Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 379909Total Pengunjung:
  • 143Hari ini:
  • 91Kemarin:
  • 0Online:
Panel Login
Komentar Terkini

    Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

    Catatan 12 Studi Banding Internasional: Berkunjung ke KBRI  Kuala Lumpur Malaysia

    A. Pengantar

    Nah, ini dia salah satu agenda yang sangat penulis tunggu-tunggu saat melakukan kunjungan luar negeri. Apa itu?  Mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI).  Mengapa demikian? Tentu saja, sebab sewaktu masih kecil penulis pernah bercita-cinta menjadi duta besar atau minimal menjadi atase. Hahaha….namanya juga cita-cita anak-anak. Namun, meskipun cuma cita-cita, tetapi hal tersebut masih teringat sampai sekarang. Nah, biarpun cita-cita tersebut tidak kesampaian, tetapi keinginan untuk ke KBRI selalu tetap ada. Alhamdulillah, kegiatan Studi Banding Internasional Siswa Berprestasi dan Pembimbing Kabupaten Tanah Datar  2015 ini  ada agenda kunjungan ke KBRI Kuala Lumpur, agenda ini adalah agenda 1 hari ke 3 di Malaysia, yaitu tepatnya Jumat 18 September 2015. Anda sudah pernah ke KBRI  Kuala lumpur ini? Kalau belum, nah….di bawah ini ada sedikit oleh-oleh, yaitu cerita kunjungan penulis dan rombongan ke KBRI Kuala Lumpur ini.

    Dokumentasi Foto di pintu masuk KBRI Kuala Lumpur Malaysia

    Dokumentasi Foto di pintu masuk KBRI Kuala Lumpur Malaysia

    B. Temu Ramah dengan Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur

    Setiba kami di KBRI Kuala Lumpur ini tak lama menunggu, kami dibawa ke salah satu ruang pertemuan (seperti aula) untuk temu ramah dengan staf KBRI Kuala Lumpur. Mula-mulanya penulis tidak mengetahui dengan staf yang mana kami akan temu ramah, karena setahui penulis cukup banyak staf yang menduduki jabatan di KBRI.

    Dokumentasi Foto beberapa peserta studi banding  di  salah satu ruangan KBRI Kuala Lumpur  saat menunggu acara temu ramah dengan Bapak Prof. Dr. Ari Purbayanto (Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur Malaysia)

    Dokumentasi Foto beberapa peserta studi banding di salah satu ruangan KBRI Kuala Lumpur saat menunggu acara temu ramah dengan Bapak Prof. Dr. Ari Purbayanto (Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur Malaysia)

    Sama halnya sewaktu kami tiba tadi, kami tidak dibiarkan lama menunggu di luar gedung kedutaa, nah demikian juga untuk acara temu ramah ini tak lama juga menunggu acarapun dimulai, dengan susunan acara:

    1. Pembukaan

    2. Kata Sambutan dari Kepala Dinas Kab, Tanah Datar (Bapak Drs. Indra Kesuma, MM.Pd)

    Dimana  kata-kata sambutan yang disampaikan oleh Bapak Drs, Indra Kesuma, M,MPd ini sama halnya dengan penyampaian sebelelumnya pada dua sekolah yang telah kami kunjungi, yaitu beliau menjelaskan tujuan diadakan studi banding internasional ini, jumlah peserta studi banding, sekaligus beliau juga memperkenalkan para peserta studi banding,

     
    3. Kata Sambutan dari Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur (Bapak Prof.Dr.Ir.Ari Purbayanto

    Adapun kata sambutan yang disampaikan oleh Bapak Prof Ari Purbayanto, diantaranya beliau sangat senang dan mendukung dengan adanya kegiatan studi banding internasional ini. Karena menurut beliau siswa itu perlu mandiri, cerdas, berwawasan luas , serta  perlu pengalaman dalam menjalani kehidupan. Hanya siswa-siswa yang telah terlatih mandiri yang bisa bertahan dalam sulit dan kerasnya kehidupan.  Hidup ini tak ada sim silabim, hidup ini penuh  perjuangan, siapa yang telah terlatih berjuang, maka dialah yang akan menjadi pemenang kehidupan.  (Tentang hidup mandiri ini beliau sekalian  menanggapi dan memperkuat kata sambutan  dari Bapak Kepala Dinas Pendidikan Tanah Datar tentang  salah satu tujuan studi banding ini adalah agar siswa mandiri tidak bergantung pada orang tua,).

