Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 396645Total Pengunjung:
  • 171Hari ini:
  • 136Kemarin:
  • 1Online:
Buku Tamu
Panel Login

Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

Ayo ke Suwarnadwipa  “Pulau Emas Tersembunyi”  Sumatera Barat

A. Pengantar

Anda butuh suasana yang baru? Anda jenuh dengan rutinitas sehari-hari dan bosan dengan hal yang biasa – biasa saja? Nah….coba kegiatan yang satu ini, ayo pergi  wisata. Ini dia  salah satu wisata pulau yang akhir-akhir ini lagi “in” di kalangan anak muda. Ahai…..bukan anak muda saja rupanya, juga populer bagi wisata keluarga. Apa itu? Horeeeee….ke  “pulau emas”.  Nah…..jika Anda liburan ke Padang – Sumatera barat, dapatkan sensasi yang berbeda, berlibur dan berekreasi ke Suwarnadwipa  “Pulau Emas”  nya  Sumatera Barat. Woow…!! pasti pada mengira di tempat ini banyak terdapat emasnya. Bukan…..bukan….bukan!!!!!! Jangan salah sangka dulu…!!!, jangan sampai Anda berpikir kalau pergi ke pulau ini akan mendapatkan emas yang banyak atau bermimpi mendulang emas di pulau ini. Kalau Anda sempat bermimpi seperti itu mengenai pulau emas yang akan penulis ceritakan ini, sepertinya Anda harus tabahkan hati, Kenapa?. Karena di Pulau ini Anda  tak akan mendapatkan emas yang Anda bayangkan itu.

Dokumentasi Foto saat Perahu Merapat ke Suwarnadwipa (28-12-2015)

Dokumentasi Foto saat Perahu Merapat ke Suwarnadwipa (28-12-2015)

Ettsss…tapi jangan sedih dulu, walaupun emas yang Anda bayangkan itu tak akan bisa didapatkan, namun ketika melangkahkan kaki  di pulau emas ini Anda akan terpesona dengan keindahaan dan keunikan pulau ini . Lantas…..apa maksudnya  Suwarnadwipa “Pulau Emasnya Sumatera Barat? Nah ini dia…. Pulau Emas yamg dimaksudkan dalam tulisan ini  adalah sebuah nama pantai dari sebuah tempat wisata penginapan pantai yang bernama “Suwarnadwipa Beach & Resort”.  Pulau Emas ini merupakan destinasi vaforit saat ini, karena berada di lokasi strategis; mempunyai perairan yang sangat tenang dengan air yang sangat jernih, letaknya di pesisir sebelah Selatan kota Padang bagian Barat Pantai Sumatera. Lokasi ini merupakan destinasi baru di Sumatera Barat, disini anda akan merasakan sensasi yang berbeda yang tentunya liburan anda akan terasa fantastik. Pulau Emas mempunyai fasilitas penginapan yang nyaman dengan konsep kesejukan alam, kembali ke alam, dan kesederhanaan.

Jadi, boleh dikatakan bahwa saat ini salah satu paket tour pulau yang lagi “booming” dan banyak dikunjungi selain Pulau Pagang adalah sebuah pulau yang dinamakan dengan nama Suwarnadwipa. Dan tentunya penulis sangat beruntung, karena  telah mengunjungi Suwarnadwipa yang lagi “ngetrend” ini pada liburan akhir tahun  2015 yaitu tepatnya  28 Desember 2015. Mau tau Ayo ikuti cerita tentang Suwarnadwipa di bawah ini!

B. Asal Nama Suwarnadwipa

Sebagaima kita ketahui  bahwa Suwarnadwipa adalah julukan bagi pulau Sumatera, berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya Pulau Emas atau Suwarnabhumi atau tanah yang bersinar (dikutip dari https://id.wikipedia.org/wiki/Sumatera).

