Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 331975Total Pengunjung:
  • 152Hari ini:
  • 168Kemarin:
  • 0Online:
Panel Login

Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

Wartawan dan IGPPL Tanah Datar Menimba Ilmu Bahasa dari Balai Bahasa Sumbar

Wartawan dan IGPPL Tanah Datar Menimba Ilmu Bahasa dari Balai Bahasa SumbarTanah Datar-Rabu (16/10/19). Ruang Aula SMK Negeri 2 Batusangkar Bukit Gombak
[Selengkapnya...]

Speech To Text dan Text To Speech Review rumahbelajar.id: Ekonomi Kelas X Karya Sukardi Serta Karya Supriyanto dan Ali Muhson

Speech To Text dan Text To Speech Review rumahbelajar.id: Ekonomi Kelas X Karya Sukardi Serta Karya Supriyanto dan Ali MuhsonBismillahirohmanirohim. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Perkenalkan, saya Ir.Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E Guru Ekonomi
[Selengkapnya...]

Cara Membuat Mayones dari Putih Telur

Cara Membuat Mayones dari Putih TelurMayones atau mayonais (mayonnaise) adalah salah satu jenis saus yang dibuat
[Selengkapnya...]

Cara Membuat Yoghurt dari Susu UHT

Cara Membuat Yoghurt dari Susu UHTYoghurt merupakan salah satu olahan susu yang diproses melalui fermentasi dengan
[Selengkapnya...]

Cara Membuat Mie Wortel

Cara Membuat Mie WortelWortel (Daucus carota) adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24
[Selengkapnya...]

Cara Membuat Mie Ubi Ungu

Cara Membuat Mie Ubi UnguMie merupakan salah satu produk makanan yang digemari oleh berbagai kalangan
[Selengkapnya...]

Cara Membuat Mie Sawi Hijau

Cara Membuat Mie Sawi HijauMie dengan tampilan warna cerah menarik tentunya akan menggugah selera. Mie
[Selengkapnya...]

Cara Membuat Mie Buah Naga Merah

Cara Membuat Mie Buah Naga MerahMie adalah salah satu menu favorite orang Indonesia. Anak kecil hingga
[Selengkapnya...]

Sinopsis Buku "Mapping Galerry di Kelas Ekonomi

Sinopsis Buku MAPPING GALLERY DI KELAS EKONOMI Judul : Mapping Gallery Di Kelas Ekonomi Penulis:
[Selengkapnya...]

Speech To Text dan Text To Speech Review rumahbelajar.id: Ekonomi Kelas X Karya Sukardi Serta Karya Supriyanto dan Ali Muhson

Bismillahirohmanirohim.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Perkenalkan, saya
Ir.Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E
Guru Ekonomi SMA Negeri 2 Rambatan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat

Selamat berjumpa kembali, Bapak Ibu hebat di seluruh Nusantara. Senang berjumpa kembali dengan bapak ibu hebat, khususnya tentang review konten rumah belajar.
Portal rumah belajar kemdikbud adalah salah satu kontributor rumahbelajar.id. Banyak fitur-fitur pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru di rumahbelajar.id ini.

Banyak buku sumber pembelajaran yang tersedia di rumahbelajar.id, termasuk buku ekonomi. Nah, pada kesempatan ini saya akan mereview 2 buah buku mata pelajaran ekonomi kelas 10. Review pertama buku dengan Pengarang Sukardi, Judul buku Ekonomi SMA kelas 10, Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional tahun 2009. Selanjutnya review buku kedua dengan pengarang Supriyanto dan Ali Muhson, Judul Buku Ekonomi SMA Kela 10, Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional tahun 2009.

Buku Ekonomi Kelas 10 Karya Sukardi serta Karya Supriyanto dan Ali Muhson

Kegiatan review ini merupakan salah satu tugas peserta Pelatihan SEAMEO VCT 93 SUMATERA BARAT 1 BACHT V. Buku yang direview bukan hanya permasalahan kelemahan dari buku ini, tentu juga kelebihannya. Proses review ini saya menggunakan 2 aplikasi
Pertama, Aplikasi SPEECH TO TEKS (STT) ColorNote.
Kedua, Aplikasi TEXT TO SPEECH (TTS) @Voice.

