Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 392310Total Pengunjung:
  • 21Hari ini:
  • 130Kemarin:
  • 0Online:
Buku Tamu
Panel Login

Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

Berkunjung dan Mengenal  Pantai Iboih Sabang Pulau Weh

A. Pengantar

Pantai Iboih-Sebuah pantai  berada di sebuah pulau yang berada di ujung Indonesia. Tepatnya Sabang yang terketak di ujung Indonesia paling barat. Panorama alam yang di tawarkan di Sabang benar-benar mempesona dan mampu menenangkan pikiran para wisatawan yang berkunjung untuk melepas penat. Salah satunya adalah Pantai Iboih. Anda akan berdecak kagum dengan potensi alam apa saja yang ada di pantai ini.

Berkunjung ke Pantai Iboih Sabang Pulau Weh (Kamis, 29 Desember 2016)

Berkunjung ke Pantai Iboih Sabang Pulau Weh (Kamis, 29 Desember 2016)

Alhamdulillah pada akhir tahun 2016, tepatnya pada hari Kamis 29 Desember 2016 penulis dan rombongan  guru Penjaskes  Kabupaten Tanah Datar dan keluarga berkesempatan bertandang ke Pantai Iboih Sabang. Kunjungan ke lokasi  Pantai Iboih ini adalah agenda kedua yang kami lakukan di Sabang Pulau Weh, setelah sebelumnnya  agenda  pertama ke Taman Sabang Merauke dan agenda kedua ke Tugu Kilometer Nol Indonesia Sabang Pulau Weh. Sudah pernahkan para pembaca mendengar Pantai Iboih? Dan apa daya tarik kobjek wisata ini, serta aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di lokasi pantai yang indah ini? Tak apalah kalau belum pernah ke tempat ini atau belum mengenal apa saja yang ada di lokasi ini. Nah, untuk sementara ikuti saja cerita penulis tentang pantai Iboih ini. Oke!

 

B. Lokasi, Akses, dan Perjalanan ke Pantai Iboih

Pantai Iboih terletak di Kelurahan Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang, Aceh, Pulau Sumatera.  Akses untuk mencapai Pantai Iboih, dapat dimulai dari Pelabuhan Ulee Lheue, Provinsi Aceh. Sesampainya di sana, Anda dapat menggunakan kapal ferry menuju Pelabuhan Balohan, Sabang. Sesampai di Pelabuhan Balohan, Anda bisa menggunakan transportasi umum untuk menuju ke Pantai Iboih. Kebanyakkan dari wisatawan yang datang dari Banda Aceh, biasanya langsung menyebrang menuju Pulau Weh melalui pelabuhan Ulee Lheue ke pelabuhan Balohan Sabang dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.  Selanjutnya dari Pelabuhan Balohan ke Iboih hanya berjarak kurang lebih 30 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan. Tetapi jika anda berada di pusat kota Sabang, anda tetap bisa menggunakan angkutan umum dengan rute Sabang-Iboih.

Sarana transportasi umum menuju tempat ini masih minim. Untuk menuju ke Iboih, kita dapat menyewa kendaraan yang ada di rental mobil/motor di sekitar Balohan, atau kita juga dapat menggunakan angkutan umum seperti L300, taxi dan becak motor dengan biaya sekitar Rp35.000,00-!Rp.50.000,00/Orang per hari. Mahalnya tarif ongkos ini dikarenakan jarangnya angkutan yang bisa membawa anda ke Pantai Iboih. Selain itu juga hanya beroperasi hingga jam 7 malam. Tapi jangan khawatir, karena angkutan umum ini akan mengantar anda sampai ke lokasi tujuan. Sedangkan rutenya cukup mudah, yakni menuju Kelurahan Iboih yang berada di ujung pulau ini.