    Beliau sangat bersemangat memberikan samburan, dan bahkan beliau menceritakan kisah kehidupannya sejak masih kecil, dari seorang desa yang bukan apa-apa, yang kemudian berhasil menjadi profesor dan sampai bertugas sebagai Atase Pendidikan di KBRI Kusla Lumpur ini. Dalam hal ini beluau juga memperkenalkan dirinya, yaitu:

    Nama:  Prof.Dr.Ir.Ari Purbayanto
    Jabatan: Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur
    Telp:  03-21164123

    Dokumentasi Foto saat Bapak Prof. Dr. Ari Purbayanto (Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur) sedang memberikan kata sambutan

    Dokumentasi Foto saat Bapak Prof. Dr. Ari Purbayanto (Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur) sedang memberikan kata sambutan

    Selain itu Bapak Prof Ari Purbayanto juga menjelaskan sedikit tentang KBRI ini, yaitu tentang fungsi dan tugas dari KBRI.  Di mana dinyatakan oleh beluau bahwa KBRI adalah wakil pemerintah di luar negeri. Jika ada orang Indonesia yang  mengalami masalah si suatu negara, maka ia meminta bantuan pada KBRI. Lembaga ini satu-satunya tempat orang Indonesia menggantungkan harapan untuk menyelesaikan masalah mereka.

    Kemudian beliau juga menambahkan tentang apa-apa saja tugas KBRI tersebut, yaitu:

    a.  Bidang tugas KBRI dibagi menjadi dua, yakni administrasi dan operasional. Tugas operasional dibagi menjadi empat Fungsi dan Atase Pertahanan. Keempat Fungsi tersebut adalah Fungsi Politik, Ekonomi, Penerangan dan Sosial Budaya, serta Protokol dan Konsuler.

    b.  Jadi tugas KBRI pada dasarnya untuk melaksanakan dan mewujudkan kepentingan nasional Indonesia di  di Luar Negeri, termasuk memberikan layanan dan perlindungan kepada WNI dan Badan Hukum Indonesia di

    c. Untuk mewujudkan tugas umum itu, KBRI menjalankan tugasnya sesuai misi setiap Kepala Perwakilan. Misi tersebut adalah bagian dari kepentingan nasional Indonesia.

    d.  Selain itu, KBRI juga mempunyai tugas untuk menjaga dan meningkatkan hubungan baik yang telah terjalin dengan negara di mana KBRI tersebut berada.

    Selain menjelaskan tentang fungsi dan tugas KBRI ini, beliau juga menceritakan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh para TKI yang ada di Malaysia ini, dan KBRI berusaha semaksimal memecahkan permasalahan para TKI tersebut, dan bahkan para TKI tersebut ditampung di KBRI ini. Dan bahkan beliau memberikan kesempatan pada kami untuk bisa melihat dan berbincang dengan para TKI tersebut, serta melihat-lihat proses pelayanan di KBRI Kuala Lumpur ini.

     
    4. Tanya Jawab

    Pada kegiatan ini kepada siswa-siswi peserta studi banding diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada Bapak Prof. Ari Purbayanto. Ada 3 siswi yang mengajukan pertanyaan dan pada umumbya mereka bertanya tentang seputar pendidikan, seperti bagaimana prosedur untuk dapat kuliah di di Malaysia dengan beasiswa.  Secara ringkas jawaban diberikan oleh beliu dan untuk kebih terperinci beliau menyarankan rajin-rajinlah membuka situs-situs pendidikan tinggi Malaysia di Goegle, semua dapat dicari informasi secara lengkap,

     
    5. Penutup dan Makan Siang

    Setelah acara tanya jawab selesai, Bapak Prof Ari Purbayanto mohon diri karena ada acara lain yang harus ia hadiri, kemudian sebelum pergi beliau mempersilahkan kami untuk makan siang dan menunjukkan pada suatu tempat di mana telah tersedia nasi kotak yang diperuntukkan unuk rombongan kami.

