Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 392308Total Pengunjung:
  • 19Hari ini:
  • 130Kemarin:
  • 0Online:
Buku Tamu
Panel Login

Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

Bersantai Menikmati Teduh dan Indahnya Pantai Gapang Sabang Pulau Weh

A. Pengantar

Kota Sabang yang berada di Pulau Weh, Aceh, merupakan pintu gerbang bagi keindahan alam nusantara. Di belahan Indonesia paling barat tersebutlah dapat ditemukan pemandangan yang luar biasa dengan nuansa yang masih sangat alami. Penampakan alam di Pulau Weh seolah menjadi sambutan hangat bagi para wisatawan terhadap keindahan surgawi alam Indonesia.  Pulau Weh yang terletak di Provinsi Aceh merupakan Pulau yang letaknya paling barat di Indonesia. Berada di Laut Andaman dan berbatas dengan Teluk Benggala dan Samudra Hindia telah membuat paduan yang luar biasa sehingga membuat pantai-pantai yang berada di pulau ini nampak meakjubkan dan menawarkan keindahan yang luar biasa. Salah satu pantai di Pulau Weh yang ramai dikunjungi wisatawan adalah Pantai Gapang .

Dokumentasi Foto di Pantai Gapang Sabang Pulau Weh  (Kamis, 29 Desember 2016)

Dokumentasi Foto di Pantai Gapang Sabang Pulau Weh (Kamis, 29 Desember 2016)

Para penjelajah dunia (backpackers) juga menjadikan pantai Gapang ini masuk dalam list perjalanan mereka. Dan salah satunya para backpackers (semoga benar-benar tercapai)  tersebebut adalah rombongan kami, yaitu penulis dan rombongan  guru Penjaskes  Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat dan keluarga berkesempatan bertandang ke Pantai Gapang Sabang, tepatnya pada hari Kamis 29 Desember 2016. Kunjungan ke lokasi Pantai Gapang ini adalah agenda keempat yang kami lakukan di Sabang Pulau Weh, setelah sebelumnnya  agenda  pertama ke Taman Sabang Merauke dan agenda kedua ke Tugu Kilometer Nol Indonesia,  agenda ketiga ke Pantai Iboih. Sudah pernahkan para pembaca mendengar Pantai Gapang? Dan apa daya tarik kobjek wisata ini, serta aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di lokasi pantai yang teduh dan indah ini? Ikuti cerita penulis tentang pantai Gapang ini. Oke!

 

B.Lokasi,  Akses , dan Perjalanan Menuju Pantai Gapang

Lokasi Pantai Gapang berada di Desa Iboih Kecamatan Sukakarya kota Sabang, Pulau Weh, Nanggroe Aceh Darussalam. Pantai ini Berada tidak begitu Jauh dari Pantai Iboih, tepatnya  Pantai Gapang  letaknya lebih ke Selatan dari Pantai Iboih. Lokasi Pantai Gapang ini juga stategis, karena banyak lokasi wisatawa menarik yang letaknya tak jauh dari Pantai Gapang ini, seperti Tugu Kilometer Nol, hutan Lindung yang terdapat banyak satwa liar di dalamnya dan Air Terjun Pria Laot.

Peta Lokasi Pantai Gapang Sabang Pulau Weh (Sumber: http://lanskapwisata.blogspot.co.id/2015/10)

Peta Lokasi Pantai Gapang Sabang Pulau Weh (Sumber: http://lanskapwisata.blogspot.co.id/2015/10)

Dan tentunya tidak ada masyarakat disana yang tidak tahu akan lokasi Pantai Gapang ini, kalau dari pusat Sabang berjarak 18 kilometer. Karena jaraknya tidak begitu jauh dan akses untuk menuju ke lokasi pantai tidak terlalu sulit, Pantai Gapang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun manca negara. Apalagi disaat liburan, pantai ini penuh dikunjungi oleh wisatawan. Apalagi pada saat ini informasi tentang objek wisata ini mudah diakses, membuat objek wisata Pantai Gapang sudah mulai dikenal dunia.

