Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 379908Total Pengunjung:
  • 142Hari ini:
  • 91Kemarin:
  • 1Online:
Panel Login
Komentar Terkini

    Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

    Catatan 4 Studi Banding Internasional:  Perdana Putra, Istana Perdana Menteri Malaysia

    A. Pengantar

    Hari pertama agenda ke 2 di Malaysia, tepatnya Rabu 16 September 2015 usai sholat Dzuhur di Mesjid Putra Putrajaya, penulis menggunakan waktu yang ada  untuk melihat-lihat lokasi dan mengambil dokumentasi foto sekitarnya, termasuk mendokumentasikan foto di depan Gedung Perdana Putra ( Istana Perdana Menteri Malaysia). Untuk  kegiatan ini penulis bersama rombongan Studi  Banding Internasional Siswa Berpresrasi Kabupaten Tanah Datar  benar-benar  harus cerdas mempergunakan waktu yang singkat ini, agar semua moment pada tempat-tempat penting dapat terkunjungi dan terdokumentasi dengan benar dan lengkap, Sebab kegiatan ini bukan hanya sekedar jalan-jalan belaka, tetapi harus ada ilmu yang dibawa pulang, dan juga harus  membuat laporan.  Dan jujur saja, penulis paling tidak suka kalau membuat laporan asal jadi, untuk itu  agar hal tersebut tidak terjadi maka penulis harus lebih superaktif  dalam melakukan pengamatan tentang lingkungan yang penulis kunjungi, sehingga diperoleh data sesuai fakta di lapangan. Termasuk tentang  sesi foto di depan Istana Perdana Menteri Malaysia ini.

    Dokumentasi Foto Penulis di Putra Square dengan Latar Gedung Perdana Putra (Istana Perdana Menteri Malaysia)

    Dokumentasi Foto Penulis di Putra Square dengan Latar Gedung Perdana Putra (Istana Perdana Menteri Malaysia)

    B. Perdana Putra, salah satu Istana Cantik di Putrajaya

    Putrajaya adalah sebuah kota baru yang menggantikan posisi Kuala Lumpur sebagai  pusat administrasi pemerintah Malaysia. Ternyata Putrajaya selain sebagai pusat pemerintahan, kota ini mulai dilirik pelancong karena memiliki gedung-gedung pemerintahan yang memukau mata. Putrajaya menarik dikunjungi karena arsitektur perkantorannya yang menakjubkan. Arsitektur bangunan-bangunannya dipengaruhi oleh budaya Islam, Melayu dan Eropa. Bangunan-bangunan megah menghiasi kota baru ini yang dibangun di areal seluas 49 km2.  Sebagai pusat administrasi pemerintahan Malaysia, Putrajaya didominasi oleh gedung-gedung pemerintahan. Tampaknya pemerintah kerajaan Malaysia, benar benar merelokasi perkantoran pemerintah untuk kenyamanan, baik kantor perdana menteri maupun kantor berbagai kementerian/departeman. Semua gedung pemerintahan tersebut didesain dengan unik dan menarik, sebagian besar bergaya modern dan futuristik. Dua gedung yang paling menarik adalah Putra Perdana (Istana Perdana Menteri Malaysia) dan Istana Kehakiman (Palace of Justice).

     
    C. Lokasi

    Perdana Putra adalah nama Kantor Perdana Menteri Negara Malaysia. Gedung Perdana Putra ini  terletak di Putrajaya, tepatnya di  presint 1 (Presint = Wilayah), dan gedung ini letaknya sekompleks dengan Dataran Putra (Putra Square) dan  Putra Mosque (Mesjid Putra).

    Dokumentasi Foto Gedung Perdana Putra (Berkubah hijau) bersebelahan dengan Mesjid Putra (Berkubah Pink), serta Putra Square berada di depan kedua bangunan tersebut

    Dokumentasi Foto Gedung Perdana Putra (Berkubah hijau) bersebelahan dengan Mesjid Putra (Berkubah Pink), serta Putra Square berada di depan kedua bangunan tersebut

     
    D. Arsitektur

    Gedung Perdana Putra dibangun di sebuah bukit dengan desain sangat unik, mirip masjid.  Perdana Putra yang berwarna dominan coklat dan hijau ini mulai dibangun pada tahun 1997 dan selesai pada tahun 1999 dengan arsitek Ahmad Rozi Abdul Wahab dari Qidean Architect. Arsitektur bangunan ini bergaya Islami (Moor) dengan tiga buah kubah berwarna hijau serta dinding berwarna coklat, sekilas orang mengira gedung Perdana Putra ini adalah bangunan mesjid. Namun,  hal tersebut justru berbeda dengan pandangan penulis.  Pertama kali  melihat gedung ini justru penulis mengira  bangunan cantik ini adalah Istana Raja Malaysia, eh….ternyata bukan. Sebab, memang bangunan ini seperti Istana Raja saja layaknya.

