Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 379544Total Pengunjung:
  • 96Hari ini:
  • 143Kemarin:
  • 0Online:
Panel Login
Komentar Terkini

    Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

    Berkunjung ke “GWK Cultural Park” Bali

    A. Pengantar

    Garuda Wisnu Kencana “Cultural Park” Bali atau terkenal dengan sebutan GWK Bali, merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Bali. Saking terkenalnya GWK, tak heran kalau tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik dan wisatawan Asing. Begitupula saat penulis berkunjung ke GWK ini ternyata lokasi ini memang penuh sesak oleh para pelancong.  Saya sempat heran juga kenapa bisa seramai itu pengunjungnya. Apa sebenarnya daya tarik GWK? Sekilas informasinya katanya yang menarik adalah Patung Garuda Wisnu. Tapi, justru patungnya katanya belum selesai. Belum siap saja sudah ramai pengunjungnya, apalagi kalau sudah ya? Namun, secara pribadi yang menarik bagi saya di “GWK Cultural Park” ini saya bisa numpang nampang jadi penari Bali sebentar. Aduh, kalau begini saya jadi teringat kenangan semasa SD, yaitu saat kursus tari Bali di Gelora Bogor. Jelek-jelek begini saya masih menguasai 2 buah tari Bali,yaitu tari Pendet dan Panji Semirang, sedangkan untuk tari Tenun, Legong, dan Panyembarama saya sudah lupa gerakannya.

    Numpang Nampang jadi Penari Bali sebentar di "GWK Cultural Park" Bali

    Numpang Nampang jadi Penari Bali sebentar di “GWK Cultural Park” Bali

     

    B. Lokasi

    Tempat wisata di Bali GWK adalah sebuah taman budaya yang memiliki luas 240 hektar. Lokasi dari GWK Bali berada di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan
, Kabupaten Badung. Jika anda datang dari Airport Ngurah Rai, menuju lokasi dari tempat wisata di Bali GWK, hanya membutuhkan waktu 15 – 20 menit, tentunya dalam keadaan lalu lintas lancar. Jika anda membutuhkan peta lokasi menuju GWK Bali, silakan gunakan Peta Lokasi Garuda Wisnu Kencana Bali.

     
    C. Daya Tarik Utama Tempat Wisata Di Bali GWK

    Daya tarik utama wisatawan berlibur ke GWK Bali adalah untuk melihat patung Garuda Wisnu. Dibangun dan di ukir oleh pengukir dan pematung terkenal bernama I Nyoman Nuarta. Patung Garuda Wisnu memiliki rencana awal akan di bangun dengan tinggi 126 meter dan lebar 60 meter. Tapi sampai saat ini, tinggi patung hanya 20 meter, pembangunan patung Garuda Wisnu sampai saat ini belum selesai dan penulis kurang tahu apa sebabnya belum diselesaikan

    Dokumentasi Foto di depan patung Garuda Wisnu di GWK Bali

    Dokumentasi Foto di depan patung Garuda Wisnu di GWK Bali

    Dengan rencana awal pembangunan patung Garuda Wisnu dengan tinggi 126 meter dan lebar 60 meter, dengan tujuan menjadikan GWK sebagai sebuah tempat wisata terkenal di Bali, yang menawarkan salah satu karya seni patung terbesar dan karya yang paling menakjubkan. Tentunya dengan karya seni yang mencerminkan nilai budaya lokal Bali. Ternyata, dengan berjalannya waktu, tempat wisata  GWK Bali ini kemudian berkembang menjadi sebuah tempat pameran budaya, acara dan atraksi hiburan, serta menjadi forum informasi dan komunikasi untuk budaya lokal, budaya nasional, budaya regional bahkan budaya internasional. GWK Cultural Park sebutan untuk GWK Bali, kini menawarkan beranekaragam fasilitas yang ideal dan memadai, untuk berbagai jenis acara publik, acara swasta baik dalam skala kecil atau skala besar.

    GWK yang merupakan milik Swasta ini mempunyai beberapa tempat rekreasi di antaranya:

    1. Panorama dari Wisnu Plaza
    Wisnu Plaza adalah tanah tertinggi di daerah GWK dimana tempat ini merupakan bagian paling penting dari patung Garuda Wisnu Kencana patung Wisnu.

    2. Street Theater
    Street Theater adalah titik awal dan akhir kunjungan ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Di sini kita dapat menemukan banyak toko dan restoran di satu tempat dan dimana semua perayaan terjadi.

    3. Lotus Pond
    Lotus Pond adalah area outdoor terbesar di Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan Taman Budaya, kemungkinan besar, di Bali. Dengan demikian, Lotus Pondadalah tempat yang tepat dan hanya untuk mengadakan acara outdoor skala besar.

    4. Indraloka  Garden
    Taman ini diberi nama Indraloka setelah surga Dewa Indra karena pandang panorama yang indah. Indraloka Garden adalah salah satu tempat paling favorit di Garuda Wisnu Kencana untuk mengadakan pesta kecil menengah, pengumpulan dan upacara pernikahan. Kita bisa melihat pemandangan Bali dari atas Indraloka Garden

    5. Amphitheathre
    Amphitheatre adalah tempat di luar ruangan untuk pertunjukan khusus dengan akustik yang dirancang dengan baik. Setiap sore Anda bisa menonton tari Kecak yang terkenal dan gratis yaitu sekitar pukul 18.30 s/d 19.30 WITA. Bahkan Tari Kecak ini dapat dikolaborasikan dengan tarian daerah lainnya.

    6. Tirta Agung
    Tirta Agung adalah ruang luar yang sempurna untuk acara menengah. Anda juga dapat mengunjungi patung Tangan Wisnu, bagian dari patung Garuda Wisnu Kencana yang terletak di dekatnya.

     
    D. Penutup

    Nah terjawab sudah rasa penasaran saya, rupanya selain daya tarik patung Garuda Wisnu, ternyata di GWK pengunjung dapat pula menikmati pemandangan. Ahai, …. tidak hanya pemandangan indah saja. Tempat wisata ini juga menawarkan beraneka ragam acara hiburan dari pagi hari, sampai malam hari. Karena di GWK tersedia  tempat pameran budaya, acara dan atraksi hiburan, serta menjadi forum informasi dan komunikasi untuk budaya lokal, budaya nasional, budaya regional bahkan budaya internasional.

     
    Sumber

    Tersedia “Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana” https://id.m.wikipedia.org/ Diakses Senin 17 Agustus 2015 Jam 11.20

    Tersedia “Tempat Wisata di Bali GWK” http://www.rentalmobilbali.net/  Diakses Senin 17 Agustus 2015 Jam 06.14

    FacebookTwitterGoogle+Share

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Tulisan Terkini
    Buku Pegangan Siswa
    Diktat Ekonomi SMA/MA

    Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

    Lihat Hasil Jajak Pendapat

    Loading ... Loading ...

    Laporan Karya Inovatif
    Berita Lainnya
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
    SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU SONIAN PERAHU DAN AKU Kembara lautan Ta

    Temukan Kami di Facebook

    Pencarian

           

    .

    Galeri Foto
    Klik Slideshow di bawah untuk
    melihat Galeri Foto secara lengkap
    20150203_121026-1.jpg
    20150203_121051-1.jpg
    IMG_39759949695819.jpeg
    20131120_110407-1.jpg
    20131120_110424-1.jpg
    20131219_140230.jpg
    Cerita Bergambar
    Kalender
    Februari 2021
    S M T W T F S
    31 1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 1 2 3 4 5 6
    Buku Tamu