Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 379907Total Pengunjung:
  • 141Hari ini:
  • 91Kemarin:
  • 4Online:
Panel Login
Komentar Terkini

    Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

    Asyiknya Belajar Ekonomi dengan Metode ” Talking Stick” di SMA Negeri 2 Rambatan

    A. Pengantar

    Beragam metode yang dapat digunakan guru dengan tujuan agar peserta didik berani berkomunikasi di depan teman-teman sekelas dan guru. Salah satu metode pembelajaran yang bisa mendorong peserta didik untuk berani dan percaya diri berkomunikasi adalah metode “Talking Stick”. Mungkin sudah banyak yang mengenal dan mencoba metode ini. Bagi yang belum, bisa mempelajari penjelasan tentang teori metode ini dan bagaimana penerapannya pada pembelajaran ekonomi di kelas XII-IS1 SMA Negeri 2 Rambatan TP. 2015/2016.

    Dokumentasi Foto Pembelajaran Ekonomi dengan Metode "Talking Stick" di kelas XII-IS1  SMAN 2 Rambatan TP. 2015/2016

    Dokumentasi Foto Pembelajaran Ekonomi dengan Metode “Talking Stick” di kelas XII-IS1 SMAN 2 Rambatan TP. 2015/2016

    B.Prosedur

    Adapun prosedur metode “Talking Stick” menurut Suprijono (2013:109-110) adalah sebagai berikut:

    1. Pembelajaran dengan metode “Talking Stick” diawali oleh penjelasan guru mengenai materi pokok yang akan dipelajari. Peserta didik diberi kesempatan membaca dan mempelajari materi tersebut. Berikan waktu yang cukup untuk aktivitas ini

    2. Guru selanjutnya meminta kepada peserta didik menutup bukunya. Guru mengambil tongkat yang telah dipersiapkan sebelumnya. Tongkat tersebut diberikan kepada salah satu peserta didik. Peserta didik yang menerima tongkat tersebut diwajibkan menjawab pertanyaan dari guru demikian seterusnya. Ketika stick bergulir dari peserta didik ke peserta didik lainnya, seyogyanya diiringi musik.

    3. Langkah akhir dari metode “Talking Stick” adalah guru memberikan kesempatan kepada peserta didik melakukan refleksi terhadap materi yang telah dipelajari. Guru memberi ulasan terhadap seluruh jawaban yang diberikan peserta didik, selanjutnya bersama-sama peserta didik merumuskaj kesimpulan.

     

    C. Penerapan Metode “Talking Stick” pada Pembelajaran Ekonomi di SMAN 2 Rambatan

    Metode ini diterapkan pada pembelajaran ekonomi dengan objek materi KD 4.1  MENDESKRIPSIKAN CARA PENGEMBANGAN KOPERASI DAN KOPERASI SEKOLAH, subjeknya adalah siswa kelas XII-IS1 SMAN 2 Rambatan TP 2015/2016, yang berjumlah 22 siswa. Pelaksanaan PBM dengan metode ini dilakukan pada Hari  Sabtu  29  Agustus 2015 Jam  III-IV  (09.00-10.30 WIB).

    Dalam hal ini penulis  mengacu pada pendapat   Suprijono (2013:109-110),  serta  dilakukan modifikasi dan penyempurnaan untuk menutupi kekurangan atau mengatasi hambatan-hambatan metode ini dalam pelaksanaannya di lapangan.

    Langkah-langkah kegiatan PBM sebagai berikut:
    1. Kegiatan Pendahuluan
    a. Pra pendahuluan
    b. Apersepsi
    c. Motivasi

    d. Pemberian kerangka acuan

    Sebelum kerangka acuan diberikan, terlebih dahulu dibagikan modul siswa sesuai dengan materi yang dibahas. Isinya selain  materi juga tugas-tugas yang akan dikerjakan  siswa

    Pada tahap kerangka  acuan ini dijelaskan secara ringkas tentang KD yang akan di bahas,  sistem penilaian, KKM, dan metode pembelajaran yang akan digunakan

    Posisi duduk saat kegiatan pendahuluan berlangsung sama  seperti posisi duduk  belajar pada  umumnya, di mana semua siswa duduk  menghadap  ke depan kelas.