Seperti telah penulis sebutkan sebelumnnya, bahwa agenda ke Pantai Iboih ini adalah agenda ketiga. Jadi, Rombongan kami menuju Pantai Iboih bukan langsung dari Pelabuhan Balohan, tetapi dari Tugu Nol Kilometer. Jarak dari Tugu Nol Kilometer  ke Pantai Iboih ini tidak terlampau jauh. Hal ini bisa dimaklumi karena Tugu Kilometer Nol juga terketak di Iboih. Perjalan ke Pantai Iboih tidak berbeda dengan jalan Pelabuhan Sabang-Taman Sabang Merauke-Tugu Nol Kilometer Indonesia-Sabang. Jalan mulus, banyak tikungan, dan tanjakan/turunan

Jadi, meski jalanan lebar dan mulus, ” driver” harus tetap berhati-hati. Sepanjang jalan, mata disuguhi rindangnya pepohonan  hijau segar dan tentunya rindangnya pepohonan ini menutupi pemandangan air laut yang biru, namun sekali-kali tentunya birunya laut jelas terlihat saat areal jalan agak lengang pepohonannya, Tak masalah, keduanya memiliki daya tarik yang berbeda. Sayangnya, tak semua suasana panorama perjalanan yang bisa penulis dokumentasikan karena  menghemat batteray HP, “batteray HP yang low”. Meski  sebenarnya penulis juga membawa kamera digital, namun saat mobil melaju kencang sulit mengambil foto yang pas.

Dokumentasi salah satu suasana jalan dari Tugu Kilometer Nol Indonesia-ke Pantai Iboih Sabang Pulau Weh (Kamis, 29 Desember 2016)

Dokumentasi salah satu suasana jalan dari Tugu Kilometer Nol Indonesia-ke Pantai Iboih Sabang Pulau Weh (Kamis, 29 Desember 2016)


 

C. Pesona Pantai Iboih

Kota Iboih, terletak di Pulau Weh adalah titik paling barat dari Indonesia.  Iboih  menjadi sangat terkenal  dengan pantainya Pantai Iboih. Pantai yang bernama asli “Teupin Layeu” ini menawarkan segala keindahan bawah lautnya yang bisa kita nikmati bahkan tanpa harus berenang sekalipun.  Pantai Iboih (Iboih Beach) akan membawa harapan Anda atas ‘keindahan alam’ ke tingkat yang baru. Pulau kecil, surga yang tersembunyi sebagian besar tetap tak tersentuh oleh banyak kunjungan wisatawan, memberikan suasana yang lebih santai dan santai. Hutannya dengan baik dilindungi oleh garis pantai Iboih yang menawan, pasir keemasan yang penuh dengan batu-batu raksasa. Air dangkal laut yang begitu jelas dapat melihat dasar laut, memiliki rona kebiruan-hijau yang memancarkan perasaan damai dan relaksasi. Pantai yang tampaknya melengkung, menyerupai bibir, tersenyum dan menyambut orang-orang untuk datang dan mengambil bagian dalam kehangatan dan melihat flora dan fauna yang eksotis dari hutan hujan tropis yang merupakan bagian dari kekayaan alam Indonesia.

Air laut dengan degradasi Hijau-Biru Merupakan Salah Satu Pesona Pantai Iboih Sabang Pulau Weh (Kamis, 29 Desember 2016)

Air laut dengan degradasi Hijau-Biru Merupakan Salah Satu Pesona Pantai Iboih Sabang Pulau Weh (Kamis, 29 Desember 2016)

 

D. Aktivitas

Bagi Anda yang berencana mengunjungi Iboih dalam waktu dekat, berikut aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Iboih:

1. Menyelam, Snorkeling dan Diving di Pantai Iboih

Kegiatan yang paling populer di Pantai Iboih adalah menyelam, snorkeling dan duving. Apakah para pembaca paham apa itu Snorkling? Dan apa pula itu Diving?

Snorkeling adalah aktivitas berenang di permukaan air dan melihat apa yang ada di bawah permukaan air. Alat yang digunakan adalah masker, snorkel,dan fin. Jadi, pada dasarnya snorkeling hanya dilakukan di permukaan saja. Karena menggunakan peralatan yang sangat standard, snorkeling hanya dapat dilakukan di siang hari karena sangat mengandalkan sinar matahari.