     
    E. Tertutup untuk Umum

    Agenda  kami untuk Istana Perdana Menteri Malaysia  hanya  “Berfoto di depan Istana Perdana Menteri Malaysia”, dan memang hal ini sesuai dengan yang tertulis dalam Buku Panduan Studi Banding Internasional Siswa Berprestasi dan Pembimbing Kabupaten Tanah Datar Tahun 2015. . Dulu, sewaktu penulis membaca buku panduan tersebut heran juga, kok cuma berfoto di depan Istana? Kenapa tidak masuk dan melihat-lihat isi Istana? Ah,…mungkin salah tulis barangkali, pikir penulis.  Nah, pas sampai di tempat tujuan, baru penulis mengerti, ternyata gedung yang indah ‘bak’ Istana  ini memang  tertutup untuk umum.  Jadi, pengunjung hanya bisa mengagumi dan memotret kemegahan banguanan ini dari luar pagar. Pagar besi menjadi pembatas antara gedung dengan area yang bisa dipijak wisatawan. Namun, penulis juga bisa memahami, memang wajar saja dan  memang sudah seharusnya gedung ini tertutup untuk umum. Sebab bila tidak, tentu gedung ini  lebih ramai untuk sesi foto dibanding untuk urusan  negara. Tentunya petugasnya akan kerepotan  dengan pengunjungnya, apalagi terhadap para pengunjung yang hobbynya fotografer atau yang lebih parahnya buat yang suka “Selfi”.  Wah…tak terbayangkan bila itu terjadi, apalagi sekarang memang eranya “Selfi-selfian”.

    Dokumentasi Foto Perdana Putra (Istana Perdana Menteri Malaysia) berpagar besi sebagai pembatas antara gedung dengan area pengunjung.

    Dokumentasi Foto Perdana Putra (Istana Perdana Menteri Malaysia) berpagar besi sebagai pembatas antara gedung dengan area pengunjung.

    C. Penutup

    Putrajaya adalah sebuah kota pusat pemerintahan Malaysia yang ramai dikunjungi turis. Salah satu penyebabnya adalah  karena kota ini memiliki bangungan perkantoran yang arsitekturnya menakjubkan bagi setiap mata yang memandangnya. Dua gedung yang paling menarik adalah Perdana Putra (Kantor Perdana Menteri Malaysia) dan Istana Kehakiman (Palace of Justice).  Perdana Putra memang megah, menarik, dan unik, tapi sayang tertutup untuk umum. Dan lebih sayang sekali untuk Istana Kehakiman, karena penulis dan rombongan tidak ada ruote untuk ke sini. Padahal dari informasi guide  gedung ini juga indah dan menarik. Katanya  Kubahnya yang berwarna emas mirip dengan Taj Mahal di India. Saking indahnya gedung ini membuatnya jadi objek foto favorit para fotografer, dan apalagi tempat ini justru  terbuka untuk umum. Wah…sayang seribu sayang, kenapa nggak ke sini ya?  Tapi  tak apalah, semoga suatu saat penulis bisa berkunjung ke gedung ini.

     
    Sumber

    Tersedia “Gedung Gedung Secantik  Istana di Putrajaya” http://m.detik.com/travel/read/2012/09/24/ Diakses Senin 28 September 2015 Jam 12.04.

    Tersedia “Gowes Di Putrajaya”  http://hananan.com/2013/10/05/ Diakses Senin 28 September 2015 Jam 12.00

    Tersedia “Putrajaya Ibu Kota Malaysia” http://edyraguapo.blogspot.co.id/2012/04/Diakses Senin 28 September 2015 Jam 09.19

    Tersedia “Putrajaya Pusat Pemerintahan Malaysia yang Mempesona” http://www.kompasiana.com/Diakses Senin 28 September 2015 Jam 10.40

    FacebookTwitterGoogle+Share

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Tulisan Terkini
    Buku Pegangan Siswa
    Diktat Ekonomi SMA/MA

    Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

    Lihat Hasil Jajak Pendapat

    Loading ... Loading ...

    Laporan Karya Inovatif
    Berita Lainnya
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
    SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU SONIAN PERAHU DAN AKU Kembara lautan Ta

    Temukan Kami di Facebook

    Pencarian

           

    .

    Galeri Foto
    Klik Slideshow di bawah untuk
    melihat Galeri Foto secara lengkap
    20150203_121026-1.jpg
    20150203_121051-1.jpg
    IMG_39759949695819.jpeg
    20131120_110407-1.jpg
    20131120_110424-1.jpg
    20131219_140230.jpg
    Cerita Bergambar
    Kalender
    Maret 2021
    S M T W T F S
    28 1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 29 30 31 1 2 3
    Buku Tamu