Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 409791Total Pengunjung:
  • 122Hari ini:
  • 115Kemarin:
  • 0Online:
Buku Tamu
Panel Login

Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

Catatan 14 Studi Banding Internasional:  Yuk ke “Beryl’s   Chocolate Kingdom”  Kuala Lumpur  Malaysia

A. Pengantar

Beryl’s adalah salah satu cokelat yang populer di Malaysia. Banyak turis yang membeli Beryl’s untuk dijadikan oleh-oleh. Nah, kebetulan rombongan kami, yaitu rombongan studi banding internasional siswa berprestasi dan pembimbing Kabupaten Tanah Datar 2015 berkesempatan untuk mengunjungi “Beryl’s Chocolate Kingdom” tempat di mana beragam rasa dan kemasan coklat dijual dan diproduksi. Dan tak salah tempat ini di sebut  “Chocolate Kingdom” (kerajaan coklat”). Agenda ke “Beryl’s Chocolate Kingdom”  ini merupakan agenda ke 3 hari ke 3 di  Malaysia, yaitu tepatnya Jumat 18 September 2015

Dokumentasi Foto di Pintu Gerbang "Beryl's   Chocolate Kingdom"  Kuala Lumpur Malaysia

Dokumentasi Foto di Pintu Gerbang “Beryl’s   Chocolate Kingdom” Kuala Lumpur Malaysia

 
Penulis sebenarnya bukan termasuk golongan penggemar coklat . Begitu banyak ragam coklat  yang dijual di Indonesia, cuma satu yang penulis suka yaitu coklat yang banyak biji  almondnya, itupun tak semua  coklat yang pakai almond  yang penulis suka (maksudnya tertentu pula merknya, eh…..tapi jangan salah bukan karena merknya yang penulis suka, tapi karena memang rasanya pas banget di lidah penulis). Namun, saat ke “Baeryl’s  Chocolate Kingdom” ini….ternyata coklatnya…..hmm yummy. Nah, bagi yang suka coklat tak ada salahnya untuk mengenal “Beryl’s Chocolate Kingdom”  lewat tulisan ini, sebab mana tahu  suatu  waktu Anda berkesempatan ke  lokasi ini dan Anda sudah memiliki  referensi, kira-kira coklat yang mana yang akan menjadi pilihan favorit.. Hmm…semoga ya!

 
B, Beryl’s Chocolate Kingdom

Tidak banyak informasi yang dapat penulis ceritakan, sebab selain tidak diperbolehkan mengambil dokumentasi foto dalam ruangan (catatan: beruntung penulis sempat mendokumentasikan foto di gerbang “Beryl’s Chocolate Kingdom”),  juga keterangan tentang proses produksi coklat hanya lewat penjelasan dari staf tanpa adanya demo dan melihat langsung, sehingga tak bersemangat mendengarkannya. Tapi, meskipun begitu di bawah ini ada sedikit cerita yang mungkin bisa menggambarkan tentang Beryls Chocilate Kingdom ini.

 
1. Alamat dan Jam Operasi

“Beryl’s   Chocolate Kingdom” beralamat di  38, Jalan Utara, Off Jalan Imbi, 55100 Kuala Lumpur, Malaysia
Tel: 603-21458211Fax: 603-21459211
Email: lausanne@berylschocolate.com
Website: www.berylschocolate.com.my

Jam Operasi: Senin – Minggu 09:00-06:00

 

2. Luas dan Tipe Bangunan dan Peralatan

Luas bangunannya sekitar 150 meter persegi. Kalau dilihat dari bangunannya, outlet Beryl’s ini menempati bangunan tempo doeloe.. Jendela dan pintunya  besar-besar, juga lantainya  sama seperti bangunan jaman kolonial Belanda. Kalau  kata Yasminahasni (http://yasminahasni.com/ ) desain luar Beryl’s, warna dan gayanya mengingatkan pada film Charlie and the chocolate factory.  