Bagaimana dengan Diving? Diving ada 2 jenis, yaitu Free Diving dan Scuba Diving. Free Diving adalah kegiatan menyelam dengan menahan nafas selama beberapa waktu di bawah permukaan air. Berbeda dengan Scuba Diving yang menggunakan tabung udara saat menyelam, Free Diving dilakukan murni hanya mengandalkan udara yang terdapat di paru-paru penyelam saja. Melakukan free diving membutuhkan kemampuan menahan nafas yang baik dan benar. Kegiatan yang dilakukan free divers diantaranya adalah: Spearfishing (menangkap ikan menggunakan tombak), Fishing, Fotografi, dan Lomba

Selanjutnya, Scuba Diving adalah kegiatan menyelam dengan menggunakan alat bantu pernafasan dengan menggunakan udara dari tabung udara. SCUBA (Self Contain Underwater Breathing Apparatus) dirancang oleh Jacques Cousteau dimana udara permukaan tinggi dimasukkan ke dalam tangki kemudian tekanannya dikurangi sehingga dapat digunakan untuk bernafas di dalam air. Udara yang digunakan di dalam tangki adalah oksigen murni. Untuk melakukan Scuba Diving, penyelam tidak bias sembarangan. Ada sertifikasi yang harus dilakukan sebelum penyelam bisa (diizinkan) melakukan Scuba Diving.

Pulau Weh dan sekitarnya pantai, termasuk Pantai Iboih, yang terkenal dengan ekosistem bawah air yang beragam. Iboih memiliki banyak titik untuk menyelam dan snorkeling dengan ombak yang tenang. Sedikit ke barat dari Pantai Iboih, wisatawan juga dapat menemukan lokasi surfing di mana terdapat gelombang yang jauh lebih besar.

Baik penyelam berpengalaman dan tidak begitu berpengalaman datang dari seluruh dunia untuk menyaksikan pembentukan gunung berapi aktif yang terletak di bawah permukaan perairan ini. Gunung berapi ini meletus di era Pleistosen dan dikatakan apa yang akhirnya memisahkan Pulau Weh dari pulau utama Sumatera. Menyelam di sekitar Pulau Weh, yang memiliki ribuan titik menyelam, – satu berada di Pantai Iboih, – dikatakan menjadi salah satu tempat terbaik di Indonesia.

Wisata Pantai Iboih, menyimpan panorama alam yang dapat dikatakan sebagai surga tersembunyi. Khusunya bagi penggemar olahraga air baik snorkeling maupun diving. Bagaimana tidak, kekayaan alam yang ada di dasar laut benar-benar beragam dan masih alami. Untuk melihat kumpulan biota laut yang indah seperti terumbu karang, anda cukup bergeser sekitar lima meter dari garis pantai.

Snorkeling salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan biota laut di Pantai Iboih. Tanpa harus menyelam ke dasar laut, Anda bisa bercengkrama dengan ikan-ikan hias yang berenang dan bersembunyi di balik karang. Pantai Iboih Sumatera memang sangat sesuai untuk kegiatan menyelam dan snorkeling, karena pantai ini memiliki gelombang laut yang tenang.

Snorkeling menjadi kegiatan favorit dan banyak orang yang tidak sabar untuk menempatkan barang-barang mereka sebelum menyelam ke dalam air laut biru untuk menjelajahi karang di sepanjang dasar laut. Banyak wisatawan menjelaskan bahwa perairan Iboih merupakan akuarium, karena kejelasan dan terdapat berbagai karang dan makhluk laut. Temukan spesies lain saat snorkeling atau menyelam seperti ikan katak, ikan jarum, anthias, ikan terompet, ikan kalajengking, hiu ujung hitam, penyu sisik, barracuda, nudibranch dan anemon laut lainnya semua dalam perairan ini .

Hal lain yang menarik lainnya  dari Pantai Iboih  (juga di Pulau Rubiah) adalah keberadaan anak hiu. Ya, jika beruntung, Anda akan menemukan anak-anak hiu yang berenang dekat pantai. Biasanya mereka ada di kedalaman 2-3 meter. Tak perlu takut, Anda hanya perlu memastikan tak ada darah di sekitar tubuh.

Jangan bingung jika anda tidak memiliki peralatan untuk snorkeling, karena di pantai ini sudah disediakan sarana penyewaan alat dan anda cukup membayar biaya sewa sebesar Rp 45.000*) per orangnya. Anda bisa menggunakan perlengkapan snorkeling lengkap seharian. Sedangkan untuk diving tentunya anda harus memiliki izin atau sertifikasi untuk diving, biaya untuk alatnya sendiri adalah Rp 200.000*) per orang.  Peralatan yang dapat digunakan adalah pelampung, master snorkling, dan kaki katak.