Baiklah Bapak Ibu Hebat, saya akan memulai review yang pertama dengan menggunakan ColorNote. Namun sebelumnya sebagai informasi saya akan mengemukakan selintas apa itu ColorNote

ColorNote adalah salah satu aplikasi SPEECH TO TEKS. Aplikasi ini berupa teknik dan sistem yang memungkinkan komputer untuk menerima masukan berupa kata yang diucapkan. Teknologi ini memungkinkan suatu perangkat untuk mengenali dan memahami kata-kata yang diucapkan dengan cara digitalisasi kata dan mencocokkan sinyal digital tersebut dengan suatu pola tertentu yang tersimpan dalam suatu perangkat. Kata-kata yang diucapkan diubah bentuknya menjadi sinyal digital dengan cara mengubah gelombang suara menjadi sekumpulan angka yang kemudian disesuaikan dengan kode-kode tertentu untuk mengidentifikasikan kata-kata tersebut. Hasil dari identifikasi kata yang diucapkan dapat ditampilkan dalam bentuk tulisan atau dapat dibaca oleh perangkat teknologi.

Secara sederhana aplikasi STT ColorNote ini akan menuliskan apa yang sedang kita bicarakan.

Review pertama buku ekonomi Sukardi yang tersedia di rumahbelajar.id, dan review menggunakan STT dapat Anda saksikan di chanel youtube saya ini dengan link

A. REVIEW Buku rumahbelajar.id: BUKU EKONOMI KELAS X SMA KARYA SUKARDI

Rumah Belajar adalah Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar, serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan untuk semua jenjang. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Fitur utama rumah belajar, seperti
Sumber belajar, Kelas Digital, Bank Soal, Laboratorium Maya, dan masih banyak fitur lainnya.

Bapak Ibu hebat, hari ini saya akan mereview salah satu buku yang tersedia di Rumah Belajar. Buku yang akan saya review adalah buku mata pelajaran ekonomi kelas 10. Pengarang Sukardi, Judul buku Ekonomi SMA kelas 10, Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional tahun 2009.

Buku Ekonomi Kelas X Karya Sukardi

Review kali ini bukan hanya permasalahan kelemahan dari buku ini, tentu juga kelebihannya.

Berdasarkan analisis saya setelah membaca buku ini, saya akan mereview 8 konten. Masing-masingnya akan saya rinci di bawah ini.

Pertama, Konten Sistematika Penyajian.
Permasalahan terletak pada kelemahannya. Di mana buku ini belum menyajikan materi kunci, problema ekonomi, Sang tokoh, pojok informasi, kunci jawaban, dan refleksi. Namun, di balik kelemahan tersebut, buku ini memiliki kelebihan, di mana buku ini telah memuat hal-hal seperti cover bab, petunjuk cara penggunaan buku, tujuan pembelajaran, peta konsep, uraian materi, kata kunci, tugas rangkuman, dan test formatif.

Kedua, Konten Cover Bab.
Kelebihannya: Cover bab telah memuat isi, ilustrasi foto, dan narasi, sehingga memudahkan siswa dalam memahaminya. Sedangkan, kelemahannya, cover foto yang ditampilkan tidak berwarna sehingga kurang menarik.

Ketiga, Konten Materi kunci.
Kelebihannya tidak ada karena memang tidak ada materi kunci di dalam buku ini, sehingga kelemahannya materi kunci tidak diberikan, padahal materi kunci perlu diberikan untuk mengenalkan materi apa saja yang akan dipelajari dalam bab yang bersangkutan, serta indikator indikator pencapaian materi yang harus dikuasai.

Keempat, Konten Sang Tokoh.
Kelebihannya tidak ada karena sang tokoh tidak ada di sajikan di dalam buku, padahal sang tokoh diperlukan untuk memotivasi siswa agar memiliki etos kerja, menghargai prestasi orang lain, giat bekerja, dan berusaha setelah membaca tokoh-tokoh yang berjasa dalam bidang ekonomi. Jadi ini kelemahannya, karena tidak ada sang tokoh.

Kelima, Konten Pojok informasi. Kelebihannya tidak ada, karena memang tidak ada pojok informasi. Kelemahannya karena tidak ada pojok informasi, padahal pojok informasi seputar ekonomi perlu diberikan dengan tujuan mendorong siswa gemar membaca dan berpikir lebih mendalam.