Di tembok bagian depan ruangan ini juga ada  keterangan mengenai coklat.  Berbagai poster terpampang di ruang tamunya, dari poster tentang pabrik Beryl’s, hingga sejarah keberadaan coklat dan Negara-negara  penikmat coklat terbanyak.  Cuma sayangnya tidak diperbolehkan mengambil foto, dan mau mencatat keterangan tersebut penulis sudah capek. Begitu memasuki outletnya pengunjung langsung disuguhi beberapa peralatan pembuatan coklat mulai dari biji kakao hingga menjadi beberapa olahan coklat.

3.  Proses Pembuatan Coklat

Setelah seluruh anggota rombongan berkumpul, seorang staf menjelaskan cara pabrik coklat, yang telah berdiri sejak 1995, itu mengolah tanaman kakao hingga menjelma menjadi camilan nikmat. Menurutnya, ada enam langkah dalam pengolahan coklat modern. Pertama adalah proses pencampuran biji coklat yang telah dihancurkan dengan berbagai bahan baku seperti gula, sari kedelai, susu bubuk, dan vanilla, dengan mesin khusus. Campuran ini kemudian diaduk rata agar mencacah bahan-bahan tersebut hingga menjadi partikel berukuran 30 mikron. Kemudian, hasilnya dimasukkan ke dalam oven bersuhu sekitar 80 derajat celcius selama beberapa jam dengan tujuan mengurangi rasa pahit khas coklat dan menciptakan tekstur coklat yang lembut.  Setelahnya, proses pemanasan terus dilanjutkan untuk mendapatkan cairan coklat yang mengkilat. Cairan coklat panas tersebut, kemudian dialirkan ke dalam semacam mangkuk yang bergetar untuk menghindari kemungkinan gelembung udara yang muncul usai dipanaskan. Sebab, keberadaan gelembung tersebut akan merusak bentuk coklat dalam proses selanjutnya, yakni pendinginan. Proses terakhir, tentu saja, mencetak coklat ke dalam berbagai bentuk yang diinginkan dan dipak.

Selain itu juga dijelaskan tentang biji coklat yang terbaik bernama Criollo, Forastero and Trinitario. Meski, kebanyakan dari para petani coklat memilih Trinitario karena aromanya yang nikmat.  Tapi jenis biji coklat itu tak menjadi patokan tipe olahan coklat, sebab coklat yang satu dan lainnya menjadi berbeda karena komposisi perisanya.

Sayangnya, tak semua orang bersemangat mendengarkan penjelasan tanpa demo nyata itu. Dan sejujurnya penulis agak ke cewa dengan kunjungan ke sini, sebab menurut penulis ini sich…toko coklat bukan pabrik coklat. Sebab, menurut bayangan penulis dan sesuai dengan agenda perjalanan yang penulis baca adalah berkunjung ke Pabrik coklat, sehingga kami bisa mengetahui bagaimana proses pembuatan coklat tersebut secara langsung, bukan hanya dari penjelasan mulut saja. Kalau, cuma beli coklat mah di Indoneaia juga banyak. Namun, belakangan baru penulis tahu  bahwa pabrik coklatnya tidak jauh dari lokasi ini, dan katanya tidak memungkinkan untuk membawa rombongan kami ke sana. Mungkin karena memang terlalu banyak pengunjung, atau karena memang tidak diperbolehkan ke  sana, atau  rombongan kami  memang tidak secara khusus  meminta kunjungan pabrik, atau  karena hal yang lain-lain, ….entahlah.

 

4. Jenis Coklat yang dijual  bervariasi, rasanya unik, lezat,  tapi harganya mahal

Coklat yang dijual di Beryl’s cocok banget buat dijadikan oleh-oleh. Selain karena coklatnya emang enak, kemasannya pun cantik. Yah, walaupun harganya lumayan mahal buat kantong penulis, tapi tak apalah karena konon katanya coklat disini emang terkenal paling enak.

