Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 392305Total Pengunjung:
  • 16Hari ini:
  • 130Kemarin:
  • 0Online:
Buku Tamu
Panel Login

Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

Catatan 5 Studi Banding Internasional: Tasik Putrajaya, Danau Buatan Cantik di Putrajaya Malaysia

A. Pengantar

Kota Putrajaya  adalah Pusat Pemerintahan Negara Malaysia yang memiliki banyak daya tarik. Selain gedung yang megah, mesjid yang cantik, dan taman yang indah,  Putrajaya juga dilengkapi dengan danau buatan bernama Danau Putrajaya (Orang Malaysia menyebutnya Tasik Putrajaya). Tasik Putrajaya ini bentuknya unik (berkelok-kelok mirip sungai), dan menjangkau hampir seluruh wilayah/presint di Putrajaya. Tasik ini merupakan salah satu daya tarik utama Putrajaya yang menjadi lokasi wisata favorit para turis. Dan tentu saja  tasik yang unik dan cantik ini juga menjadi  favorit bagi penulis dan Rombongan Studi Banding Internasional Siswa Berprestasi dan Pembimbing Kabupaten Tanah Datar 2015 saat berjunjung ke Putrajaya Malaysia ini. Di mana agenda menyaksikan dan mendokumentasikan foto di tasik Putrajaya ini dilakukan pada hari Rabu 16 September 2015, yaitu usai sholat dzuhur di Mesjid Putra.

Dokumentasi  Foto Penulis dan Siswa Bimbingan (Nessa Sapera) dengan latar Danau/Tasik Putrajaya Malaysia, dan terlihat juga dari jauh Jembatan Seri Wawasan

Dokumentasi  Foto Penulis dan Siswa Bimbingan (Nessa Sapera) dengan latar Danau/Tasik Putrajaya Malaysia, dan terlihat juga dari jauh Jembatan Seri Wawasan

B. Letak, Panjang, dan Luas

Tasik Putrajaya ini terletak di tengah-tengah Wilayah Persekutuan Putrajaya atau dapat disebut juga Tasik Putrajaya ini berada di jantung kota administrasi Putrajaya.  Tasik buatan manusia itu terletak kira-kira 21 meter di atas permukaan laut dan mempunyai tebing tasik dengan panjang keseluruhan 32 kilometer. Ia juga turut merangkumi kawasan paya seluas 197 hektar 13% daripada kawasan keseluruhan Putrajaya. Tentang luas danau ini penulis tidak mendapatkan data yang pasti, berdasarkan referensi yang penulis baca terdapat perbedaan tentang luas tasik ini, pertama  menyatakan luasnya 400 ha, kedua menyatakan luasnya 570 ha, ketiga menyatakan 600 ha, sedangkan keempat menyatakan luasnya 650 ha.

 
C. Sejarah

Luas  Putrajaya mencapai 4.932 hektar ditambah seluas 650 hektar danau buatan manusia yang digali dengan menggunakan teknologi canggih sehingga danau itu mengelilingi kawasan Putrajaya dengan lima jembatan penghubung, bentuknya unik dan indah.

Tasik Putrajaya dibentuk dengan membendung lembah Sungai Chuau dan anak-anak sungai utama  ke kawasan berdekatan pusat pentadbiran Putrajaya. Pembangunan tasik ini  dimulai sejak tahun 1998 dan siap sepenuhnya pada Mei 2002.

Tepat 20 Agustus tahun 2002, YAB Perdana Menteri, Dato’  Seri Dr. Mahathir bin Mohamad  merasmikan Tasik Putrajaya. Pada acara peresmian itu, Perdana Menteri secara simbolik menanggalkan kepingan besi di empangan. Perdana Menteri  sangat puas dengan pembangunan keseluruhan tasik  dan berharap  Tasik Putrajaya dapat dijadikan sebagai kawasan riadah popular dan kawasan untuk memenuhi keperluan pasokan air di Putrajaya dan sekitarnya.

 
D. Fungsi  

Fungsi utama Tasik  ini adalah untuk Pengelolaan Sumber Daya Air di Putrajaya. Berdasarkan informasi yang penulis baca dan juga keterangan dari guide bahwa Tasik ini sengaja dirancang sebagai salah satu untuk mengatur  Sisem Pengelolaan Sumber Daya Air di Putrajaya ini. Dimana Sistem pengelolaan sumber daya air di Putrajaya meliputi daerah tangkapan seluas 50,9 km2, 6 anak sungai, pulau-pulau buatan, yang bermuara di Danau Putajaya seluas 650 hektar dengan kapasitas simpanan sebesar 23,5 juta m3. Danau ini difungsikan sebagai penyeimbang suhu dan cadangan air bersih bagi Putrajaya.

