Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 380569Total Pengunjung:
  • 66Hari ini:
  • 146Kemarin:
  • 2Online:
Panel Login
Komentar Terkini

    Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

    Catatan 19 Studi Banding Internasional: Yuk Berkunjung Ke Gardens  By The Bay Singapore

    A. Pengantar

    Satu proyek pertamanan terbesar di Singapura yang  sangat terkenal adalah ‘Gardens By The Bay’. DIkenal juga sebagai taman selatan Marina, taman yang satu ini benar-benar akan memukau semua orang yang datang berkunjung ketika proyeknya selesai. Gardens by The Bay merupakan salah satu tempat wisata outdoor yang termasuk relatif masih baru dibanding tempat lain di Singapore.

    Dokumentasi Foto di Bay South of Gardens by the Bay Singapore

    Dokumentasi Foto di Bay South of Gardens by the Bay Singapore

    Kali ini kami rombongan Studi Banding Internasional Siswa Berprestasi dan Pembimbing Kabupaten Tanah Datar 2015 berkesempatan untuk mengunjungi  “SGardens By The Bay Singapore”. ini, yaitu tepatnya pada hari Sabtu 19 September 2015. Dan kegiatan ini merupakan agenda  ketiga setelah agenda  pertama ke “Science Centre Singapore” dan agendq kedua ke “Meelion  Park Singapore” kami di Kota Singa ini. Ingin tahu apa yang kami saksikan di lokadi ini, yuk ikuti cerita di bawah ini!

     

    B. Lokasi

    Lokasinya hanya berjarak 5 menit dari pusat kota Singapura, tepatnya berlokasi di tepian Marina Bay . Untuk lebih jelas lokasi Gardens By The Bay ini dapat dilihat pada peta di bawah ini.

    GardenbyTheBayMap600px_zps4ccdc422

     

    C. Tujuan

    Tempat ini menempati lahan reklamasi seluas kurang lebih 101 ha sebagai bagian dari strategi pemerintah Singapore dalam mentransformasikan Singapore dari “Garden City” menjadi “City in a Garden”. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup warganya dengan memperluas area lahan hijau dan keragaman hayati di dalam kota.

     

    D. Arsitektur

    Arsitekturnya luar biasa rumit, membutuhkan perhitungan tinggi, namun memiliki segi artistik yang mengagumkan. Master plan Gardens by The Bay didesain berdasarkan pemenang kompetisi internasional yang diikuti lebih dari 170 perusahaan arsitek dari 24 negara. Salah satu desain monumental yang terkenal dari lokasi ini adalah “Supertrees Grove” yaitu struktur bangunan mirip pohon besar yang menjulang dengan ketinggian antara 25 sd 50 meter. Uniknya, sepanjang “batang” pohon besar tersebut ditumbuhi berbagai macam tanaman pakis, anggrek, dan jenis lain dari tumbuhan yang tumbuhnya secara merambat. Oleh sebab itu, proyek ini telah beberapa kali memenangkan penghargaan. Misalnya adalah Grant Associates yang diraih 3 tahun yang lalu. Arsiteknya saja mendapatkan penghargaan Wilkinson Eyre dan teknik strukturnya adalah Atelier 10.

     

    E. Ada Apa di Gardens by the Bay?

    Taman ini akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu Bay South dan Bay East.
    Disini pengunjung akan menemukan Supertrees dengan ketinggian 16 lantai. Pohon super ini akan menjulang ke angkasa hingga 16 lantai, dan bisa membawa Anda melihat keseluruhan kota. Pohon yang akan disebut sebagai pohon solar ini bisa mengumpulkan air hujan dan mengumpulkan energi solar. Semantara di bagian timur, pengunjung akan disuguhkan pemandangan hutan tropis, taman bunga, lokasi berjalan-jalan, hingga lokasi piknik dengan pemandangan perairan teluk Marina yang sangat indah. Area bagian timur ini bisa digunakan sebagai tempat melepas lelah, bermain bersama keluarga, atau bahkan melakukan aktivitas olahraga seperti jogging dan bersepeda.