Ada banyak varian rasa coklat yang dijual di “Beryl’s   Chocolate Kingdom”, yaitu:
 
a, Chili  Chocolate

Nah, menurut penulis  Chili Chocolate ini  yaling unik. Mengapa? Ya tentu saja  coklat  rasa cabe unik.  Penulis cukup terkejut ketika mencoba testernya, kok bisa yah coklat rasanya pedas begitu, unik juga tapi  sepertinya belum tentu orang-orang dirumah , saudara/tetangga di kampung, teman-teman  di sekolah  suka dengan coklat tersebut, jadi penulis cukup  tahu saja  bagaimana rasanya dan tidak membeli coklat dengan rasa cabe tersebut.

 

b. Coklat Tiramisu,

Kalau di Beryl’s ini yang paling laku coklat Tiramisu. Selain harganya lumayan miring (ini juga harganya RM 47 ) isinya juga banyak. Sekitar 75 biji. Mana kalau beli 5 gratis 1 pula!

 

c. Coklat dengan rasa buah-buahan tropis

Beragam coklat rasa buaha-buahan tersedia di sini, seperti  coklat rasa mangga,  coklat rasa melon, coklat rasa apel hijau , dan coklat rasa durian. Dan ternyata coklat rasa durian adalah jenis-jenis coklat yang paling laku diserbu para pengunjung.

 

d. Dark chocolate

Dark chocolate adalah  coklat dengan  kadar gula  rendah dan coklat ini baik untuk kesehatan. Dark Chocolate ini rasanya pahit dan hanya digunakan untuk dimasak kemudian dicampur bahan lainnya untuk membuat kue atau biskuit, bukan dimakan langsung.

e. Coklat rasa ginseng yang beraroma seperti jamu.
f, Coklat rasa susu
g. Coklar rada kopi
f, Coklat isi almond 
g. Coklat teh  hijau
h. Coklat  Yoghurt

 

5.Boleh  “Icip-icip” Coklatnya

Hal yang penulis sukai dari kerajaan coklat ini, semua pengunjung berhak mencoba setiap jenis coklat yang diinginkan dan para staf nya pun wajib memberikan penjelasan mengenai jenis coklat yang terbaik untuk dimakan hingga cara terbaik menikmati coklat.

 

6. Cara Terbaik Menikmati Coklat

Penjelasan tentang cara menikmati coklat ini dijelaskan oleh ataf yang lain. Dimana dijelaskannya bahwa Cara terbaik menikmati coklat adalah dengan menghindari makanan yang pahit atau terlalu manis sebelum mengunyah coklat. Sebab itu akan merusak rasa original coklatnya, Jadi, sebaiknya sebelum menikmati coklat, minumlah air mineral untuk menetralkan berbagai rasa yang sudah terlanjur menempel di lidah. Biarkan coklat meleleh perlahan di dalam mulut untuk memaksimalkan rasanya.

 

7. Beraneka Kemasan

Selain rasa, perusahaan yang pabriknya berada di Kawasan Perindustrian Seri Kembangan , Selangor Darul Ehsan, Malaysia ini pun menawarkan coklat dalam berbagai bentuk dan kemasan yang disesuaikan dengan kebutuhan serta usia. Ada coklat dalam kotak yang dipeluk sebuah boneka beruang, ada juga coklat warna warni yang jadi kegemaran anak kecil . Selain itu, masih ada coklat bentuk ikan, bola dan beruang.