Dalam berbagai penelitian prasasti yang dilakukan oleh para ilmuwan, dalam bahasa Sansekerta Swarnadwipa adalah Pulau Sumatera. Swarnadwipa berasal dari kata “Suwarnadwipa”  yaitu pulau emas atau “Suwarnabhumi” yaitu tanah emas. Naskah Budha yang termasuk paling tua, Kitab Jataka, menceritakan pelaut-pelaut India menyeberangi Teluk Benggala ke Suwarnabhumi. Dalam cerita Ramayana dikisahkan pencarian Dewi Shinta, istri Rama yang diculik Rahwana sampai ke Suwarnadwipa.

Penamaan Swarnadwipa untuk Pulau Sumatera ini telah dipakai dalam naskah-naskah India pada tahun sebelum masehi. Selain dikenal dengan Swarnadwipa, pulau Sumatera juga dikenal dengan Pulau Andalas. Konon, di Pulau Sumatera banyak terdapat pohon yang bernama pohon Andalas.

C. Lokasi dan Posisi

Pulau Emas adalah sebuah nama pantai dari sebuah tempat wisata penginapan pantai yang bernama “Suwarnadwipa Beach & Resort”. letaknya di pesisir sebelah Selatan kota Padang bagian Barat Pantai Sumatera. Pulau Emas ini mempunyai perairan yang sangat tenang dengan air yang sangat jernih. Posisinya berseberangan dengan Pulau Sironjong juga sangat dekat sekali dengan Pulau-pulau cantik seperti Pulau Sikuai, Pulau Pagang, Pamutusan, dan Pasumpahan.

 
D.  Cara ke Suwarnadwipa

Jika anda dari kota padang sekitar 1 jam perjalanan menuju lokasi Pulau Suwarnadwipa ini, Pulau ini bisa di tempuh dengan mengunakan kapal kecil dari pesona beach yang terletak dekat dengan pantai caroline, sekitar 1 jam perjalanan laut Anda akan di suguhkan dengan pulau-pulau kecil nan eksotis yang akan anda lewati. Dan untuk mengunjungi Penginapan Pantai Suwarnadwipa/ Pulau Emas memang harus menggunakan speed boat dan akses terdekat bisa melalui Pantai Bungus Padang yang jaraknya 20km atau 30 menit perjalanan dari Pusat kota Padang.

 
E. Fasilitas

Pulau Emas mempunyai fasilitas penginapan yang nyaman dengan konsep kesejukan alam, kembali ke alam, dan kesederhanaan, disini juga menerima kunjungan wisata one day tour jadi anda tidak harus menginap.

Harga Paket Tour :

– One day Tour Pulau Emas + Pulau Pagang/Pamutusan/Pasumpahan Mulai dari Rp 250.000/pax

– 1 Night Homestay Mulai dari : Rp. 650.000/Pax

Fasilitas Include :
-Asuransi Perjalanan
– Transportasi Boat PP
– Tiket masuk Pulau
– Penginapan Pulau Emas 1 malam (Homestay)
– Makan & Minum
– Tour Ke Pulau Pagang / Pamutusan/Pasumpahan
– Pemandu /Guide
_ Banana Noat
_ Baju pelampung
_ Snorkeling + Underwater Photo
_ CD Dokumentasi

Tour Menginap di Suwarnadwipa
Kamar di Suwarnadwipa Kapasitas 5 orang
Menginap di kamar dengan kapasitas 4, 5 dan  8 orang @Rp 550.000/Orang (minimal 3 orang)

Untuk kamar kapasitas 5, bila lebih dari 5 orang, berikutnya di charge Rp 450.000/orang (extra bed).

Bila menginap cuma 2 orang (Paket Honeymoon) Rp 650.000/Orang

Bila ingin mengunjungi pulau sekitar tinggal tambah tiket masuk pulau saja Rp 20.000/orang/pulau

Paket tidak Termasuk:
-Biaya Parkir
-Pengeluaran pribadi

Pihak pengelola pulau dalam waktu dekat ini juga berencana menambah pembangunan cottage di sekitar pantai dan wisata tracking, karena pulau ini masih baru beberapa bulan ini di resmikan banyak perencanaan yang akan dilakukan untuk pengembangan pulau suawarnadwipa ini. Jadi kita tunggu saja, hal – hal unik apa sajakah yang akan hadir di pulau ini.