     
    2. Kegiatan Inti

    Persiapan Kegiatan Inti

    a, Guru mempersiapkan  sepotong kayu sebagai “stick”

    b. Guru juga mempersiapkan musik untuk mengiringi  kegiatan “Talking Stick”

    c. Siswa dibagi  5 kelompok Masing-masing kelompok  beranggotakan 4-6  siswa

    d, Posisi  duduk pada kegiatan inti  leter U ganda, dengan posisi  duduk masing-masing siswa saling berhadapan di kelompoknya

    e. Guru membagikan tugas  perkelompok.  Pembagian materi untuk masing-masing kelompok seperti di bawah ini

     KD 4.1  MENDESKRIPSIKAN CARA PENGEMBANGAN KOPERASI DAN KOPERASI SEKOLAH

    KELOMPOK I:
    a. Pengertian Koperasi
    b, Landasan dan Azas Koperasi Indonesia

    KELOMPOK II:  
    a, Tujuan Koperasi
    b.  Fungsi dan Peran Koperasi

    KELOMPOK III:
    a, Prinsip Koperasi
    b, Jenis Kopersi berdasatkan lapangan usaha dan atau tempat tinggal
    c. Jenia koperasi berdasarkan tingkatannya

    KELOMPOK IV:  
    a, Perangkat Koperasi (Rapat Anggota, Pengurus, Pengawas)
    b, Modal  Koperasi

    KELOMPOK V:
    a. Tujuan koperasi sekolah
    b. Keanggotaan Koperasi Sekolah
    c, Manfaat Koperasi Sekolah
    d. Lapangan usaha koperasi sekolah

    Kegiatan inti dengan menerapkan Metode Pembelajaran  “Talking Stick”. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut

    a. Setiap siswa masing-masing kelompok diminta menguasai bahagian materi dari kelompoknya, di mana penguasaan materi ini akan berguna saat permainan “Talking Stick”. Agar tidak terjadi penguasaan materi yang sama dalam satu kelompok, untuk itu perlu diskusi pada kelompok tersebut dalam hal  pembagian materi untuk masing-masing anggota kelompok.

    b  Selanjutnya, agar ruang kelas  menjadi luas, susunan bangku yang tadinya letter U ganda, diubah menjadi letter U saja. Dan siswa diminta membuat formasi lingkaran di tengah-tengah ruang kelas.

    c. kegiatan “Talking Stick” dimulai dengan menyerahkan “stick” pada siswa, kemudian dengan diiringi musik, maka “stick” tersebut akan diserahkan dari oleh siswa ke siswa yang lain disebelahnya.

    Dokumentasi Foto Pembelajaran Ekonomi dengan Metode "Talking Stick" di kelas XII-IS1 SMAN 2 Rambatan TP.2015/2016,  di mana salah seorang siswa  sedang menyerahkan "stick" pada teman disebelahnya

    Dokumentasi Foto Pembelajaran Ekonomi dengan Metode “Talking Stick” di kelas XII-IS1 SMAN 2 Rambatan TP.2015/2016, di mana salah seorang siswa sedang menyerahkan “stick” pada teman disebelahnya

    d. Saat musik dihentikan guru, maka siswa yang sedang mendapat/memegang “stick” tersebut diberi hukuman. Hukuman bagi siswa yang mendapat ” Stick” ini adalah ia tampil ke tengah lingkaran dan kemudian menjelaskan materi sesuai yang telah ditugaskan padanya, sedangkan yang lainnya mendengarkannya.

