yakni Sultan Syarif Kasim Tsani (Sultan Syarif Kasim II) kepada permaisuri Sultan yakni Tengku Agung. Cermin diberikan sebagai pengganti alat kecantikan ‘make up’ yang memang belum ada pada zaman itu belumlah ada.

“Karena pada tahun 1800 alat-alat make up belum ada, dulu hanya pakai beras, jadi bedak dingin atau namanya Bedak silau,”papar Zainuddin

Karena kondisi itulah lantas Sultan memiliki ide untuk membuat cermin dengan ukuran lebar 30 cm dan panjang 40 cm. “Cermin ini ditempakan ke Cheko,”imbuhnya.

Setelah rampung dibuat, cermin kristal yang mewah itu lantas oleh Sultan dizikirkan atau di doa-doakan. Dengan maksud agar Tengku Agung selalu tampak cantik ketika bercermin. Dari kekuatan dzikir itulah kecantikan yang alami muncul tanpa perlu make-up.  “Jadi kekuatanya dzikir jadi tidak kerepotan kulit,”pungkasnya.

Entah mitos tersebut benar atau tidak, yang jelas para pengunjung  menggunakan kesempatan untuk bercermin pada Cermin Ratu Agung ini, apalagi kalau pengunjungnya  perempuan. Termasuk penulis. Jangankan bercermin di cermin Ratu Agung, di rumahpun kalau bercermin selalu berdoa kepada Allah SWT (Ya Allah, Cantikkan akhlakku, Cantikkan Rupaku).

Seperti anjuran dalam agama kita, agama Islam.

Doa saat atau ketika bercermin agar kita selalu mensyukuri apa yang telah Allah SWT  berikan kepada kita.Doa ini di baca saat kita berkaca atau bercermin.Semoga doa ketika bercermin ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua amiin ya robbal alamin.

اَللَّهُـمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Allaahumma kamaa hassanta kholqii fa hassin khuluqii

“Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku”

Bercermin di Cermin Ratu Agung Istana Siak

Bercermin di Cermin Ratu Agung Istana Siak

D. Kesimpulan

Ingin melihat cermin ajaib, silahkan berkunjung ke Spessart Museum, Jerman; atau ada yang lebih dekat yaitu Cermin Ratu Agung Istana Siak Indrapura Propinsi Riau-Indonesia.

Sumber

Tersedia. ” Cermin Kristal Awet Muda di Istana Siak”.  http://istana-pesona.blogspot.com/2013/10/Diakses Jumat 10 Juli 2015 Jam 11.15

Tersedia.”Doa Ketika Bercermin Berkaca atau Berhias”. http://www.doamuslim.com/. Diakses Sabtu 11 Juli 2015 Jam 21.03.

Tersedia.  ” Inikah Cermin Ajaib dalam Dongeng Putri Salju”.   http://m.merdeka.com/gaya/.  Diakses. Sabtu 11 Juli 2015 Jam 16.56

Tersedia. “Kisah Dongeng Sniw White Puteti Salju”.  http://www.zonasiswa.com/2014/02/. Diakses  Sabtu 11 Juli 2015 Jam 16.47

Tersedia. “Mitos Cermin Awet Muda dan Lemari Besi Baja Rahasia di Istana Siak”.  http://skalanews.com/berita/detail/156759/. Diakses  Sabtu 11 Juli 2015 Jam 18.00.

Tersedia. “Putri Salju” http://ceritakandongeng.blogspot.com/2015/01/. Diakses Sabtu 11 Juli 2015 Jam 17.12

FacebookTwitterGoogle+Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tulisan Terkini
Buku Pegangan Siswa
Diktat Ekonomi SMA/MA

Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

Lihat Hasil Jajak Pendapat

Loading ... Loading ...

Laporan Karya Inovatif
Berita Lainnya
HEALTHY SPICES TEA,  EASY TO MAKE IT (TEH REMPAH SEHAT, MUDAH MEMBUAT)
HEALTHY SPICES TEA, EASY TO MAKE IT (TEH REMPAH SEHAT, MUDAH MEMBUAT)
HEALTHY SPICES TEA, EASY TO MAKE IT (TEH REMPAH SEHAT, MUDAH MEMBUAT)
SONIAN ARTIS DAN GURU
SONIAN ARTIS DAN GURU
SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
SONIAN OMBAK DAN AKU
SONIAN OMBAK DAN AKU
SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih

Temukan Kami di Facebook

Pencarian

       

.

Galeri Foto
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
20150203_121026-1.jpg
20150203_121051-1.jpg
IMG_39759949695819.jpeg
20131120_110407-1.jpg
20131120_110424-1.jpg
20131219_140230.jpg
Cerita Bergambar
Kalender
April 2021
S M T W T F S
25 26 27 28 29 30 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5
Channel Youtube