Selain berfungsi sebagai penyeimbang suhu dan cadangan air bersih di Putrajaya, Tasik Putrajaya inj  juga menjadi tempat untuk aktivitas riadah, memancing, dan olahraga air.

 
E. Daya Tarik

Tasik Putrajaya tidak saja memiliki multifungsi seperti telah dibicarakan di atas, ternyata Tasik Putrajaya memiliki banyak daya tarik tersendiri bagi  setiap orang yang melihat dan berkunjung ke Putrajaya. Dari setiap bagian dari tempat di Tasik ini selalu memberikan “view” yang menarik bagi orang yang memandangnya.  Banyak “view” cantik yamg bisa diabadikan dengan latar tasik Putrajaya ini, seperti mesjid, jembatan, gedung-gedung, dan masih banyak yang lainnya. Kesemua tempat-tempat tersebut memiliki pesona dan keunikan tersendiri, benar-benar indah  dipandang mata.

Mata pengunjung akan disuguhi dengan indahnya tasik putrajaya dengan Mesjid Putra yang dibangun menjorok ke tasik ini, seakan-akan mesjid ini seperti terapung di Tasik Putrajaya. Benar-benar unik, indah, dan mempesona, baik dipandang dari tepi tasik ataupun dari seberang tasik.

Dokumentasi Foto Tasik Putrajaya dengan mesjid Putra (berkubah Pink) berdiri megah di tepi tasik

Dokumentasi Foto Tasik Putrajaya dengan mesjid Putra (berkubah Pink) berdiri megah di tepi tasik

Demikian pula tak kalah cantiknya “view” mesjid lainnya, seperti Mesjid Besi (Mesjid Tuanku Mizan) yamg berdiri megah di tepi Tasik Putrajaya ini. Mesjid Besi adalah mesjid ke 2 terbesar di Putrajaya setelah mesjid Putra.

Dokumentasi Foto  Tasi Putrajaya dengan Mesjid Besi di tepi tasik

Dokumentasi Foto Tasi Putrajaya dengan Mesjid Besi di tepi tasik

Dikelilingi danau buatan seluas 650 hektar, membuat Putrajaya memiliki banyak jembatan. Jumlah seluruh jembatan di Putrajaya ada delapan, di mana setiap jembatan dibangun dengan arsitektur yang unik dan futuristik. Delapan jembatan tersebut didesain dengan gaya arsitektur yang berbeda. Lima  jembatan yang  dari 8 jembatan tersebut  adalah Jembatan Putra (“Putra Bridge”),  Jembatan Seri Wawasan (“Seri Wawasan Bridge”), Jembatan Seri Gemilang (“Seri Gemilang Bridge”), Jembatan Seri Perdana (“Seri Perdana Bridge”), Jembatan Seri Saujana (“Seri Saujana Bridge”). Sudah bisa dibayangkan bagaimana cantiknya “view” dari tasik putrajaya berpadu dengan jembatan yang unik dan futuristik tersebut.

Dokumentasi Foto  Tasik Putrajaya dengan jembatan putra

Dokumentasi Foto Tasik Putrajaya dengan jembatan putra

Begitu juga dengan gedung-gedung pemerintahan yang menjulang tinggi menghiasi ditepian tasik ini. Hal tersebut tidaklah mengherankan, karena pembangunan tasik ini memang meliputi kawasan Kota Putrajaya, dan apalagi tempat-tempat penting di Putrajaya ini pada umumnya memang berada di tepian tasik ini. Memanglah sangat tepat bila disebutkan bahwa pembangunan di seluruh kawasan di Putrajaya ini terencana dengan baik, termasuk pembangunan tasik buatan ini.

Dokumentasi Foto Penulis dan Siswa Bimbingan (Nessa Sapera) dengan latar gedung-gedung pemerintahaan yang terletak di tepi Tasik Putrajaya

Dokumentasi Foto Penulis dan Siswa Bimbingan (Nessa Sapera) dengan latar gedung-gedung pemerintahaan yang terletak di tepi Tasik Putrajaya

Untuk mengelilingi Tasik Putrajaya, bisa dengan kapal atau dengan perahu model gondola bernama Dondang Sayang.  Pngunjung bisa naik kapal atau perahu dan  bersantai menyaksikan pemandangan indah dari area sekitar seperti Masjid Putrajaya, Jembatan Putrajaya serta berbagai bangunan pemerintahan. Menurut guide yang memandu kami bahwa berlayar di tasik  ini merupakan pilihan yang seru saat siang, dan sangat spektakuler kala malam.