    Dokumentasi Foto Pembelajaran Ekonomi dengan Metode "Talking Stick", di kelas XII-IS1 SMAN 2 Rambatan TP. 2015/2016, di mana terlihat  konsekwensi hukuman bagi yang mendapat "stick" saat musik berhenti, maka  siswa tersebut tampil  ke tengah lingkaran guna menjelaskan materi sesuai tugas yang diberikan padanya

    Dokumentasi Foto Pembelajaran Ekonomi dengan Metode “Talking Stick”, di kelas XII-IS1 SMAN 2 Rambatan TP. 2015/2016, di mana terlihat konsekwensi hukuman bagi yang mendapat “stick” saat musik berhenti, maka siswa tersebut tampil ke tengah lingkaran guna menjelaskan materi sesuai tugas yang diberikan padanya

    e.  Kegiatan “Talking Stick” ini berhenti  sesuai waktu yang telah ditentukan, artinya tidak harus seluruh siswa yang mendapat hukuman, setidak-tidaknya 75% siswa tampil kena hukuman.Oleh karena tidak semua siswa yang tampil, untuk itu guru meminta secara sukarela bagi siswa yang belum tampil tersebut untuk tampil menjelaskan materi. Materi yang dijelaskan oleh siswa ini bukan saja materi yang telah ditugaskan padanya, tapi lebih luas lagi, yaitu ditambah dengan materi kelompoknya, serta informasi yang diingatnya dari penjelasan siswa yang kena hukuman pada kegiatan “Talking Stick”.

    Dokumentasi Foto Pembelajaran Ekonomi dengan Metode "Talking Stick" di kelas XII-IS1 SMAN 2 Rambatan TP. 2015/2016, di mana salah seorang siswa secara sukarela tampil menjelaskan materi , baik materi ditugaskan pada kelompoknya, ataupun materi yang ia dengar dari teman yang mendapat hukuman saat kegiatan "Talking Stick".

    Dokumentasi Foto Pembelajaran Ekonomi dengan Metode “Talking Stick” di kelas XII-IS1 SMAN 2 Rambatan TP. 2015/2016, di mana salah seorang siswa secara sukarela tampil menjelaskan materi , baik materi ditugaskan pada kelompoknya, ataupun materi yang ia dengar dari teman yang mendapat hukuman saat kegiatan “Talking Stick”.

    Usai seluruh kegiatan inti, guru memberikan konfirmasi tentang pelaksanaan PBM, baik berupa pujian/penghargaan, saran dan kritik membangun.

     
    3.Kegiatan Penutup

    Kegiatan penutup terdiri dari menyimpulkan, evaluasi, guru juga merefleksi  dengan meminta tanggapan pada siswa tentang metode pembelajaran hari ini (baik kelebihan/kekurangannya, dll), informasi dan tugas minggu depan, dan menutup PBM

     
    E. Kesimpulan

    Berdasarkan keaktifan siswa, maka dengan metode pembelajaran  ini siswa aktif  100%-, karena dari 22 siswa, ke 22 aktif,  selain itu pada metode ini siswa sangat  senang dan bersemangat selama PBM berlangsung.

     
    Daftar Kepustakaan

    Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning:Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

    FacebookTwitterGoogle+Share

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Tulisan Terkini
    Buku Pegangan Siswa
    Diktat Ekonomi SMA/MA

    Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

    Lihat Hasil Jajak Pendapat

    Loading ... Loading ...

    Laporan Karya Inovatif
    Berita Lainnya
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU
    SONIAN ARTIS DAN GURU SONIAN ARTIS DAN GURU Artis Film shootin
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU
    SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DAN KAMU SONIAN MALAM MINGGU, AKU, DA
    SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PLUS SONIAN GURU DAN DANA GAJAH PL
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU
    SONIAN OMBAK DAN AKU SONIAN OMBAK DAN AKU Debur ombak putih
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU
    SONIAN PERAHU DAN AKU SONIAN PERAHU DAN AKU Kembara lautan Ta

    Temukan Kami di Facebook

    Pencarian

           

    .

    Galeri Foto
    Klik Slideshow di bawah untuk
    melihat Galeri Foto secara lengkap
    20150203_121026-1.jpg
    20150203_121051-1.jpg
    IMG_39759949695819.jpeg
    20131120_110407-1.jpg
    20131120_110424-1.jpg
    20131219_140230.jpg
    Cerita Bergambar
    Kalender
    Maret 2021
    S M T W T F S
    28 1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 29 30 31 1 2 3
    Buku Tamu