Tempat Sewa Peralatan Snorkling/Diving di Pantai Iboih Sabang Pulau Weh (Kamis, 29 Desember 2016)

Tempat Sewa Peralatan Snorkling/Diving di Pantai Iboih Sabang Pulau Weh (Kamis, 29 Desember 2016)

 
2. Berenang

Tak hanya snorkeling dan diving saja. Anda juga bisa melakukan beberapa aktifitas lainnya seperti berenang dan menikmati birunya air laut di Pantai Iboih. Ombak yang ada di pantai ini tergolong tenang dan cukup dangkal, sehingga sangat cocok bagi anda yang membawa anak-anak.

 
3. Banana Boat dan Jet Ski

Kegiatan lainnya yang bisa anda lakukan di pantai ini antara lain adalah banana boat karena memang ombaknya yang tenang. Olahraga air lainnya yang bisa anda lakukan adalah jet ski.

 

4. Eksplorasi Hutan

Selain dari petualangan laut yang jelas, Pantai Iboih juga menawarkan hutan yang menarik wisatawan. Ada banyak spesies eksotis yang mendiami hutan. Hutan Rekreasi Iboih terletak berdekatan dengan Taman Laut Rubiah. Hutan ini mencakup sekitar 1.300 hektar dan juga dilindungi sebagai cagar alam khusus untuk Pulau Weh. Hutan hutan tropis yang tebal dan meskipun padat dan agak sulit untuk berjalan-jalan, pengunjung didorong untuk mengeksplorasi dengan pemandu. Hutan ini adalah rumah bagi berbagai jenis hewan. Melihat monyet liar, segala macam reptil yang kecil dan besar, dan berbagai burung berwarna-warni. Saat senja, babi hutan dan kawanan kelelawar buah raksasa adalah pemandangan yang pasti.

 

5. “Tur Dunia” Menyaksikan Pembentukan Gunung Berapi Aktif  Bawah Laut

Sewa kapal dapat ditemukan di Iboih yang menawarkan tur dunia untuk menyaksikan pembentukan gunung berapi aktif yang terletak di bawah permukaan perairan ini. Gunung berapi ini meletus di era Pleistosen dan dikatakan apa yang akhirnya memisahkan Pulau Weh dari pulau utama Sumatera.

 
6. Berjalan-jalan, Bermain  atau Duduk Santai  di Tepi Pantai

Menjelajahi pantai Iboih dengan kontur berbukit bagian dalamnya akan memberikan petualangan instan. Sepanjang pantai banyak batu-batu besar dan formasi batuan yang membuat pemandangan yang menarik dan menjadikannya momen yang terbaik untuk berfoto. Berjalan-jalan ke pantai merasakan petualangan yang damai tapi mengesankan. Anda mungkin akan terkejut ketika Anda menyadari bahwa sebagian besar laut di Iboih relatif tidak mendapat banyak gelombang. Suasana yang umumnya sunyi, pantai memberikan kesan yang sama sekali berbeda dari pantai-pantai lainnya yang menawarkan ombak yang keras. Bermain di pinggir pantai yang dangkal dan tak perlu khawatir terseret ombak. Pasirnya yang putih dan lembut menambah suasana indah sehingga membuat anda merasa tenang di tempat ini.

Suasana pantai yang indah ini, makin dipercantik dengan adanya beberapa pepohonan hijau yang tumbuh disekitar pantai. Jadi, anda bisa bersantai menikmati semilir angin di pantai ini sambil bersantai dibawah pepohonan untuk menghindari sinar matahari secara langsung. Yang paling indah lagi adalah, jika anda sambil menyaksikan momen sunset dari pantai ini.

 
7. Menyelam di Pulau Rubiah

Pantai Rubiah terletak tepat di depan Pantai  Iboih. Perahu-perahu tersedia dengan rute Pantai Iboih-Pulau Rubiah dan sebaliknya. Jadi, jika kurang puas snorkeling, Anda bisa menyelam untuk melihat keindahan Iboih dari kedalaman. Salah satu spot terbaik untuk melihat dasar laut yang indah ada di Pulau Rubiah. Di sana terdapat terumbu karang unik, baik yang sengaja dibuat maupun alami.