     
    C. Beberapa Informasi tentang KBRI Kuala Lumpur

    Berikut ini ada beberapa informasi tentang KBRI Kuala Lumpur, yaitu tentang alamat dan staf KBRI Kuala Lumpur. Mana tahu informasi ini berguna bagi yang berurusan dan punya keperluan ke KBRI Kuala Lumpur ini, atau mungkin ada yang punya keinginan untuk menjadi staf KBRI Kuala Lumpur ini, karena cukup banyak juga jabatan pekerjaan di sini,

    1. Alamat   KBRI  Kuala Lumpur

    Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur (KBRI Kuala Lumpur)
    Alamat: No. 233 Jalan Tun Razak, WP Kuala Lumpur 50400, P.O. BOX 10889, Malaysia
    Email : info@kbrikualalumpur.org
    Website: www.kbrikualalumpur.org

    2. Staf  KBRI Kuala Lumpur

    Ada cukup banyak Jabatan-jabatan pekerjaan yang terdapat di KBRI Kuala Lumpur ini. Berikut ini akan penulis sebutkan nama masing-masing jabatan dan nama staf/ orang-orang yang menduduki posisi tersebut saat penulis melakukan kunjungan ke KBRI Kuala Lumpur ini
    1) Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh  (Herman Prayitno)
    2) Wakil Kepala Perwakilan Minister (Hermono)
    3) Minister Counsellor Politik (Freddy Panggabean)
    4. Minister Counsellor  Pensosbud (Trigustono Supriyanto)
    5. Minister Counsellor Ekonomi(Krishna K. U. Hanan)
    6. Counsellor Konsuler (Dino Nurwahyudin)
    7. Atase Pertahanan Darat (Yudhy Chandra)
    8. Atase Laut (Kol. Oka Wirayudha)
    9. Atase Udara (Kol. Bustan Jufri)
    10. Atase Imigrasi (Dwi Widodo)
    11. Atase POLRI (Kombes. Pol. Aby Nursetyanto)
    12. Atase Riset (Dudi Herpramadi)
    13.Atase Perhubungan (M. Abduh)
    14. Atase Tenaga Kerja (Mustafa Kamal)
    15. Atase Pendidikan (Prof.Dr.Ir.Ari Purbayanto)
    16. Atase Perdagangan (Fajarini Puntodewi)
    17. Counsellor  Konsuler (Kartika Prawati R. S.)
    18. Sekretaris I Konsuler (Victorina Hesti D)
    19. Sekretaris I  Konsuler (Judha Nugraha)
    20. Sekretaris II Tituler (Fajar Sulaeman)
    21. Sekretaris II Konsuler (Alia Fitrati)
    22. Sekretaris III Politik (Ali Murtado)
    23. Sekretaris III Pensosbud (Indri Yanuarti)
    24. Sekretaris III  Konsuler (Indriati Kusumawardhani)
    25. Atase Tituler Komunikasi (Boby Aryo Wibowo)
    26. Pbu At Pertahanan (Mayor Chb Sandy M.Prakasa)
    27. Pbu Atase Imigrasi BPKRT (Idul Adheman)
    28. Bendahara (Enita Roseana)

     
    D. Penutup

    Demikian kunjungan singkat dan sedikit oleh-oleh cerita hasil kunjungan ke KBRI Kuala Lumpur ini, semoga dapat bermanfaat bagi yang membaca tulisan ini. Kunjungan kami memang tak bisa lama-lama ke tempat ini, selain dibatasi waktu karena mau pada sholat jumat juga masih ada 5 agenda lain untuk hari ini yang akan dikunjungi (menara kembar, Chocolate Kingdom, Istana Negara, Pabrik Jam, Batu Chavet). Jadi, tak apalah biar singkat  yang penting penulis sudah pernah ke KBRI Kuala Lumpur.

     
    Sumber
     
    Tersedia ” Alamat KBRI  dabpn Konjen di Malaysia” http://www.pks-malaysia.org/info-kbri/ Diakses Senin 19 Oktober 2015 Jam 05.38

    Tersedia ”  Staff KBRI Kuala Lumpur” http://www.kbrikualalumpur.org/ Diakses Senin 19 Oktober 2015 Jam 05.59

    FacebookTwitterGoogle+Share

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Tulisan Terkini
    Buku Pegangan Siswa
    Diktat Ekonomi SMA/MA

    Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

    Lihat Hasil Jajak Pendapat

    Loading ... Loading ...

    Laporan Karya Inovatif
    Berita Lainnya
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
    SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU SONIAN PERAHU DAN AKU Kembara lautan Ta

    Temukan Kami di Facebook

    Pencarian

           

    .

    Galeri Foto
    Klik Slideshow di bawah untuk
    melihat Galeri Foto secara lengkap
    20150203_121026-1.jpg
    20150203_121051-1.jpg
    IMG_39759949695819.jpeg
    20131120_110407-1.jpg
    20131120_110424-1.jpg
    20131219_140230.jpg
    Cerita Bergambar
    Kalender
    Februari 2021
    S M T W T F S
    28 1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 29 30 31 1 2 3
    Buku Tamu