Akses menuju Pantai Gapang dimulai dari Pelabuhan Ulee Lheue menuju Pelabuhan Balihan Sabang Pulau Weh bila dengan kapal cepat yang memakan waktu sekitar 45 jam, sedangkan dengan kapal lambat sekitar 2 jam. Kemudian perjalanan dari Pelabuhan Balohan perjalanan  dilanjutkan ke Pantai Gapang.  Akses dan akomodasi menuju Pantai Gapang sudah cukup memadahi sebab wisatawan yang datang berkunjung tak hanya dari dalam negeri, namun juga ada yang dari mancanegara. Dengan menyewa kendaraan yang dapat disewa secara bersamaan dengan wisatawan lain atau menggunakan angkutan umum. Di Pelabuhan Balohan, ada beberapa pilihan angkutan umum yang bisa anda gunakan untuk berkeliling ke tempat-tempat wisata, termasuk rute ke Pantai Gapang. Contohnya taksi, minibus, bentor (becak motor), dan ojek. Jenisnya juga bermacam-macam, ada Sedan, Kijang lgx, dan ada juga L-300.  Untuk taksi, ini bukanlah taksi seperti yang anda bayangkan, taksi disini lebih seperti angkot, atau mobil angkutan umum biasanya, karena angkutan ini juga mengangkut penumpang lain seperti halnya angkot.  Tarif  sewa kendaraan beragam tergantung rute temluh dan jenis kendaraan. Biasanya, jika anda naik taksi dari Pelabuhan Balohan, ongkos normalnya adalah Rp 50.000*) per orangnya.

Bila Anda berangkat  dari Pelabuhan Balohan Sabang  tanpa berhenti dalam perjalanan, maka waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pantai Gapang adalah sekitar 1  jam.  Namun pada umumnya  para wisatawan hampir selalu berhenti dalam perjalanan  sebelum ke Pantai Gapang.  Di mana mereka mampir dulu ke sebuah tempat fenomenal yaitu Tugu Kilometer Nol di Sabang. Karena dari Pelabuhan Balohan ke Pantai Gapang  memang banyak melalui tempat wisata termasuk Tugu fenomenal ini. Nah, demikian juga dengan rombongan kami, di mana setelah singgah di 3 tempat wisata sebelumnya (Taman Sabang-Merauke, Tugu Kilometer Nol, Pantai Iboih), baru melaju ke Pantai Gapang yang teduh dan indah ini

Jadi, untuk menuju Pantai Gapang ini cukup lama juga memakan waktu. Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama di perjalanan, anda tak perlu khawatir karena kondisi jalan yang berbukit naik turun memberikan pemandangan yang indah sehingga membuat anda tidak mudah lelah ataupun mengantuk. Setelah anda sampai di tujuan yaitu Pantai Gapang, bersiaplah untuk terdiam karena keindahannya.

 

C. Asal Nama Pantai Gapang

Nama Pantai Gapang diambil dari nama pohon yang tumbuh di pantai tersebut, yaitu Pohon Gapang. Pohon Gapang adalah pohon yang menjulang tinggi ke atas dan tumbuh di tepi pantai. Maka tak heran bila kemudian masyarakat sekitar menyebutnya Pantai Gapang. Banyaknya Pohon Gapang di tepi pantai memberikan kesan teduh dan sejuk sehingga membuat wisatawan dapat bersantai dengan nyaman di tepi pantai.

Duduk Santai di Bawah Pohon Gapang Nan Teduh Sambil Memandang ke Laut Lepas (Pantai Gapang Sabang Pulau Weh, Kamis 29 Desember 2016)

Duduk Santai di Bawah Pohon Gapang Nan Teduh Sambil Memandang ke Laut Lepas (Pantai Gapang Sabang Pulau Weh, Kamis 29 Desember 2016)


 

D. Aturan di Pantai Gapang

Pantai Gapang buka setiap harinya. Kecuali Hari Jumat buka mulai pukul 14.00 WIB, guna menghormati umat muslim. Memasuki Pantai Gapang yang berada di wilayah administratif Kecamatan Sukakarya pengunjung diharuskan berpakaian sopan atau tidak mengenakan pakaian renang. Kebijakan yang dibuat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sabang merupakan bentuk komitmen pemerintah setempat dalam menerapkan Syariat Islam.