Pulau Rubiah berada di seberang berhadapang dengan Pantai Iboih Sabang Pulau Weh (Kamis, 29 Desember 2016)

Pulau Rubiah berada di seberang berhadapang dengan Pantai Iboih Sabang Pulau Weh (Kamis, 29 Desember 2016)

 
8. Sarapan di dermaga Iboih Inn

Dari sekian banyak penginapan yang tersedia di Pantai Iboih, Iboih Inn merupakan salah satu yang paling laris. Sebab, lokasi dan desain penginapan itu sangat ideal. Mereka memiliki restoran mini yang berhadapan langsung dengan laut. Sambil memanjakan lidah, Anda bisa melihat laut biru yang tenang dan beragam jenis ikan yang berenang di dalamnya.

 
9. Menanti sunrise

Pantai Iboih memang bukan spot yang baik untuk melihat matahari terbenam, tetapi lokasi ini cocok untuk menanti terbitnya matahari. Mulai pukul 06.00, sang surya akan terbangun dari tidurnya secara perlahan. Sinarnya akan terpancar dari balik perbukitan dan memunculkan pemandangan langit bernuansa kekuningan berhias awan tipis yang indah.

 

10. Menikmati kelezatan sate gurita

Berkunjung ke Sabang tak lengkap kalau belum menikmati sate gurita. Sate ini biasa disajikan dengan paduan bumbu kacang, bumbu kecap, atau bumbu padang.

 

E. Fasilitas dan Akomodasi

Iboih dilengkapi dengan fasilitas dan akomodasi yang cukup lengkap. Hotel, bungalow, kafe, restoran,  toilet, tempai ibadah, sewa perahu, sewa kapal, sewa peralatan menyelam dan perlatan berselancar.

Di sini terdapat banyak perahu milik penduduk yang dapat disewa untuk berkeliling pulau atau untuk sekedar melihat titik-titik untuk menerawang keindahan bawah laut di sekitar Pulau Rubiah. Perahu yang tersedia secara umum terdiri dari perahu kecil dan perahu besar. Bagi kita yang tidak bisa berenang, perahu besar umumnya dilengkapi jendela kaca yang menghadap ke dasar dan dapat digunakan untuk melihat keindahan bawah laut dari atas kapal.

Fasilitas yang mendukung aktifitas inilah yang membuat pantai ini makin digemari wisatawan, karena mereka bisa melakukan beragam aktifitas di sebuah pantai yang sangat indah. Bagi anda yang ingin berlama-lama bahkan menginap di sekitar pantai ini, anda bisa menemukan penginapan mulai dari kelas melati hingga ke tingkat resort. Harganya pun beragam mulai dari Rp 100.000*) dan tergantung dari jenis penginapan yang anda gunakan.

Salah Satu Penginapan yang terdapat di Sekitar Lokasi Pantai Iboih Sabang Pulau Weh (Kamis, 29 Desember 2016)

Salah Satu Penginapan yang terdapat di Sekitar Lokasi Pantai Iboih Sabang Pulau Weh (Kamis, 29 Desember 2016)

Untuk makanan tentunya juga bukan masalah di pantai ini. Ada banyak kedai makanan dan minuman terdapat di lokasi ini. Pedagang makanan yang kebanyakkan dari masyarakat setempat karena memang Pantai Iboih ini dekat dengan pemukiman penduduk yakni Desa Iboih.

Beberapa Kedai Makanan dan Minuman  yang terdapat di Sekitar Lokasi Pantai Iboih Sabang Pulau Weh (Kamis, 29 Desember 2016)

Beberapa Kedai Makanan dan Minuman yang terdapat di Sekitar Lokasi Pantai Iboih Sabang Pulau Weh (Kamis, 29 Desember 2016)

 
Fasilitas lainnya yang tak kalah pentingnya adalah tersedianya toko Souvenir di Pantai Iboih ini. Souvenir yang dijual tak jauh berbeda dengan yang dijual di warung-warung Souvenir Tugu Kilometer Nol. Beberapa souvenir menarik dapat Anda temukan di sini.  seperti cenderamata dari batok kelapa, kaos t-shirt berdesain unik khas tagline kata-kata unik tentang Sabang.