 

F. Pesona, Keunikan dan  Hal-hal  yang dapat dilakukan di Suwarnadwipa

Nah, berbeda dengan jalur yang digunakan oleh pemgunjung pada umumnya, penulis dan rombongan justru memulai perjalanan dari Padang, menuju ke Sungai Pisang, kemudian naik speet boat menuju gugusan kepulauan Mandeh. Dan sudah tentu untuk menuju gugusan kepulauan Mandeh terlebih dahulu melewati Suwarnadwipa. Dan kami singgah di Suwarnadwipa justru saat perjalanan pulang

Dokumentasi Foto Penulis di Jembatan Sungai Pisang Saat Star Menuju Suwarnadwipa  (28-12-2015)

Dokumentasi Foto Penulis di Jembatan Sungai Pisang Saat Star Menuju Suwarnadwipa (28-12-2015)

Dengunan mesin  motor boat yang kami  tumpangi terus membisingi telinga. Langit cerah dengan semburat awan-awan megah memayungi motor boat  yang kami tumpangi. Penulis dan teman, serta dua orang guide dan sang pemilik perahu, tengah mengarungi sebuah perairan laut di selatan Kota Padang di siang yang sangat cerah.

Tulisan Suwarnadwipa raksasa telihat dari kejauhan, seolah menyambut siapa saja. Suwarnadwipa Beach Club & Resort lengkapnya tulisan tersebut, semakin jelas dan semakin besar saja ketika perahu motor kami mendekati kawasan tepian pantai nan asri itu.

Pemilik motor boat  mematikan mesinnya ketika  mendekati bibir pantai. Tak lama kemudian ujung  motor boat mencium pasir pantai nan putih mulus. Dan kami pun segera turun, untuk menyaksikan dan menjelajahi sebuah kawasan kecil dan terpencil ini.

Tempat ini lebih dikenal wisatawan dengan nama Pulau Suwarnadwipa ataupun Pulau Emas. Padahal sebenarnya lokasi ini merupakan sebuah pantai yang masih 1 bagian dengan keseluruhan Pulau Sumatera, bukan terpisah dari pulau kedua terbesar di Indonesia itu.

Pantai Suwarnadwipa yang Indah yang  Posisinya berseberangan dengan Pulau Sironjong juga sangat dekat sekali dengan Pulau-pulau cantik seperti Pulau Sikuai, Pulau Pagang, Pamutusan, dan Pasumpahan (28-12-2015)

Pantai Suwarnadwipa yang Indah yang
Posisinya berseberangan dengan Pulau Sironjong juga sangat dekat sekali dengan Pulau-pulau cantik seperti Pulau Sikuai, Pulau Pagang, Pamutusan, dan Pasumpahan (28-12-2015)

 
Apa yang ditawarkan oleh Suwarnadwipa? Tentu saja spot ikonik berupa rangkaian huruf raksasa yang terpampang di tepian pantai resort ini. Selain itu ada sebuah cottage 2 lantai dengan atap gaya bagonjong khas Minangkabau. Juga ada lapangan voli dan dermaga cantik yang menghadap Pulau Sironjong.

Konsep back to nature menjadi pembeda Suwarnadwipa dibanding dengan objek wisata pulau yang berada di sekitar pantai ini, mulai dari bentuk cottage, pancuran air tawar yang terbuat dari bebatuan, pipa air dari bambu,hingga dermaga dari susunan pohon pinang dan kayu. Semua berasal dari alam, tanpa banyak olahan dari pabrik.

Lingkungan sekitar resort ini pun hijau memukau, dikelilingi hutan-hutan dengan pepohonan besar. Sehingga tempat ini memang akan jadi idaman siapa saja yang ingin bersantai, mendambakan ketenangan, jauh dari kebisingan dan pemandangan alam nan asri.

