Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 379910Total Pengunjung:
  • 144Hari ini:
  • 91Kemarin:
  • 0Online:
Panel Login
Komentar Terkini

    Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

    Catatan  Persiapan UKG 8 Materi  dan Soal Penilaian dan Evaluasi Hasil dan Proses Hasil Belajar:  Penilaian Portofolio

    A. Materi

    1. Pengertian Portofolio

    Jierney dan kawan-kawan dalam Nasoetion dan Suryanto (2004:4.54) menyebutkan bahwa portofolio adalah kumpulan hasil kegiatan sistematis yang dilaksanakan oleh peserta didik dan para pendidik yang memungkinkan mereka menentukan sejauhmana upayam proses, perbaikan, dan hasil belajar yang dicapai.

    Menurut Depdiknas (2007:16) bahwa penilaian portofolio merupakan penilaian berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu. Informasi tersebut dapat berupa karya peserta didik dari proses pembelajaran yang dianggap terbaik oleh peserta didik, lembar jawabab tes yang menu jukkan soal yang mampu dan tidak mampu dijawab (bukan nilai) atau bentuk informasi lain yang terkait dengan kompetensi tertentu dalam satu mata pelajaran.

    Penilaian portofolio pada dasarnya menilai karya-karya siswa secara individu pada satu periode untuk suatu mata pelajaran. Akhir suatu periode hasil karya tersebut dikumpulkan dan dinilai oleh guru dan peserta didik sendiri. Berdasarkan informasi perkembangan tersebut, guru dan peserta didik sendiri dapat menilai perkembangan kemampuan peserta didik dan terus melakukan perbaikan. Dengan demikian, portofolio dapat memperlihatkan perkembangan kemajuan belajar peserta didik melalui karyanya, antara lain: karangan, puisi, surat, komposisi musik, gambar, foto, lukisan, resensi buku/literatur, laporan penelitian, sinopsis, dsb.

     

    2. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan penilaian portofolio

    Menurut Depdiknas (2007:16-17) adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dan dijadikan pedoman dalam penggunaan penilaian portofolio di sekolah, antara lain:

    a. Karya siswa adalah benar-benar karya peserta didik itu sendiri
    b. Saling percaya antara guru dan peserta didik
    c. Kerahasiaan bersama antara guru dan peserta didik
    d. Milik bersama antara peserta didik dan guru
    e. Kepuasan (hasil kerja mendorong peningkatan kualitas diri siswa)
    f. Kesesuaian (hasil kerja sesuai dengan kompetensi kurikulum)
    g. Penilaian Proses dan Hasil
    h. Penilaian dan Pembelajaran

     

    3. Mengapa Portofolio?

    Portofolio itu perlu. Mengapa? Sebab Portofolio membawa dampak lebih besar pada peningkatan kualitas pembelajaran. Herman dan kawan-kawan dalam Nasoetion dan Suryanto (2004:4.54-4.55) dengan adanya portofolio ditemukan bukti-bukti bahwa:

    a. Peserta didik memiliki rasa kepemilikan dan rasa keterlibatan yang tinggi sehingga tugas portofolio selalu memikat diri mereka

    b. Melalui portofolio peserta didik dapat melihat sendiri apa yang mampu mereka lakukan dan dengan atau tanpa bantuan guru mereka akan berupaya memperbaikinya

    c.Pesan guru dalam portofolio adalah anggota sebagai anggota dari satu tim, yang setiap saat dapat diminta petunjuknya. Tim selalu mengembangkan kerjasama, kolaborasi, saling membantu sesama anggota.

    d. Melalui portofolio seseorang dapat mengetahui sesuatu tentang peserta didik, walaupun ia belum pernah bertemu dengan peserta didik tersebut. Dengan mencermati portofolio dapat dilihat apa saja yang menjadi kekuatan dan kelemahannya.

