Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 380568Total Pengunjung:
  • 65Hari ini:
  • 146Kemarin:
  • 0Online:
Panel Login
Komentar Terkini

    Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

    Cara Membuat Yoghurt dari Susu UHT

    Yoghurt merupakan salah satu olahan susu yang diproses melalui fermentasi dengan penambahan kultur organisme yang baik.

    Yoghurt

    Yoghurt memiliki rasa manis, asam dan teksturnya sangat lembut saat dimakan. Yoghurt paling pas dinikmati saat siang hari ketika cuaca sedang terik. Selain itu yoghurt bisa dikreasikan menjadi aneka olahan yang segar dan menyehatkan.

    Apakah Anda menyukai yoghurt? Jika ya, lanjutkan kebiasaan makan makanan tersebut. Selain teksturnya yang kental, lembut, dan memiliki rasa asam yang lezat, yoghurt juga memberikan manfaat gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Berikut 10 manfaat kesehatan yang didapat dari mengonsumsi yoghurt, seperti dilansir Times of India, Selasa (4/6/2013):
    1. Menjaga tulang tetap sehat
    Semangkuk yoghurt dapat memberi Anda banyak kalsium dan vitamin D. Kedua komponen ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium yang ada di dalam yoghurt juga membantu menjaga kepadatan dan memperkuat tulang sepanjang hidup Anda. Dengan demikian, konsumsi yoghurt membantu untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

    2. Mudah dicerna
    Orang yang mengalami intoleransi laktosa karena beberapa alergi, dapat dengan aman menikmati dan mendapatkan manfaat dari yoghurt. Sebab, yoghurt lebih mudah dicerna dibandingkan susu. Kultur aktif yang hidup di dalam yoghurt menciptakan laktase, yang akan membantu meningkatkan penyerapan laktosa pada orang yang intoleran.

    3. Mengandung bakteri baik
    Yoghurt memiliki kultur aktif dan hidup. Ini berarti ia memiliki probiotik, yang hidup di saluran pencernaan Anda. Probiotik ini menghilangkan semua mikroorganisme berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus atau organ sistem pencernaan lain. Probiotik juga membantu fungsi kerja sistem pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

    4. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi
    Tak hanya kalsium, yoghurt juga mengandung banyak kalium. Kandungan kalium dalam yoghurt membantu menurunkan tekanan darah.

    5. Baik untuk kesehatan kulit
    Yoghurt membantu Anda untuk memiliki kulit bersih dan mulus. Asam laktat dalam yoghurt bertindak sebagai exfoliator, yang membantu menyingkirkan sel-sel mati. Selain dikonsumsi, Anda juga dapat menggunakan yoghurt sebagai masker agar kulit wajah lebih sehat.

    6. Mengandung berbagai jenis vitamin
    Satu porsi yoghurt dapat memberikan berbagai nutrisi seperti kalium, fosfor, vitamin B5, seng, yodium dan riboflavin. Yoghurt juga kaya akan vitamin B12, yang diperlukan untuk menjaga sel-sel darah merah dan menjaga fungsi kerja sistem saraf.

    7. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Mengonsumsi yoghurt setiap hari dapat membantu menghasilkan kekebalan tubuh lebih tinggi. Probiotik yang ada juga membantu merangsang sel darah putih melawan infeksi dalam aliran darah.

    8. Mengurangi risiko infeksi jamur
    Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi yoghurt dapat mengurangi dan kejadian infeksi akibat jamur dalam vagina.

    9. Meningkatkan kesehatan usus
    Kultur aktif yoghurt membantu meringankan kondisi pencernaan tertentu seperti intoleransi laktosa, konstipasi, diare, kanker usus besar dan penyakit usus.

    10. Membantu menurunkan berat badan
    Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh International Journal of Obesity pada tahun 2005, asupan kalsium melalui yoghurt membantu tubuh menggunakan lemak yang tersimpan. Dengan demikian, hal ini membantu Anda memiliki tubuh yang lebih ramping.