Keenam, Konten Tes formatif.
Kelebihannya, tes formatif lengkap. Kelemahannya pokok soal pada umumnya masih banyak yang belum menggunakan stimulus.

Ketujuh, Konten Kunci Jawaban.
Kelebihan tidak ada, karena dalam buku ini memang kunci jawaban tidak ada, padahal kunci jawaban perlu, agar siswa dapat mengetahui Jawaban yang benar.

Delapan, Konten Refleksi. Kelebihannya tidak ada karena refleksi memang tidak ada di dalam buku ini, padahal refleksi perlu ada karena dengan refleksi membantu siswa dalam pemahaman diri.

Demikianlah permasalahan serta kelebihan buku ini, sehingga bisa disimpulkan dari review tentang buku Ekonomi SMA kelas 10 pengarang Sukardi bahwa isi materi pembelajaran sesuai dengan Kurikulum yang digunakan, hanya saja untuk penyempurnaan perlu ditambahkan konten-konten yang sangat diperlukan agar memudahkan siswa untuk mempelajari dan memperluas wawasan siswa.

Selanjutnya yang kedua saya akan mereview buku tersebut di atas dengan menggunakan aplikasi TTS @Voice. Sebelum memulai memulai review aplikasi ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang Aplikasi Text to Speech (TTS) ini.

TTS (Text to Speech) adalah suatu sistem yang dapat melakukan konversi dari teks menjadi ucapan. Manfaat Aplikasi atau software text to speech, kita bisa mengetik sejumlah kalimat dan meminta komputer atau smartphone untuk membacakannya, seperti layaknya orang berbicara. Salah satu aplikasi TTS adalah @Voice.

Aplikasi @voice ini sangat membantu dalam membacakan tulisan baik dalam bentuk PDF, DOC, TXT, EPUB dan file lainnya. Namun,cara membacanya membuat telingga yang mendengar terganggu saat mendengarkannya, karena kecepatan membaca dan intonasinya kurang enak didengar.

Selanjutnya mari kita dengarkan TTS @Voice mereview buku Milik Rumah Belajar Kemdikbud, yaitu buku Ekonomi SMA Kelas X karya Sukardi Rumah Belajar Kemdik. Silahkan saksikan chanel youtube saya ini.

B. REVIEW BUKU rumahbelajar.id: BUKU EKONOMI SMA KELAS X KARYA SUPRIYANTO DAN ALI MUHSON

Selanjutnya review buku kedua yang akan saya review adalah buku ekonomi dengan pengarang Supriyanto dan Ali Muhson, Judul Buku Ekonomi SMA Kelas 10, Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional tahun 2009.

Buku Ekonomi SMA Kelas X Karya Supriyanto dan Ali Muhson

Poses review ini menggunakan 2 aplikasi
Pertama, Aplikasi SPEECH TO TEKS (STT) ColorNote.
Kedua, Aplikasi TEXT TO SPEECH (TTS) Text Voice.

Baiklah kita mulai saja review yang pertama dengan menggunakan Aplikasi SPEECH TO TEKS (STT) ColorNote. Bagaimana prosesnya silahkan saksikan di link youtube di bawah ini.

Berdasarkan analisis saya setelah membaca buku ekonomi SMA kelas X karya Supriyanto dan Ali Muhson ini, maka hasilnya tidak jauh berbeda dengan hasil analisis saya terhadap buku ekonomi SMA Kelas karya Sukardi. Di mana pada kedua buku ini sama-sama terdapat kelebihan dan kelemahan dalam hal Konten Sistematika Penyajian. Di mana kedua buku ini telah memuat hal-hal seperti cover bab, tujuan pembelajaran, peta konsep, uraian materi, kata kunci, tugas rangkuman, dan test formatif. Sedangkan kelemahannya, dua buku ini sama-sama belum menyajikan materi kunci, problema ekonomi, Sang tokoh, pojok informasi, kunci jawaban, dan refleksi.

Uraian penjelasan kelebihan untuk masing-masing konten dari kedua buku tersebut benar-benar serupa, mencakup uraian kelebihan untuk cover bab, tujuan pembelajaran, peta konsep, uraian materi, kata kunci, tugas rangkuman, dan test formatif.