    4. Teknik Penilaian Portofolio

    Menurut Depdiknas (2007:17-18) bahwa teknik penilaian portofolio di dalam kelas memerlukan langkah-langkah sebagai berikut:

    a. Jelaskan kepada peserta didik bahwa penggunaan portofolio, tidak hanya merupakan kumpulan hasil kerja peserta didik yang digunakan oleh guru untuk penilaian, tetapi digunakan juga oleh peserta didik sendiri. Dengan melihat portofolionya peserta didik dapat mengetahui kemampuan, keterampilan, dan minatnya. Proses ini tidak akan terjadi secara spontan, tetapi membutuhkan waktu bagi peserta didik.

    b. Tentukan bersama peserta didik sampel-sampel portofolio apa saja yang akan dibuat. Portofolio antara peserta didik yang satu dan yang lain bisa sama bisa berbeda. Misalnya, untuk kemampuan menulis peserta didik mengumpulkan karangan-karangannya. Sedangkan untuk kemampuan menggambarkan, peserta didik mengumpulkan gambar-gambar buatannya

    c. Kumpulkan dan simpanlah karya-karya tiap peserta didik dalam satu map atau folder masing-masing atau loker masing-masing sekolah

    d. Berilah tanggal pembuatan pada setiap bahan informasi perkembangan peserta didik sehingga dapat terlihat perbedaan kualitas dari waktu ke waktu

    e. Sebaiknya tentukan aspek-aspek yang akan dinilai dari sampel portofolio beserta pembobotannya bersama para peserta didik sebelum mereka membuat karyanya. Diskusikan cara penilaian kualitas karya para peserta didik.

    f. Minta peserta didik menilai karyanya secara berkesinambunagan. Guru dapat membimbing peserta didik, bagaimana cara menilai dengan memberi keterangan tentang kelebihan dan kekurangan tersebut, serta bagaimana cara memperbaikinya,

    g. Setelah suatu karya dinilai dan nilainya belum memuaskan, maka peserta didik diberi kesempatan untuk memperbaikinya. Namun, antara peserta didik dan guru perlu dibuat kontrak atau perjanjian mengenai jangka waktu perbaikan, misalnya 2 minggu karya yang sudah diperbaiki harus diserahkan kepada guru

    h. Bila perlu, jadwalkan pertemuan untuk membahas portofolio. Jika perlu, undang orang tua peserta didik dan diberi penjelasan tentang maksud serta tujuan portofolio, sehingga orang tua dapat membantu dan memotivasi anak.

     

    B. Contoh Soal

    1. Berikut ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali….
    A. Catatan pelajaran siswa
    B. Catatan harian sikap siswa
    C. Hasil pekerjaan siswa
    D. Profil perkembangan siswa
    E. Semua jawaban benar

    Jawab: A

    (Sumber : Simulasi UKG Online Soal untuk Guru Ekonomi SMA 2015)

    2. Fungsi utama dari penerapan penilaian Portofolio adalah….
    A. Mengumpulkan hasil karya siswa
    B. Meningkatkan rasa saling percaya
    C. Mengetahui peningkatan kemampuan siswa
    D. Menilai Hasil Belajar Siswa
    E, Semua jawaban benar

    Jawab: C

    (Sumber : Simulasi UKG Online Soal untuk Guru Ekonomi SMA 2015)

    Refetensi

    Depdiknas. 2007. Model Penilaian Kelas Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: BSNP Dirjen Manajemen Dikdasmen Depdiknas.

    Nasoetion, N dan A. Suryanto. 2004. Tes, Pengukuran, dan Penilaian. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

    Tersedia “Simulasi UKG Online Soal untuk Guru Ekonomi SMA 2015” http://tryoutukgonline.com/ Diakses Minggu 8 November 2015

    FacebookTwitterGoogle+Share

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Tulisan Terkini
    Buku Pegangan Siswa
    Diktat Ekonomi SMA/MA

    Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

    Lihat Hasil Jajak Pendapat

    Loading ... Loading ...

    Laporan Karya Inovatif
    Berita Lainnya
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
    SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU SONIAN PERAHU DAN AKU Kembara lautan Ta

    Temukan Kami di Facebook

    Pencarian

           

    .

    Galeri Foto
    Klik Slideshow di bawah untuk
    melihat Galeri Foto secara lengkap
    20150203_121026-1.jpg
    20150203_121051-1.jpg
    IMG_39759949695819.jpeg
    20131120_110407-1.jpg
    20131120_110424-1.jpg
    20131219_140230.jpg
    Cerita Bergambar
    Kalender
    Maret 2021
    S M T W T F S
    28 1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 29 30 31 1 2 3
    Buku Tamu