F. Penutup

Tasik Putrajaya selain berfungsi sebagai penyeimbang suhu dan cadangan air bersih di Putrajaya, juga menjadi tempat untuk aktivitas  riadah, memancing, dan olahraga air. Tak heran bils Tasik Putrajaya menjadi salah satu daya tarik utama Putrajaya yang menjadi lokasi wisata favorit para turis. Dari setiap bagian dari tempat di Tasik ini selalu memberikan “view” yang menarik bagi orang yang memandangnya.  Banyak “view” cantik yamg bisa diabadikan dengan latar tasik Putrajaya ini, seperti mesjid, jembatan, gedung-gedung, dan masih banyak yang lainnya. Kesemua tempat-tempat tersebut memiliki pesona dan keunikan tersendiri, benar-benar indah  dipandang mata. Nggak percaya? Silahkan buktikan sendiri!

Sumber

Tersedia ” Jakarta Akankah Seperti Putrajaya” http://www.kompasiana.com/!Diakses Selasa 29 September 2015 Jam 10.30

Tersedia ” Danau Putrajaya” https://id.m.wikipedia.org/ Diakses Selasa 29 September 2015 Jam 05.39

Tersedia “Hari ini Dalam Sejarah” http://www2.arkib.gov.my/  Diakses Selasa 29 September 2015 Jam 09.21

Tersedia ” Putrajaya Ibu Kota Malaysia Yang Modern”http://edyraguapo.blogspot.co.id/2012/04/ Diakses Selasa 29 September 2015 Jam 10.01

Tersedia ” Putrajaya Cruise” http://www.tourism.gov.my/Diakses Selasa 29 September 2015 Jam 05.55

Tersedia ” Putrajaya Kota Baru Di Malaysia Dikelilingi Danau Buatan 650 hektar” http://www.waspadamedan.com/ Diakses Selasa 29 September 2015 Jam 06.06

Tersedia “Tasik Putrajaya” https://ms.wikipedia.org/ Diakses Selasa 29 September 2015 Jam 08.39

FacebookTwitterGoogle+Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tulisan Terkini
Buku Pegangan Siswa
Diktat Ekonomi SMA/MA

Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

Lihat Hasil Jajak Pendapat

Loading ... Loading ...

Laporan Karya Inovatif
Berita Lainnya
KIND OF YOUNG PAPAYA FOODS (ANEKA CEMILAN DARI PEPAYA MUDA)
KIND OF YOUNG PAPAYA FOODS (ANEKA CEMILAN DARI PEPAYA MUDA)
Who doesn't know papaya? Especially for Indonesians, it seems that no
TEA FROM THE VARIOUS FLOWERS (TEH DARI ANEKA BUNGA)
TEA FROM THE VARIOUS FLOWERS (TEH DARI ANEKA BUNGA)
It turns out that there are various kinds of tea in this world. Not o
ASSORTED LEAF TEAS (ANEKA TEH DAUN)
ASSORTED LEAF TEAS (ANEKA TEH DAUN)
Tea ia one of popular drink in Indonesia and even on the word. Tea is
HEALTHY SPICES TEA,  EASY TO MAKE IT (TEH REMPAH SEHAT, MUDAH MEMBUAT)
HEALTHY SPICES TEA, EASY TO MAKE IT (TEH REMPAH SEHAT, MUDAH MEMBUAT)
Nowday, drink tea is viral for a life style. Spices tea is served on
SONIAN ARTIS DAN GURU
SONIAN ARTIS DAN GURU
SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin

Temukan Kami di Facebook

Pencarian

       

.

Galeri Foto
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
20150203_121026-1.jpg
20150203_121051-1.jpg
IMG_39759949695819.jpeg
20131120_110407-1.jpg
20131120_110424-1.jpg
20131219_140230.jpg
Cerita Bergambar
Kalender
Juni 2021
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3
Channel Youtube
Jntuk.net kumpulan situs judi slot online terpercaya 2020 & 2021 ABLBET merupakan situs judi game slot terbaik uang asli slot 888 bet atau daftar agen slot terbaru dan terbesar bahkan sudah menjadi dewa slot 88 link alternatif resmi & telah mendapatkan izin royal slot 888 dari PAGCOR dan Cagayan Leisure. judi slot situs slot game slot ligatempo link slot