Beberapa Warung-watung Souvenir yang terdapat di Sekitar Lokasi Pantai Iboih Sabang Pulau Weh (Kamis, 29 Desember 2016)

Beberapa Warung-watung Souvenir yang terdapat di Sekitar Lokasi Pantai Iboih Sabang Pulau Weh (Kamis, 29 Desember 2016)

G. Pilot Project

Ada banyak papan informasi/ larangan yang penulis temukan di sekitar lokasi Pantai Iboih ini. Papan informasi tersebut ada yang berukuran kecil yang dipasangkan di pepohonan dengan pesan informasi yang pendek, yang ditulis dengan 2 bahasa (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris). Dan ada juda papan dengan ukuran lebih besar dengan infirmasi yang lebih banyak dan terperincim juga dengan 2 bahasa. Dari Informasi tersebut intinya adalah agar para masayakat/pengunjung menjaga biota laut, terutama biota laut di Pantai Iboih Sabang Pulau Weh ini.

Papan Petunjuk/Larangan yang di Pasang di Pohon Sekitar Lokasi Pantai Iboih, yang isinya Himbauan untuk Menjaga Biota Laiut (Pantai Iboih Sabang Pulau Weh Kamis, 29 Desember 2016)

Papan Petunjuk/Larangan yang di Pasang di Pohon Sekitar Lokasi Pantai Iboih, yang isinya Himbauan untuk Menjaga Biota Laiut (Pantai Iboih Sabang Pulau Weh Kamis, 29 Desember 2016)

Papan Petunjuk/Larangan yang di Pasang di Pohon Sekitar Lokasi Pantai Iboih, yang isinya Himbauan untuk Menjaga Biota Laiut (Pantai Iboih Sabang Pulau Weh Kamis, 29 Desember 2016)

Papan Petunjuk/Larangan yang di Pasang di Pohon Sekitar Lokasi Pantai Iboih, yang isinya Himbauan untuk Menjaga Biota Laiut (Pantai Iboih Sabang Pulau Weh Kamis, 29 Desember 2016)

Selain tulisan pada papan-papan yang terpasang di pohon-pohon, informasi juga terdapat seperti baliho. Di mana pada baliho terdapat tulisan “Selamat Datang di Desa Iboih Pilot Project Gampong Iklim” Mungkin lokasi ini dijadikan project untuk melindungi biota laut yang terdapat di Pantai Iboih. Sebagaimana telah diceritakan di atas bahwa Pantai Iboih kaya akan keragaman hayati laut. Namun, dengan adanya peristiwa gempa dan Tsunami yang melanda Aceh hal tersebut juga mempengaruhi keadaan biota laut di Pantai Iboih ini. Sayangnya penulis belum mendapatkan informasi yang detail tentang Project Iboih ini.

Dokumentasi Foto dengan Latar Baliho "Project Iboih" (Pantai Iboih Sabang Pulau Weh Kamis, 29 Desember 2016)

Dokumentasi Foto dengan Latar Baliho “Project Iboih” (Pantai Iboih Sabang Pulau Weh Kamis, 29 Desember 2016)

H.  Beberapa Tips

1. Bawalah sunblock untuk melindungi kulit anda dari sengatan matahari langsung karena wilayah pantai merupakan wilayah yang cukup panas. Atau, anda bisa membawa topi untuk melindungi kepala anda dari panas., serta kaca mata hitam untuk melundungi mata agar matanya tak “mengerenyit” karena teriknya sinar matahari.

2. Anda bisa membawa makanan sendiri untuk menghemat wisata anda. Selain itu, kebersihannya juga lebih terjamin.

3. Jika anda ingin menginap dengan biaya yang hemat, sebaiknya anda mencari kenalan yang tinggal di wilayah setempat terlebih dahulu, selain bisa memberi informasi penginapan yang murah, anda juga bisa menghindari kehabisan kamar di penginapan yang murah. Atau, jika beruntung lagi, bisa saja anda dipersilahkan untuk menumpang di rumah kenalan anda tersebut.