Pantainya yang indah dan dunia bawah lautnya yang mempesona rasanya sayang kalau untuk dilewatkan, anda bisa mengabadikan moment indah anda bersama orang yang anda cintai banyak spot-spot menarik yang disediakan disini untuk berfoto, tak heran juga tempat ini juga di jadikan tempat Prawedding bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan.

Selain pantainya yang indah, ternyata lokasi wisata ini memiliki banyak keunikan yang jarang ditemui di tempat lain. Salah satu keunikan di Pulau ini adalah  airnya yang begitu jernih sehingga kita dapat dengan mudah melihat ikan hias berenang dengan bebasnya di sekitar pantai. Selain itu juga  terumbu karang di Pulau Suwarnadwipa tergolong masih baik, tempat ini akan di jadikan lokasi transplantasi terumbu karang dan perlindungan flora dan fauna dasar laut.  Dan pada saat snorkeling kita dapat menjumpai bintang laut, beraneka ikan hias salah satunya anemon dengan ikan nemonya, yang jelas para penggemar snorkeling pasti dapat dimanjakan di tempat ini.. Jadi, rugi rasanya kalau tidak mencoba bersnorkeling di pulau Suwarnadwipa ini.

Dokumentasi Foto Snorkeling di Pantai Suwarnadwipa sambil menyaksikan  beraneka ikan hias   (28-12-2015)

Dokumentasi Foto Snorkeling di Pantai Suwarnadwipa sambil menyaksikan beraneka ikan hias (28-12-2015)

 

Karena keindahan pantainya dan dunia bawah lautnya yang masih terjaga tak heran juga pulau ini di juluki Pulau Emas Yang Tersembunyi Di Sumatera Barat.

Disini juga telah disediakan Lapangan Volly Pantai oleh pihak Pulau, Anda bisa seru-seruan bermain Volly Pantai bersama sahabat Anda sambil melepaskan kejenuhan dari rutinitas pekerjaan Anda. Jika Anda ingin merasakan sensasi wahana lautnya Anda bisa mencoba permainan. Banyak kegiatan yang dapat anda di lakukan disini seperti permainan bananaboat, mable/donut, diving, Hiking, Jetski dan lain-lain.

Selain permainan wahana laut di atas, masih ada fasilitas permainan lainnya, seperti disediakan permainan congklak dan tempat ayunan di tengah laut (ayunan ini tidak terlalu ke tengah, masih dekat bibir pantai). Sehingga dengan kedua fasilitas ini bagi yang berkeluarga dapat bermain dengan putera puteri tercinta. Dan kalau pun tidak dengan putera-puteri , tak ada salahnyavAnda bermain congklak atau bermain ayunan di tengah laut bersama teman-teman tercinta. Apalagi bagi  Anda-Anda yang masa kecil kurang bahagia, Anda dapat menjemput ketinggalan permainan masa kecil Anda, ………hihihihihi.  Nah tunggu apa lagi, ayo berwisata ke Pulau Suwarnadwipa.

Dokumentasi Foto Bermain Ayunan di Laut Pantai Suwarnadwipa   (28-12-2015)

Dokumentasi Foto Bermain Ayunan di Laut Pantai Suwarnadwipa (28-12-2015)

G. Penutup

Wisata Pulau sedang  “ngetrend” khir-akhir ini. Nah, salah satu  wisata pulau yang lagi  ” booming”  saat ini adalah  lokasi wisata Suwarnadwipa. Di mana pulau yang disebut-sebut sebagai “Pulau Emas Tersembunyi” di Sumatera Barat ini menawarkan pesona keindahan dan keunikan tersendiri, serta tersedia fasilitas permainan dan wahana laut. Dan Anda dapat menikmatinya bersama keluarga ataupun sahabat tercinta. Tak kan rugi bila Anda ke sini. Nah….tunggu apa lagi, bila Anda ke Padang jangan lupa singgah ke tempat ini. Ya!

