Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 379728Total Pengunjung:
  • 53Hari ini:
  • 96Kemarin:
  • 1Online:
Panel Login
Komentar Terkini

    Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

    Catatan Persiapan UKG 1 Materi  dan Soal  Inovasi Pendidikan: Pengertian Inovasi dan Inovasi Pendidikan

    A. Materi

    Secara umum inovasi sering diartikan sebagai pembaharuan atau perubahan yang terjadi dari suatu keadaan kepada keadaan lain yang berbeda dengan keadaan sebelumnya. Dalam kamus ilmu-ilmu sosial Hugo F. Reading (1986:204) dalam Wahyudin, D. Supriadi, dan I. Abdulhak (2002:8.3) menjelaskab istilah “innovation” dalan tiga kategori yaitu ada ” innovation, innovation material, dan innovation nonmaterial”. “Innovation”:diartikan sebagai elemen kultural baru dan atau penerimaan tujuan-tujuan kultural baru oleh individu sembari menolak alat-alat kelembagaan masyarakat. “Innovation Material” diartikan sebagai inovasi inovasi dalam kebudayaan material. Sedangkan “Innovation Nonmaterial” diartikan sebagai inovasi atau pembahararuan dalam kebudayaan nonmaterial.

    Kegiatan inovasi atau pembaharuan akan terlihat dengan jelas apabila dilakukan pada bidang material seperti pada bidang teknologi. Produk-produk baru dalam bidang teknologi akan terasa sekali oleh kita sebagai adanya inovasi. Namun dalam bidang nonmaterial pun sebenarnya inovasi terus dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan yang terjadi dalam kehidupan, termasuk dalam pendidikan. Dalam bidang pendidikan inovasi perlu terus dilakukan terus menerus dalam rangka memenuhi tuntutan perubahan dan perkembangan yang terjadi di masyarakat luas.

    Rogers et al (1971:19) dalam Wahyudin, D. Supriadi, dan I. Abdulhak (2002:8.3) menyatakan: “innovation is an idea, practice or object as new by an individual”. Artinya bahwa Inovasi merupakan suatu gagasan, ide, atau pemikiran, praktek atau praktek kerja, objek atau hal atau suatu produk berupa barang yang dianggap baru oleh seseorang sebagai pihak penerimanya.

    Sepintas lalu nampaknya istilah pembaharuan (inovasi) hampir sama pengertiannya dengan perubahan. Namun tidak semua perubahan adalah pembaharuan atau inovasi. Dalam perubahan, proses terjadinya bisa berlangsung secara alamiah, misalnya perubahan dari cuaca dingin menjadi cuaca panas, atau perubahan musim dari musim kemarau kepada musim hujan, terjadinya siang dan malam.

    Suatu perubahan dapat dikatakan tergolong pada inovasi apabila perubahan tersebut dilakukan dengan sengaja untuk memperbaiki keadaan sebelumnya agar lebih menguntungkan bagi peningkatan kualitas hidup. Hal ini misalnya dapat kita lihat pada perubahan proses dan produk teknologi yang tidak terjadi begitu saja secara spontan, tetapi perubahan itu dilakukan sebagai akibat lahirnya suatu gagasan atau ide baru untuk memperbaiki keadaan atau memecahkan suatu masalah.

    Perubahan-perubahan yang sejenis, tidak hanya terjadi dalam bidang teknologi, tetapi terjadi pula pada bidang ilmu sosial termasuk di dalamnya sektor pendidikan yang dituntut untuk mengalami perubahan dari waktu ke waktu sebagai upaya memperbaiki mutu pendidikan itu sendiri.

    Pembaharuan dalam sektor pendidikan dilakukan sebagai upaya sengaja untuk memperbaiki hal ihwal tentang pendidikan, baik itu berbentuk hal, ide, atau praktek-praktek pendidikan yang baru untuk meningkatkan kemampuan mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efesien.

    Menurut Santoso S. Hamidjojo (1974:8) dalam Wahyudin, H.D, D. Supriadi, dan I. Abdulhak (2002: 8.4) menyatakan bahwa pengertian inovasi pendidikan sebagai suatu perubahan yang baru dan kualitatif berbeda dari hal (yang ada) sebelumnya dan sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam bidang pendidikan.

     

    B. Contoh Soal

    1. Inti pembaharuan adalah terletak pada perubahan yang bercirikan….
    A. Sengaja diadakan untuk memperoleh prestise
    B. Berlangsung secara alamiah dan spontan
    C. Berbeda dengan keadaan sebelumnya secara kuantitatif
    D. Lebih baik dari keadaan sebelumnya secara kualitatif

    Jawaban: D

    (Sumber: Wahyudin, H.D, D. Supriadi, dan I. Abdulhak. 2002: 8.17)

     
    2. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif  berbeda dengan yang ada sebelumnya disengaja untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh….
    A. Santosa H. Hamidjaja
    B. Mattew B Millers
    C. Sumantri Mulyani
    D. Rabbin
    E. Semua Jawaban Salah

    Jawaban: A

    (Sumber: Simulasi UKG Online Soal untuk Guru Ekonomi SMA 2015)

     

    Referensi

    Tersedia “Simulasi UKG Online Soal untuk Guru Ekonomi SMA 2015” http://tryoutukgonline.com/ Diakses Minggu 8 November 2015

    Wahyudin, H.D, D. Supeiadi, dan I. Abdulhak. 2002. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Pusat Penerbitaj Universitas Terbuka

    FacebookTwitterGoogle+Share

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Tulisan Terkini
    Buku Pegangan Siswa
    Diktat Ekonomi SMA/MA

    Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

    Lihat Hasil Jajak Pendapat

    Loading ... Loading ...

    Laporan Karya Inovatif
    Berita Lainnya
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
    SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU SONIAN PERAHU DAN AKU Kembara lautan Ta

    Temukan Kami di Facebook

    Pencarian

           

    .

    Galeri Foto
    Klik Slideshow di bawah untuk
    melihat Galeri Foto secara lengkap
    20150203_121026-1.jpg
    20150203_121051-1.jpg
    IMG_39759949695819.jpeg
    20131120_110407-1.jpg
    20131120_110424-1.jpg
    20131219_140230.jpg
    Cerita Bergambar
    Kalender
    Februari 2021
    S M T W T F S
    31 1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 1 2 3 4 5 6
    Buku Tamu