Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 354475Total Pengunjung:
  • 23Hari ini:
  • 67Kemarin:
  • 0Online:
Panel Login

Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

SINOPSIS BUKU QUEEN OF THAI

SINOPSIS BUKU QUEEN OF THAISINOPSIS BUKU QUEEN OF THAI Judul : Queen of Thai Penulis : Ir.
[Selengkapnya...]

TATKALA BIRU MENGAMPIRI

TATKALA BIRU MENGAMPIRITatkala Biru Menghampiri Bunga bermekaran semerbak mewangi Daun hijau rimbun lega melambai Angin
[Selengkapnya...]

ALUR ADMINISTRASI PERPAJAKAN DI INDONESIA

Pajak merupakan salah satu sumber pembiayaan pembangunan. Perpajakan sangat berkaitan dengan
[Selengkapnya...]

MENUJU RIVER CITY BANGKOK

MENUJU RIVER CITY BANGKOKSabtu pagi 16 Februari 2019, di kamar Livotel Bangkok aku dan
[Selengkapnya...]

MENUJU LIVOTEL BANGKOK

MENUJU LIVOTEL BANGKOKUsai seminar SEAMEO, Jumat 15 Februari 2019 aku dan rombongan Jelajah
[Selengkapnya...]

SEMINAR SEAMEO BANGKOK

SEMINAR SEAMEO BANGKOKJumat, 15 Februari 2019 tepat pukul 16.00 waktu setempat, para
[Selengkapnya...]

PERJALANAN MENUJU SEAMEO BANGKOK

PERJALANAN MENUJU SEAMEO BANGKOKJumat, 15 Februari menjelang pukul 15.00, para peserta Jelajah
[Selengkapnya...]

KESAN PERTAMA DMK-BANGKOK

KESAN PERTAMA DMK-BANGKOKPerjanalan menuju DMK-Bangkok hampir tiba. Biasanya saat pesawat hendak take of,
[Selengkapnya...]

KEBERANGKATAN MENUJU DMK, BANGKOK

KEBERANGKATAN MENUJU DMK, BANGKOKTibalah saatnya hari yang kutunggu, tepatnya hari
[Selengkapnya...]

MULTI PERSIAPAN KEBERANGKATAN KE BANGKOK

MULTI PERSIAPAN KEBERANGKATAN KE BANGKOKPerihal pertama paspor, dan aku tidak mengahadapi kendala. Sejak mendapat Reward
[Selengkapnya...]

Catatan 17 Studi Banding Internasional: Mengunjungi  Wahana Edukasi  “Science Centre Singapore”

A. Pengantar

Bagi sebahagian orang, sains itu membosankan.  Namun mungkin akan berbeda saat Anda berkunjung ke Science Centre Singapore.  Di tempat ini, Anda dan keluarga, khususnya anak-anak akan belajar banyak mengenai sains, teknologi, dan matematika secara interaktif dan menyenangkan.  Selain itu, tempat ini juga cocok untuk para guru yang merencanakan melakukan darmawisata sekolah, wisatawan untuk mengisi waktu luang, atau para penggila ilmu yang ingin memperluas wawasan mereka yang sudah banyak.  Yang jelas Anda akan menemukan sesuatu yang berbeda saat berkunjung di Science Centre Singapore.

Nah kali ini kami rombongan Studi Banding Internasional Siswa Berprestasi dan Pembimbing Kabupaten Tanah Datar 2015 berkesempatan untuk mengunjungi  “Science Centre Singapore”ini, yaitu tepatnya pada hari Sabtu 19 September 2015. Dan kegiatan ini merupakan agenda pertama kami di Kota Singa ini. Ingin tahu apa yang kami saksikan di lokasi ini, yuk ikuti cerita di bawah ini!