 

I.Penutup

Demikian sedikit oleh-oleh cerita dari Pantai Iboih Sabang. Sudah tentu terbayang akan keindahan pantai ini kan? Tentunya anda tak ingin melewatkan sebuah surga terpendam di pulau terujung Indonesia. Jadi, tunggu apa lagi? Sempatkan wisata anda ke Pantai Iboih Sabang Pulau Weh ini.  Jangan lewatkan juga kesempatan untuk melihat panorama alam bawah laut yang indah ini. Selamat berlibur di  Pantai Iboih Sabang  Pulau Weh.

 

Refetensi

Tersedia “Cara Menikmati Liburan di Pantai Iboih Sabang” http://travel.kompas.com/read/2016/04/13/ Diakses Rabu 18 Januari 2017 Jam 14.40

Tersedia “Menikmati Surga Bawah Laut Pantai Iboih Sabang” https://ksmtour.com/ Diakses Rabu 18 Januari 2017 Jam 14.52

Tersedia “Pantai Iboih” http://jalan2.com/objek-wisata/Diakses Jumat 20 Januari 2017 Jam 14.59

Tersedia “Pantai Iboih Aceh” http://www.gosumatra.com/ Diakses Rabu 18 Januari 2017 Jam 15.29

Tersedia “Pantai Iboih di Sabang Pintu Gerbang Keindahan Nusantara” http://m.detik.com/travel/read/2013/06/10/ Diakses Rabu 18 Januari 2017 Jam 15.47

Tersedia “Pantai di Iboih Sabang Surga yang Tersembunyi di Pulau Weh” http://www.pedomanwisata.com/ Diakses Rabu 18 Januari 2017 Jam 15.15

Tersedia “Pantai Iboih Pantai yang Paling Diminati Wisatawan” http://www.pulauwehaceh.com/2015/02/ Diakses Rabu 18 Januari 2017 Jam 14.00

FacebookTwitterGoogle+Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tulisan Terkini
Buku Pegangan Siswa
Diktat Ekonomi SMA/MA

Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

Lihat Hasil Jajak Pendapat

Loading ... Loading ...

Laporan Karya Inovatif
Berita Lainnya
KIND OF YOUNG PAPAYA FOODS (ANEKA CEMILAN DARI PEPAYA MUDA)
KIND OF YOUNG PAPAYA FOODS (ANEKA CEMILAN DARI PEPAYA MUDA)
Who doesn't know papaya? Especially for Indonesians, it seems that no
TEA FROM THE VARIOUS FLOWERS (TEH DARI ANEKA BUNGA)
TEA FROM THE VARIOUS FLOWERS (TEH DARI ANEKA BUNGA)
It turns out that there are various kinds of tea in this world. Not o
ASSORTED LEAF TEAS (ANEKA TEH DAUN)
ASSORTED LEAF TEAS (ANEKA TEH DAUN)
Tea ia one of popular drink in Indonesia and even on the word. Tea is
HEALTHY SPICES TEA,  EASY TO MAKE IT (TEH REMPAH SEHAT, MUDAH MEMBUAT)
HEALTHY SPICES TEA, EASY TO MAKE IT (TEH REMPAH SEHAT, MUDAH MEMBUAT)
Nowday, drink tea is viral for a life style. Spices tea is served on
SONIAN ARTIS DAN GURU
SONIAN ARTIS DAN GURU
SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin

Temukan Kami di Facebook

Pencarian

       

.

Galeri Foto
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
20150203_121026-1.jpg
20150203_121051-1.jpg
IMG_39759949695819.jpeg
20131120_110407-1.jpg
20131120_110424-1.jpg
20131219_140230.jpg
Cerita Bergambar
Kalender
Juni 2021
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3
Channel Youtube
Jntuk.net kumpulan situs judi slot online terpercaya 2020 & 2021 ABLBET merupakan situs judi game slot terbaik uang asli slot 888 bet atau daftar agen slot terbaru dan terbesar bahkan sudah menjadi dewa slot 88 link alternatif resmi & telah mendapatkan izin royal slot 888 dari PAGCOR dan Cagayan Leisure. judi slot situs slot game slot ligatempo link slot