    Saat ini meski yoghurt dapat ditemukan di toko-toko makanan, namun tidak ada salahnya membuat yoghurt sendiri di rumah. Selain tanpa bahan pengawet dan tambahan bahan lainnya, dengan membuat sendiri tentunya lebih hemat dan terjamin. Cara membuatnya sangat mudah dan bahan-bahannya pun tidak banyak. Ingin tahu? Coba ikuti langkah-langkahnya di bawah ini ya!

    Bahan-bahan
    1.Susu Cair UHT Full Cream 1000 ml (kali ini saya menggunakan Susu Cair Kemasan UHT ULTRA MILK)
    2. Bibit Yoghurt 3 sendok makan ( Untuk bibit yogurt kali ini saya menggunakan Yoghurt Merk Biokul).
    Saat membeli bibit yoghurt, lihat dulu masa kadaluarsanya. Kalau sudah expired maka proses pembuatan yoghurt tidak akan berhasil

    Alat-alat:
    1.Panci Perebus Susu
    2.Sendok pengaduk
    3.Toples dengan Tutup
    4.Corong
    5.Plastik plester

    Langkah-langkah
    1.Tuang susu ke dalam panci dan panaskan dengan api kecil sambil diaduk perlahan. Susu dipanaskan dengan api kecil kira-kira sampai 4 menit. Susu tidak boleh dipanaskan sampai mendidih. Artinya sebelum susu mendidih matikan api kompor. Kemudian dinginkan susu hingga mencapai hangat-hangat kuku.

    2. Tambahkan Bibit Yoghurt
    Saat susu dalam keadaan hangat-hangat kuku tersebut, masukkan 3 sendok makan bibit yoghurt ke susu yang ada di dalam panci dan aduk kembali hingga rata.

    3. Pindahkan susu ke dalam toples bertutup
    Gunakan corong plastik (agar susu tidak tumpah/berceceran, sebab bila ada satu tetes saja tercecer di bagian luar toples tersebut, maka saat hasil akhir akan berbau anyir. Setelah susu masuk ke dalam toples, tutup toples rapat-rapat dengan membalut bagian atas toples dengan palstik plester. Tujuannya agar wadah toples yang tertutup rapat akan melancarkan proses fermentasi

    4. Inkubasi
    Inkubasi atau diamkan bakal yoghurt pada suhu ruangan pada tempat yang aman. Maksud aman di mana tempat tersebut tidak membuat bakal yoghurt tersebut terkena goyangan. Bakal Yoghurt di inkubasi selama 24 jam.

    5.Yoghurt siap dikonsumsi

    6.Simpan dikulkas agar yogurt lebih awet. Yoghurt rumahan dapat bertahan hingga 2 minggu.

    Catatan:
    Jika hendak membuat yoghurt lagi, pisahkan beberapa sendok ke dalam cup kecil. Inilah yang kelak akan menjadi starter apabila hendak membuat yoghurt lagi jadi tidak perlu ke supermarket membeli bibit baru. Cup berisi yoghurt tersebut ditutup rapat, tuliskan tanggal pembuatannya lalu masukan kulkas. Disarankan maksimal seminggu supaya tetap terjaga rasa dan sterilitasnya

    FacebookTwitterGoogle+Share

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Tulisan Terkini
    Buku Pegangan Siswa
    Diktat Ekonomi SMA/MA

    Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

    Lihat Hasil Jajak Pendapat

    Loading ... Loading ...

    Laporan Karya Inovatif
    Berita Lainnya
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
    SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU SONIAN PERAHU DAN AKU Kembara lautan Ta

    Temukan Kami di Facebook

    Pencarian

           

    .

    Galeri Foto
    Klik Slideshow di bawah untuk
    melihat Galeri Foto secara lengkap
    20150203_121026-1.jpg
    20150203_121051-1.jpg
    IMG_39759949695819.jpeg
    20131120_110407-1.jpg
    20131120_110424-1.jpg
    20131219_140230.jpg
    Cerita Bergambar
    Kalender
    Februari 2021
    S M T W T F S
    28 1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 29 30 31 1 2 3
    Buku Tamu