Selanjutnya demikian juga uraian penjelasan kelemahan untuk masing-masing buku tersebut juga benar-benar serupa, mencakup materi kunci, problema ekonomi, Sang tokoh, pojok informasi, kunci jawaban, dan refleksi.

Namun, di balik itu ada satu hal berbeda dari kedua buku tersebut. Buku ekonomi SMA Kelas X Sukardi memiliki satu kelebihan dibanding buku Ekonomi SMA Kelas X karya Supriyanto dan Ali Muhson. Buku Ekonomi SMA Kelas X Karya Sukardi memuat PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU, dan penyajiannya sangat menarik, lengkap, dan mudah dipahami: sedangkan Buku Ekonomi SMA Kelas X Karya Supriyanto dan Ali Muhson ternyata TIDAK MEMUAT PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU.

Jadi kelemahan buku Ekonomi SMA Kelas Karya Supriyanto dan Ali Muhson selain buku belum menyajikan materi kunci, problema ekonomi, Sang tokoh, pojok informasi, kunci jawaban, dan refleksi, ternyata buku ini juga TIDAK MEMUAT PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU. Padahal Pentunjuk penggunaan buku itu sangat penting untuk memudahkan siswa atau pembaca dalam mempelajari buku tersebut.

Demikianlah review tentang buku Ekonomi SMA kelas 10 karya Supriyanto dan Ali Muhson. Hasil review dapat disimpulkan buku ini memiliki kelebihan dan kelemahan yang hampir serupa dengan buku Ekonomi SMA Kelas X karya Sukardi, di mana isi materi pembelajaran sesuai dengan Kurikulum yang digunakan, hanya saja untuk penyempurnaan perlu ditambahkan konten-konten yang sangat diperlukan agar memudahkan siswa untuk mempelajari dan memperluas wawasan siswa.

Demikian review menggunakan STT dan TTS terhadap salah dua buah buku sumber pembelajaran yang tersedia di Portal Kemdikbud, yaitu pertama buku Ekonomi SMA Kelas X terbitan tahun 2009 karya Soekardi, serta kedua buku Ekonomi SMA Kelas X karya Supriyanto dan Ali Muhson terbitan tahun 2019, dengan penerbit Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional tahun 2009.

Selanjutnya bagaimana proses review dengan menggunakan aplikasi TEXT TO SPEECH (TTS) Text Voice dapat Anda saksikan pada link youtube di bawah ini.

Akhir kata, saya Fitriany Febby Adiana Gustariny, guru ekonomi SMA Negeri 2 Rambatan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mohon undur diri. Salah dan janggal, saya mohon maaf. Saya akhiri dengan mengucapkan wabillahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

FacebookTwitterGoogle+Share
Tulisan Terkini
Buku Pegangan Siswa
Diktat Ekonomi SMA/MA

Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

Lihat Hasil Jajak Pendapat

Loading ... Loading ...

Laporan Karya Inovatif
Berita Lainnya
Wartawan dan IGPPL Tanah Datar Menimba Ilmu Bahasa dari Balai Bahasa Sumbar
Wartawan dan IGPPL Tanah Datar Menimba Ilmu Bahasa dari Balai Bahasa Sumbar
Tanah Datar-Rabu (16/10/19). Ruang Aula SMK Negeri 2 Batusangkar Bukit
Cara Membuat Mayones dari Putih Telur
Cara Membuat Mayones dari Putih Telur
Mayones atau mayonais (mayonnaise) adalah salah satu jenis saus yang d
Cara Membuat Yoghurt dari Susu UHT
Cara Membuat Yoghurt dari Susu UHT
Yoghurt merupakan salah satu olahan susu yang diproses melalui ferment
Cara Membuat Mie Wortel
Cara Membuat Mie Wortel
Wortel (Daucus carota) adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24
Cara Membuat Mie Ubi Ungu
Cara Membuat Mie Ubi Ungu
Mie merupakan salah satu produk makanan yang digemari oleh berbagai ka

Temukan Kami di Facebook


       

.

Galeri Foto
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
20150203_121026-1.jpg
20150203_121051-1.jpg
IMG_39759949695819.jpeg
20131120_110407-1.jpg
20131120_110424-1.jpg
20131219_140230.jpg
Cerita Bergambar
Kalender
Desember 2019
S M T W T F S
24 25 26 27 28 29 30
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4
Buku Tamu