Science Centre Singapore

Science Centre Singapore

 
B.Lokasi  

Singapore Science Center ini terletak di pinggir kota Singapura, tepatnya di  15 Science Centre Road, Singapore 609081.
Telepon: +65 6425 2500

 
C. Sejarah

Science Centre Singapore didesain oleh Raymond Woo sebagai juara kompetensi desain arsitektur yang diselenggarakan oleh Pusat Dewan Science Negara Singapura. Science Centre Singapore sebelunya dikenal sebagai Singapore Science Centre  lembaga ilmiah di Jurong East, Singapura, yang mengkhususkan diri dalam mempromosikan pendidikan ilmiah dan teknologi untuk masyarakat umum.  Dengan lebih dari 850 pameran yang tersebar di delapan galeri pameran.  Pusat wahana edukasi sains yang dibangun dengan biaya yang tidak sedikit demi kemajuan generasi ilmuwan cilik di bidang sains dan IPTEK di Jurong East ini secara resmi dibuka pada tanggal 10 Desember 1977 oleh Dr. Toh Chin Chye dari Pusat Dewan Science dan pada tanggal 17 Desember 2007, Pusat Sains tersebut dikenal sebagai “Science Centre Singapore” (“SCS”). 

 

D. Tujuan

Singapore Science Center (SSC) sebenernya lebih populer buat orang lokal Singaporean atau foreigner yang tinggal di Singapore.  Disini bisa ditemukan macam macam alat peraga yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan alam (science).

SSC ini dimiliki dan dikelola oleh kementrian pendidikan Singpura (ministry of education), jadi  tujuan utamanya buat pendidikan dan bukan buat turis, tapi  meskipun tujuannya utamanya bukan buat turis, ternyata berkat penyediaan fasilitas dan pembangunan, serta pengembangannya yang terencana dengan matang dan akhirnya lokasi ini juga jadi obyek turis yang menarik. Walaupun bangunannya sudah agak tua, tapi terlihat bersih dan terawat.

Institusi ini memang didirikan khusus untuk mempromosikan hal-hal yang bersifat ilmiah dan pendidikan kepada masyarakat umum. Tapi, walaupun temanya adalah ilmu pengetahuan, tidak berarti bahwa tempat ini membosankan. Bahkan sebaliknya. Tempat ini sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Buktinya, tempat ini memenangkan penghargaan “Best Enrichment Experience” dalam acara Singapore Experience Awards yang diselenggarakan oleh Singapore Tourism Board..

 
E. Ada Apa di Science Centre Singapore?

Singapore Science Center adalah sebuah tempat wisata di Singapura  dengan luas 7.500 meter persegi yang didedikasikan untuk menambah pengetahuan tentang sains seluruh pengunjung dari segala usia. Science Centre Singapore ini sarat akan ilmu pengetahuan dan teknologi dan sangat cocok bagai para ilmuwan muda serta calon pakar IPTEK. Science Centre Singapore sebagai wahana edukasi yang telah diakui dunia ini pasti akan memacu otak dan menginspirasi pengunjung. Tempat ini juga menawarkan program pengayaan bagi siswa yang bertujuan untuk melengkapi pendidikan sains formal di sekolah, kegiatan yang memperkaya ilmu pengetahuan dan menyenangkan, kompetitif, serta terjangkau untuk semua orang.

Di Science Centre Singapore, ada sekitar 14 galeri yang mencakup berbagai topik terkait sains, teknologi, dan matematika, di mana dengan 850 lebih wahana interaktif dan 1000 media sains yang menggambarkan keajaiban dan keindahan ilmu pengetahuan di mana pengunjung nyaris mustahil untuk melihat semua media untuk satu kali kunjungan.  Ada juga area pameran luar ruang sekitar 20.000 meter persegi yang menampilkan pameran seperti Waterworks, Kinetic Garden, dan Ecogarden.  

Saat berkunjung kesana, ada banyak hal yang bisa Anda lihat dan coba. Beberapa eksibisi yang ada disana antara lain adalah  rumus matematika Galileo Galilei, rumus Fisika, Climate Change, Uniquely You, Genome, Sound Exhibition, Living with Viruses, Our Solar System, dan masih banyak lagi. Semuanya sangat menarik untuk dikunjungi, dan mengajarkan banyak hal yang penting.  Contohnya, di Climate Change, kita bisa belajar tentang perubahan iklim, yang menurut para ahli akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan. Kita juga bisa belajar hal-hal lain yang masih berhubungan dengan iklim, tentunya dengan cara yang menyenangkan, seperti menonton kartun di dalam Object Theatre. Kinetic Garden adalah eksibisi yang tidak kalah menarik. Eksibisi outdoor ini mendemonstrasikan berbagai prinsip dan fenomena ilmiah. Contohnya, Anda bisa mencoba Magic Swing, yang menunjukkan bahwa energi tidak bisa diciptakan atau dihilangkan, tapi bisa diubah menjadi bentuk energi lainnya.