 

Referensi

Tersedia ” Info-reservasi Paket Wisata Pulau Emas Suwarnadwipa Pulau Pagang Sekitarnya”

https://partnerstour.wordpress.com/2015/07/31/ Diakses 23 Februari 2016 Jam 15.26

Tersedia “Nikmatnya Bersantai Di Suwarnadwipa” http://pulaupagang.com/Diakses Selasa 23 Februari 2016 Jam  16.21

Tersedia “Paket Tour Ke Pulau Suwarnadwipa”http://www.wisatakandi.com/2015/09/Diakses 23 Februari 2016 Jam 15.37

Tersedia ” Promo Paket Tour Pulau Emas”http://partners-bahari.blogspot.co.id/2015/09/Diakses Selasa 23 Februari 2016 Jam 15.43

Tersedia “Pulau Suwarnadwipa Sumatera Barat” http://aet.co.id/pariwisata/Diakses Selasa 23 Februari 2016 Jam 16.09

Tersedia ” Pulau Suwarnadwipa Di Sumatera Barat”http://toursumbar.info/Diakses Selasa 23 Februari 2016 Jam 15.53

Tersedia “Pulau Suwarnadwipa( Pulau Emas ) : Paket One Day Trip  Dan Paket Menginap”  http:/www.wisatapulausumaterabarat.com/ Diakses 23 Februari 2016 Jam 15.04

Tersedia “Selamat Datang Di Pulau Emas Wow” http://westsumateraislands.blogspot.co.id/2015/07/Diakses 23 Februari 2016 Jam 15.16

FacebookTwitterGoogle+Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tulisan Terkini
Buku Pegangan Siswa
Diktat Ekonomi SMA/MA

Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

Lihat Hasil Jajak Pendapat

Loading ... Loading ...

Laporan Karya Inovatif
Berita Lainnya
SINOPSIS BUKU "PANTUN BERSEMI (PANTUN BELAJAR SEJARAH DAN EKONOMI)"
SINOPSIS BUKU "PANTUN BERSEMI (PANTUN BELAJAR SEJARAH DAN EKONOMI)"
Alhamdulillah, ini buku kedua terbaru saya di tahun 2021 Judul : P
SINOPSIS BUKU "NASIONALISME PANCASILA MEMBUMI DI KELAS EKONOMI"
SINOPSIS BUKU "NASIONALISME PANCASILA MEMBUMI DI KELAS EKONOMI"
Alhamdulillah, ini buku terbaru karyaku di tahun 2021 Judul : NASI
KIND OF YOUNG PAPAYA FOODS (ANEKA CEMILAN DARI PEPAYA MUDA)
KIND OF YOUNG PAPAYA FOODS (ANEKA CEMILAN DARI PEPAYA MUDA)
Who doesn't know papaya? Especially for Indonesians, it seems that no
TEA FROM THE VARIOUS FLOWERS (TEH DARI ANEKA BUNGA)
TEA FROM THE VARIOUS FLOWERS (TEH DARI ANEKA BUNGA)
It turns out that there are various kinds of tea in this world. Not o
ASSORTED LEAF TEAS (ANEKA TEH DAUN)
ASSORTED LEAF TEAS (ANEKA TEH DAUN)
Tea ia one of popular drink in Indonesia and even on the word. Tea is

Temukan Kami di Facebook

Pencarian

       

.

Galeri Foto
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
20150203_121026-1.jpg
20150203_121051-1.jpg
IMG_39759949695819.jpeg
20131120_110407-1.jpg
20131120_110424-1.jpg
20131219_140230.jpg
Cerita Bergambar
Kalender
Juli 2021
S M T W T F S
27 28 29 30 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
Channel Youtube
Jntuk.net kumpulan situs judi slot online terpercaya 2020 & 2021 ABLBET merupakan situs judi game slot terbaik uang asli slot 888 bet atau daftar agen slot terbaru dan terbesar bahkan sudah menjadi dewa slot 88 link alternatif resmi & telah mendapatkan izin royal slot 888 dari PAGCOR dan Cagayan Leisure. judi slot situs slot game slot ligatempo link slot