 

E. Pesona Pantai Gapang

Pantai Gapang-Indonesia memiliki keindahan alam yang tidak kalah indahnya dibanding dengan Negara lain, akan tetapi sebagian besar masyarakat Negara Indonesia belum sepenuhnya tahu akan tempat wisata Pantai Gapang ini. Padahal, selain turis-turis yang berasal dari pulau sumatera, banyak juga turis yang berasal dari negara-negara lainnya, seperti Asia dan Eropa. Tapi entah kenapa tidak semua orang tahu tentang keindahan tempat ini. Tentang keindahan Pantai Gapang, ada yang menyebutkan pantai ini lebih menyenangkan di bandingkan tujuan wisata lainnya seperti Phuket di Thailand, Langkawi ataupun Penang.

Pasirnya yang putih, lautnya yang sejernih cermin, dengan ombaknya tenang membayang dalam teduhnya Pantai Gapang. Pantai Gapang ini masih terlihat sangat alami. Pasir putih menghiasi sepanjang bibir pantainya. Selain itu, di atas pasir putihnya terdapat serpihan karang yang menambah kecantikan pantai. Selain itu, air di Pantai Gapang juga jernih, kemudian diteruskan dengan hamparan lautan yang membiru. Langit dan Lautnya seakan lukisan indah yang terpampang di depan mata anda, anda juga akan merasakan angin laut yang sejuk menerpa wajah, serta pohon-pohon yang menari-nari gembira tatkala teriup oleh hembusan angin. Sungguh pembandangan Pantai Gapang yang masih alami tersebut dapat memanjakan mata dan melepas segala penat. Dari sisi manapun kita memandang Pantai Gapang ini, pantai ini memperlihatkan keteduhan dan keindahan pantai, serta pesona lautnya yang berdegradasi Hijau-Biru.

Penampakan Sisi Sebelah Kiri Pantai Gapang Sabang Pulau Weh (Kamis 29 Desember 2016)

Penampakan Sisi Sebelah Kiri Pantai Gapang Sabang Pulau Weh (Kamis 29 Desember 2016)

Penampakan Sisi Sebelah Kanan Pantai Gapang Sabang Pulau Weh (Kamis 29 Desember 2016)

Penampakan Sisi Sebelah Kanan Pantai Gapang Sabang Pulau Weh (Kamis 29 Desember 2016)

Pantai Gapang ini juga memiliki beberapa spot-spot yang amat cocok untuk olahraga snorkeling dan menyelam. Air lautnya yang biru dan jernih membuat anda bisa melihat isi kedalaman laut dengan baik, disekitar area. Tak berlebihan jika pantai ini layak menjadi destinasi ‘wajib’ jika anda ke Sabang. Tak heran pula kalau lantas Pantai Gapang menjadi incaran para pelancong dunia, khususnya turis dari Benua Biru, Eropa.

Pantai Gapang mempunyai ombak yang lebih keras dibandingkan dengan Iboih. Hal tersebut disebabkan karena Pantai Gapang ini langsung berhadapan dengan laut lepas, sedangkan pada pantai Iboih posisinya terhalang oleh Pulau Rubiah. Selain itu, jumlah kapal dari masyarakat yang tertambat di pinggir pantai lebih sedikit dibandingkan dengan pantai Iboih. Hal tersebut menjadikan Pantai Gapang sebagai tempat yang cocok bagi mereka yang ingin belajar berselancar.

Kondisi pantai ini yang tenang dan tidak terlalu berisik merupakan faktor utama yang menyebabkan para backpackers selalu kembali ke pantai ini. Bahkan para fotografer dunia juga sering menjadikan pantai ini sebagai objek mereka.

Hal lainnya yang membuat  Pantai Gapang ini menjadi favorit para wisatawaerutama para backpacker,  karena untuk masuk ke areal pantai ini gratis, alias tidak di pungut biaya masuk sama sekali. Hebatkan!

 

F. Kegiatan

Lantas kegiatan apa yang bisa dilakukan di sana? Mungkin ini akan terdengar biasa, tetapi jika sudah mencoba akan menjadi pengalaman yang luar biasa.