 

8. Boleh Belanja Pakai Rupiah

Belanja coklat disini  bisa dibayar pakai Rupiah.  Buat yang kehabisan Ringgit ataupun yang tidak membawa kartu kredit  tidak perlu khawatir tidak bisa memborong coklat. Bayar saja  pakai Rupiah. Meski begitu, penulis tidak menyarankan untuk membayar mengunakan mata uang kita Rupiah ataupun kartu kredit. Kursnya kurang bersahabat. Selisihnya lumayan

 

9. Pengunjung

Saat penulis berkunjung ke Beryl’s Cholate Kingdom ini pengunjungnya padat sekali, terlihat banyak rombongan wisatawan yang datang selain rombongan kami. Sama pula halnya dengan kami, maka rombongan wisatawan lainnnya juga  ber bis bis datang, dan kedatangan  wisatawan tak kunjung henti, terlihat  tukang  parkir sibuk mengatur bis-bis yang datang.  Kalau dilihat perfoman wajah  wisatawan yang datang  seperti wajah kebanyakan  orang timur (seperti Cina). Ternyata benar  dugaan penulis, karena mnurut staf, pada umumnya pengunjung yang datang ke lokasi ini mereka berasal dari Cina, Jepang, Hong Kong, Taiwan, dan tentu saja gerombolan pecinta belanja dari Indonesia. Tak heran, sebab Beryl’s memang menawarkan olahan produk coklat yang terlampau variatif.

 

C. Penutup

Bila Anda penggemar fanatik coklat, nah….jangan lupa untuk singgah ke “Beryl’s   Chocolate Kingdom”, karena beragam rasa dan kemasan coklat ditawarkan di sini, Begitu juga bagi yang tadi katanya  tak begitu suka coklat, bisa berubah pendapatnya tentang coklat.  Sebab, coklat di “Beryl’s   Chocolate Kingdom” ini  menawarkan rasa yang unik……….hmm yummy.

 

Sumber

Tersedia ” Lets Beat Beryls Chocolate Kingdom Indonesia” http://yasminahasni.com/2010/05/17/Sabtu 24 Oktober 2015 Jam 06.10

FacebookTwitterGoogle+Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tulisan Terkini
Buku Pegangan Siswa
Diktat Ekonomi SMA/MA

Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

Lihat Hasil Jajak Pendapat

Loading ... Loading ...

Laporan Karya Inovatif
Berita Lainnya
LITERASI "MENGENAL RUMAH ADAT NAGARI BALIMBING (9): RUMAH BENDANG DT.
Rumah Adat Dt.Guguak Simabua Balimbing
Rumah Adat Dt.Guguak Simabua Balimbing
Rumah Adat Dt.Guguak Simabua Balimbing Rumah Adat Suku Simabua Gug
Rumah Adat Dt.Bagindo Basa Kinawai Nagari Balimbing
Rumah Adat Dt.Bagindo Basa Kinawai Nagari Balimbing
Rumah Adat Dt.Bagindo Basa Kinawai Nagari Balimbing Ini satu lagi
Rumah Adat Dt.Rajo Mangkuto Balimbing
Rumah Adat Dt.Rajo Mangkuto Balimbing
Rumah Adat Dt.Rajo Mangkuto Balimbing Rumah adat adalah bangunan y
Rumah Adat Dt.Cumano Kinawai Nagari Balimbing
Rumah Adat Dt.Cumano Kinawai Nagari Balimbing
Rumah Adat Dt.Cumano Kinawai Nagari Balimbing Sudah pernahkan Anda

Temukan Kami di Facebook

Pencarian

       

.

Galeri Foto
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
20150203_121026-1.jpg
20150203_121051-1.jpg
IMG_39759949695819.jpeg
20131120_110407-1.jpg
20131120_110424-1.jpg
20131219_140230.jpg
Cerita Bergambar
Kalender
September 2021
S M T W T F S
26 27 28 29 30 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 1 2 3 4 5 6
Channel Youtube
Jntuk.net kumpulan situs judi slot online terpercaya 2020 & 2021 ABLBET merupakan situs judi game slot terbaik uang asli slot 888 bet atau daftar agen slot terbaru dan terbesar bahkan sudah menjadi dewa slot 88 link alternatif resmi & telah mendapatkan izin royal slot 888 dari PAGCOR dan Cagayan Leisure. judi slot situs slot game slot ligatempo link slot