    Sayangnya saat kunjungan ke lokasi ini, karena sudah letih dengan agenda tour baik sewaktu di Malaysia dan kemudian dilanjutkan di Si gapura, sehingga penulis dan rombongan hanya menyambangi pada lokasi Bay South, dan itupun penulis hanya melihat di bagian luar saja. Bagi siswa-siswi yang masih kuat, maka mereka menggunakan kesempatan untuk melihat dan masuk ke Gardens by the Bay bagian Bay South.

    By South of  Gardens By The Bay

    By South of Gardens By The Bay

    Untuk masuk ke Gardens by The Bay ini tidak dikenakan karcis masuk alias free, namun jika Anda ingin memasuki arena atau wahana khusus seperti OCBC Skyway atau Cooled Conservatories barulah Anda akan dikenakan biaya masuk. Biaya masuk (admission fees) ke OCBC Skyway (hanya bisa menerima pembayaran di tempat atau cash payment), sedangkan biaya masuk Cooled Conservaories sekaligus dapat dipesan secara online.  Secara umum terdapat 11 (sebelas) wahana atraksi yang bisa dinikmati pengunjung di sana yaitu Bay East Garden, Cloud Forest (berbayar), Dragonfly & Kingfisher Lakes, Far East Organization Children’s, Garden, Flower Dome (berbayar), Heritage Gardens, OCBC Skyway (berbayar), Sun Pavilion, Supertree Grove, dan World of Plants.

     
    F. Cara untuk sampai ke Gardens by the Bay

    Untuk menuju ke Gardens by The Bay gunakan saja MRT dan turun di CE1/DT16 Bayfront MRT Station lalu keluar ke Exit B dan susuri sepanjang jalan penghubung bawah tanah. Keluar dan lintasi Dragonfly Bridge dan sampailah di Gardens by The Bay. Jam buka tempat ini (outdoor gardens) dimulai pukul 05.00 am sehingga sangat cocok dijadikan tempat pertama yang Anda kunjungi jika Anda sampai di Singapore terlalu awal.

     
    G. Penutup

    Bila A da berjunjung di Singapura, maka jangan lupa untuk sempatkan diri menyaksikan tempat wisata yang sangat terkenal , yaotu Gardens By The Bay’. Taman yang dikenal juga dengan  nama Taman selatan Marina,ini taman yang satu ini benar akan memukau semua orang yang datang berkunjung karena arsitektur tamannya yang megah dan indah. Jadi, sangat rugilah bila Anda ke Singapura  bila tak ke lokasi ini.

     
    Referensi

    Tersedia “Gardens by the bay” http://www.wisatasingapura.web.id/2014/04/29/Diakses Selasa 5 Januari 2016 Jam 19.50

    Tersedia”Gardens by thw bay Singapore” http://fajarnindyo.blog.com/2015/01/Diakses Selasa 5 Januari 2016 Jam 20.14

    FacebookTwitterGoogle+Share

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Tulisan Terkini
    Buku Pegangan Siswa
    Diktat Ekonomi SMA/MA

    Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

    Lihat Hasil Jajak Pendapat

    Loading ... Loading ...

    Laporan Karya Inovatif
    Berita Lainnya
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
    SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU SONIAN PERAHU DAN AKU Kembara lautan Ta

    Temukan Kami di Facebook

    Pencarian

           

    .

    Galeri Foto
    Klik Slideshow di bawah untuk
    melihat Galeri Foto secara lengkap
    20150203_121026-1.jpg
    20150203_121051-1.jpg
    IMG_39759949695819.jpeg
    20131120_110407-1.jpg
    20131120_110424-1.jpg
    20131219_140230.jpg
    Cerita Bergambar
    Kalender
    Maret 2021
    S M T W T F S
    28 1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 29 30 31 1 2 3
    Buku Tamu