1. Bersantai di Bawah Teduhnya Pohon Gapang

Pohon Gapang  yang menciptakan nuansa teduh merupakan salah satu keistimewaan yang berada di Pantai Gapang ini. Pohon-pohon Gapang tersebut menimbulkan kesan teduh bagi para wisatawan. Nuansa inilah yang banyak menarik perhatian wisatawan untuk berlama-lama di bawah pohon tersebut. Pohon besar  Gapang yang teduh serta angin sepoi-sepoi akan membuat Anda betah untuk berlama-lama  duduk atau tidur santai di Pantai Gapang ini.

Santai  di bawah Pohon Gapang Nan Teduh (Pantai Gapang Sabang Pulau Weh, Kamis 29 Desember 2016)

Santai di bawah Pohon Gapang Nan Teduh (Pantai Gapang Sabang Pulau Weh, Kamis 29 Desember 2016)

2. Menyaksikan Indahnya Laut Lepas

Seperti juga Pantai Iboih, Pantai Gapang mempunyai air yang jernih. Sejauh mata memandang, kita dapat melihat indahnya biru laut lepas yang diterpa oleh sinar matahari. Keindahan pemandangan pantai ini terlihat semakin jelas bila diamati dari dermaga yang berada tidak jauh dari gerbang masuk. Melihat hamparan pantai pasir putih yang dihiasi oleh pepohonan yang rimbun disisinya, menghadap ke laut lepas yang membiru dan di bawah sinar matahari merupakan pengalaman yang sangat sulit tergantikan.

 
3. Berjalan-jalan, Bermain, dan Wisata Keluarga

Seperti halnya pantai lain di kota Sabang, kecuali Pantai Anoi Itam, pasir di pantai ini juga berwarna putih dengan tekstur yang lembut. Tidak terlalu banyak perbedaan antara pantai ini dengan Pantai Iboih, namun garis Pantai Gapang lebih panjang sehingga pantai ini menjadi tempat yang sangat memadai untuk berjalan-jalan,  main ayunan, bermain dengan pasir putih, serta sekali-kali berkejaran dengan ombak, dan sangat cocok berwisata dengan anggota keluarga.

Bermain Ayunan dengan Ban di bawah Pohon Gapang Nan Teduh (Pantai Gapang Sabang Pulau Weh, Kamis 29 Desember 2016)

Bermain Ayunan dengan Ban di bawah Pohon Gapang Nan Teduh (Pantai Gapang Sabang Pulau Weh, Kamis 29 Desember 2016)

 
4. Merasakan  Indahnya Biota Bawah Laut  

Selain dapat menikmati semilir angin dari pantai dan teduhnya pohon Gapang tersebut, para wisatawan juga dapat merasakan kesegaran dan keindahan panorama bawah laut Pantai Gapang ini dengan berenang, snorkeling, diving, jet ski, ski air, power boat, selancar angina dan memancing di laut dalam. Di dasar laut, para wisatwan akan dapat dengan mudah melihat berbagai macam biota laut seperti ikan dan bintang laut.

Yang sangat memuaskan dari Objek Wisata Pantai Gapang ini adalah pantainya yang bersih dan juga memiliki perairan laut yang sangat jernih. Bagi yang melalukan aktifitas penyelaman, kamu akan disuguhi dengan pemandangan laut yang indah dan mempesona. Ikan dan batu karang sangat jelas untuk dinikmati. Begitu juga aktifitas lain yang dapat kamu dilakukan

Jika beruntung, kita juga bisa melihat ikan-ikan yang menjadi inspirasi karakter didalam film ‘Finding Nemo’ atau ‘Patrick’ si Bintang Laut didalam serial ‘Spongebob Square Pants’. Bila kita berada di musim yang tepat, dari Pantai Gapang juga bisa kita lihat Paus Hiu, Ikan Terbang (Gurnard), Ikan Kodok dan juga Pari Manta (Manta birostris). Melihat keindahan yang tersimpan di sini, rasanya waktu sehari tidak akan cukup untuk bersantai dan juga menikmati indahnya Pantai Gapang.

 
5. Berjemur

Kegiatan pertama yang bisa anda lakukan di Pantai Gapang adalah berjemur setelah mandi di pantai yang mempunyai suhu sedang.

 

6. Melihat Keindahan Biota Laut dari Dermaga

Dari tengah dermaga, kita bisa melihat dengan jelas karang yang ada di dasar air. Menerawang ke dalam air yang transparan ini, kita bisa melihat hewan-hewan air yang berkeliaran di dalamnya. Pada saat siang menjelang sore hari, ribuan ikan kecil akan bermunculan secara berkelompok. Ikan-ikan tersebut terlihat indah pada saat bergerak harmonis didalam koloninya, mengikuti arus yang membawa mereka. Di tepian dermaga, ada sekelompok kecil hewan sejenis ikan yang bernafas dengan menggunakan paru-paru dan menempel vertikal di bebatuan.

 
7. Mengitari Kawasan Pulau dengan Perahu

Selain itu, wisawatan juga dapat menikmati keindahan Pantai gapang ini dengan menggunakan perahu mengitari kawasan pulau. Kawasan pulau ini sendiri masih sangat alami karena pulau ini belum terjamah tangan-tangan jahil.

 
8. Fotografer

Pantai Gapang di Pulau Weh ini juga merupakan salah satu pantai yang paling ramai di kunjungi oleh wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Terlebih lagi pantai ini selalu menarik perhatian para fotografer untuk melakukan kegiatan berfoto.

Bila Anda melihat foto-foto Pantai Gapang di halaman situs dunia maya, terlihat jelas bahwa pantai ini adalah inspirasi terhebat bagi fotografer. Keheningannya akan membuat Anda bertanya, mengapa pantai seindah ini tak banyak yang menikmatinya? Apa pun itu, di sinilah taman firdaus di dunia tersembunyi. Karena keindahannya selain menjadi incaran para penyelam,  dan tak mengherankan bila Pantai Gapang menjadi buruan para fotografer. Siapkan kamera anda dan abadikan setiap jengkal keindahan paras nusantara. 

 
9. Menikmati Kopi Khas Aceh

Selain kegiatan di atas, maka Anda juga bisa menikmati rasa kopi khas Aceh ketika berada di Sabang yang bisa menenangkan pikiran anda.

 
10. Mencicipi  Kuliner Lokal Seefood, Western Seafood

Lelah memantai? Silahkan beristirahat dengan merasakan kuliner khas Aceh yang telah mendunia. Jika lidah anda tak cocok dengan kuliner lokal, banyak pilihan tempat makan di Pantai Gapang yang memanjakan lidah anda penikmat western food. Di sekitar lokasi sudah ada restoran-restoran yang pasti seleranya cocok di lidah anda, jadi anda tidak perlu lagi pergi jauh-jauh hanya untuk mencari bekal makan siang anda,

Itulah kegiatan yang konon membuat para backpackers selalu kembali ke pantai ini ketika mereka melakukan kegiatan bakcpacking.

 

G. Fasilitas

Pantai Gapang ini juga sangat digemari oleh turis-turis yang kebanyakan datang dari eropa karena fasilitasnya-fasilitasnya yang sangat lengkap. Pantai Gapang menyediakan wisata bahari yang memukau. Dengan keindahan alam bawah lautnya,maka tak heran apabila diving dan snorkeling menjadi menu wajib ketika mengunjungi pantai ini. Dengan airnya yang jernih, para wisatawan dapat melihat indahnya pemandangan bawah laut dengan jelas.  Bagi para wisatawan yang hobi memancing, tersedia pula sarana untuk memancing di laut yang dalam. Daridiving, snorkeling, hingga memancing semua peralatan dan akomodasi sudah tersedia melalui jasa sewa.

Pantai Gapang adalah spot favorit untuk menyelam. Anda bisa menyewa perlengkapan snorkeling dan diving seharga Rp 40.000. Di sepanjang pantai terdapat beberapa resort penyelaman. Resort penyelam yang juga memiliki fasilitas hampir sama dengan pelayanan khusus bagi mereka yang memiliki hobi menyelam sekitar Rp250.000,00. Juga  Di dalam lokasi terdapat diving center yang menyediakan perlengkapan, pelatihan, dan guide seperti Monster Divers dan Lumba Lumba Diving Center

Bagaimana dengan penginapan?  Jangan kuatir, Anda dapat memilih apakah hotel, bungalow, rumah tumpangan, dsb. Di isepanjang pantai  Anda dapat menemukan beberapa bungalow/cottage. Backpackers memiliki pilihan harga dan jenis akomodasi yang beragam mulai dari rumah tumpang atau bungalow dengan dinding kayu yang eksotis seharga Rp80.000,00.. Rumah-rumah tumpangan ada yang milik Pemeruntah Daerah dan ada juga milik pengusaha/masayarakat. Rumah-rumah tumpangan didesain seperti sebuah perkampungan.

Penginapan Milik Pemerintah Daerah Sabang  (Pantai Gapang Sabang Pulau Weh, Kamis 29 Desember 2016)

Penginapan Milik Pemerintah Daerah Sabang (Pantai Gapang Sabang Pulau Weh, Kamis 29 Desember 2016)

Penginapan Milik Masyakat/Pengusaha  (Pantai Gapang Sabang Pulau Weh, Kamis 29 Desember 2016)

Penginapan Milik Masyakat/Pengusaha (Pantai Gapang Sabang Pulau Weh, Kamis 29 Desember 2016)

Bagaimana dengan tempat makan/restoran ?  Hal inipun tak perlu  Anda risaukan.  Banyaknya pilihan tempat makan di Pantai Gapang membuatnya ramai dikunjungi. Silakan coba kehangatan suasana Gapang Jaya Restaurant, Zero, Buchari’s Limbo Restaurant, Barracuda Restaurant

Disamping itu disekitar sini juga terdapat beberapa toko-toko kecil yang menjual souvenir, jadi anda tidak perlu jauh-jauh lagi membeli souvenir di pusat kota untuk mencari tokonya, harganya juga sama saja.. Beberapa souvenir menarik dapat ditemukan di Jalan Perdagangan Sabang, seperti cenderamata dari batok kelapa hasil karya masyarakat Desa Ie Meulee-Ujung Kareung. Buah tangan berupa T-shirt yang bertulis “Sabang” sangat sayang untuk dilewatkan

 
H. Beberapa Tips

1. Jika anda suka akan kerajinan, pasir dari pantai ini sangat putih bersih, bisa anda menggunakannya untuk hiasan didalam botol, ataupun hiasan dekorasi di rumah anda. Anda juga bisa mencari kerang-kerang disana sebagai tambahan hiasan.

2. Bagi anda yang suka berjemur, mungkin ini bukanlah masalah, tapi bagi anda yang takut kulit anda terbakar, bisa menggunakan sunblock sebelum berkunjung ke Pantai Gapang ini, karena memang sinar mataharinya amat menyengat.

3. Yang paling penting tentunya adalah peralatan, bagi anda yang suka olahraga menyelam ataupun snorkeling, dan surfing, ada baiknya jika anda tidak terlalu tergesa-gesa untuk menyelam. Sebelumnya pastikan bahwa peralatannya sudah lengkap dan aman, dan kalau ini adalah pengalaman pertama anda, lebih baik anda pergi bersama orang yang lebih ahli, hanya untuk berjaga-jaga kalau terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

J. Penutup

Bila anda sedang berkunjung ke Pulau Weh, rasanya tidak akan pernah cukup waktu yang tersedia untuk dapat menikmati keindahan seluruh pantainya. Menjelajahi setiap jengkal pantai yang berada di pulau kecil di ujung Barat Indonesia ini, seakan-akan tidak pernah habis keunikan yang akan anda temui.

Bagaimana? Tertarik bukan untuk berlibur ketempat ini, jangan dilewatkan, Pantai ini tidak kalah indahnya dari pantai lain, lagi pula anda tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak, liburan disini sangat cocok bagi para backpacker tentunya, dan juga bagi anda yang ingin liburan hemat, cobalah untuk berlibur ke Pantai Gapang ini, begitu pulang, anda pasti tidak sabar untuk segera kembali lagi ke Pantai ini.

Yang pastinya, setelah kamu mengunjungi Objek Wisata Pantai Gapang ini, kamu tidak akan melupakan keindahan pantai yang bersih dan keindahan laut yang memukau. Bagaimana, Kamu tertarik.?

 

Referensi

Tersedia “Bersantai di Pantai Gapang Sabang” http://indonesiaexplorer.net/ Diakses Rabu 25 Januari 2017 Jam 08.12

Tersedia “Gapang Beach” http://www.travellers.web.id/indonesia/aceh/Diakses Rabu 25 Januari 2017 Jam 07.25

Tersedia “Menikmati Keindahan Pantai Gapang” http://lanskapwisata.blogspot.co.id/2015/10/? Diakses Rabu 25 Januari 2017 Jam 07.54

Tersedia “Menikmati Keindahan dan Teduhnya Pantai Gapang Pulau Weh” http://www.pulauwehaceh.com/2015/04/ Diakses Rabu 25 Januari 2017 Jam 06.56

Tersedia “Objek Wisata Pantai Gapang Sabang Pulau” http://blogsemuatutorial.blogspot.co.id/2016/04/ Diakses Rabu 25 Januari 2017 Jam 07.29

Tersedia “Ojek Wisata Pantai Gapang” http://atjehtraveller.blogspot.com/2015/06/ Diakses Rabu 25 Januari 2017 Jam 07.37

Tersedia “Pantai Biasanya Panas Namun di Gapang Teduh Ini Alasannya” http://aceh.tribunnews.com/2016/06/15/ Diakses Rabu 25 Januari 2017 Jam 07.45

Tersedia “Pantai Gapang” http://disbudpar.acehprov.go.id/pantai-gapang/ Diakses Rabu 25 Januari 2017 Jam 07.08

Tersedia “Pantai Gapang”  http://jalan2.com/objek-wisata/detail/ Diakses Rabu 25 Januari 2017 Jam 07.18

Tersedia “Pantai Gapang di Sabang Aceh” http://www.kamerabudaya.com/2017/01/ Diakses Rabu 25 Januari 2017 Jam 08.07

FacebookTwitterGoogle+Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tulisan Terkini
Buku Pegangan Siswa
Diktat Ekonomi SMA/MA

Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

Lihat Hasil Jajak Pendapat

Loading ... Loading ...

Laporan Karya Inovatif
Berita Lainnya
KIND OF YOUNG PAPAYA FOODS (ANEKA CEMILAN DARI PEPAYA MUDA)
KIND OF YOUNG PAPAYA FOODS (ANEKA CEMILAN DARI PEPAYA MUDA)
Who doesn't know papaya? Especially for Indonesians, it seems that no
TEA FROM THE VARIOUS FLOWERS (TEH DARI ANEKA BUNGA)
TEA FROM THE VARIOUS FLOWERS (TEH DARI ANEKA BUNGA)
It turns out that there are various kinds of tea in this world. Not o
ASSORTED LEAF TEAS (ANEKA TEH DAUN)
ASSORTED LEAF TEAS (ANEKA TEH DAUN)
Tea ia one of popular drink in Indonesia and even on the word. Tea is
HEALTHY SPICES TEA,  EASY TO MAKE IT (TEH REMPAH SEHAT, MUDAH MEMBUAT)
HEALTHY SPICES TEA, EASY TO MAKE IT (TEH REMPAH SEHAT, MUDAH MEMBUAT)
Nowday, drink tea is viral for a life style. Spices tea is served on
SONIAN ARTIS DAN GURU
SONIAN ARTIS DAN GURU
SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin

Temukan Kami di Facebook

Pencarian

       

.

Galeri Foto
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
20150203_121026-1.jpg
20150203_121051-1.jpg
IMG_39759949695819.jpeg
20131120_110407-1.jpg
20131120_110424-1.jpg
20131219_140230.jpg
Cerita Bergambar
Kalender
Juni 2021
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3
Channel Youtube
Jntuk.net kumpulan situs judi slot online terpercaya 2020 & 2021 ABLBET merupakan situs judi game slot terbaik uang asli slot 888 bet atau daftar agen slot terbaru dan terbesar bahkan sudah menjadi dewa slot 88 link alternatif resmi & telah mendapatkan izin royal slot 888 dari PAGCOR dan Cagayan Leisure. judi slot situs slot game slot ligatempo link slot