Seperti telah disebutkan di atas, karena banyaknya Hall ya g tersedia di Science Centre Singapor ini, dan hal tersebut tak bisa dikunjungi hanya sekali kunjungan, apalagi hanya dengan waktu hanya 2 jam seperti kunjungan kami ini. . Namun walaupun demikian penulis dan teman-teman berupaya memanfaatkan waktu yang terbatas ini untuk melihat Hall dan galeri-galeri yang penting-penting. Hall dan galeri apa saja yang sempat penulis kunjungi? Nah, ini dia di bawah ini!

Setelah masuk dari main gatenya, kita bisa nemuin Science Adventure, cuma  untuk yang penulis hanya melihat dari kaca etalase.  Selanjurnya, Science Center ini terdiri dari beberapa hall eksebisi yang masing-masing hall nya punya tema-tema tertentu, misalnya ada  Corridor of Mind’s Eye, Hall Defending Science yang meragaain alat alat pertahanan, Hall of Brain, Hall of Sounds,  Hall of Human Body Experience, Hall tentang Earth & Climate, Hall tentamg deteksi earth, tentang tsunami, stories, deteksi jantung, simulasi saat terjadi gempa bumi,  Hall tentang surveying, The Next Big Discovery,  Wallave’s line,  Teori Conspirasi Darwin dan Wallace,, siklus karbon, dan masih banyak Hall yang menarik lainnya.

Masing-masing hall akan memperagakan ilmu pengetahuan yang berkaitan, jadi misalnya

1. Di Corridor of Mind’s Eye, dimana disitu banyak banget display yang seakan bisa “mempemainkan” mata kita. Di setiap display juga ada keterangannya jadi kita bisa belajar tentang persepsi mata kita yang sering salah dan bisa dimanipulasi.

20150919_102259-1

2. Hall of Brain memperlihatkan bagsimana otak bekerja, di mana di hall ini diperlihatkan bagian-bagian otak dan saraf-saraf di perlihatkan dalam bentuk kabel-kabel listrilk

Hall of Brain

Hall of Brain

3. Hall of Sound akan nerangin beberapa fenomena dan ilmu pengetahuna tentang suara. Apa itu suara, macam macam suara, bagaimana membuat suara dan manipulasi suara… seru banget deh!.

20150919_104256

4. Hall Earth Detective, di mana di hall ini diperlihatkan tentang Earth detective

Hall of Earth Detective

Hall of Earth Detective

5. Hall tentang Tsunami Stories, di hall ini diperlihatkan tentang tsunamis storie, seperti bagsimana teejadinya tsunami di Aceh.

Hall of Tsunami Stories

Hall of Tsunami Stories

6. Hall tentang surveying, The Next Big Discovery,   Teori Conspirasi Darwin dan Wallace,

Surveying

Surveying

The Next Big Discovery

The Next Big Discovery

A Conspiracy Darwin and Wallace

A Conspiracy Darwin and Wallace

7. Hall Siklus Karbon, di mana di hall ini diperlihatkan  proses sikkus karbon secara natural, greenhouse effect

Hall siklus karbon

Hall siklus karbon

Wahana Siklus Karbon Natural

Wahana Siklus Karbon Natural

Hall lain yang seru masih banyak lagi, cuma nggak sempat lihat. Penulis tidak sempat mengunjungi Hall yang berkaitan dengan Fisika. Penulis cuma dengar dari cerita teman dan siswa yang sempat ke Hall tersebut. Seperti cerita mereka pada penulis di bawah ini.

Yang paling seru sebenernya ada di daerah Main Atrium nya, disana ada alat peraga yang di sebut Tesla Coil.. apa itu Tesla Coil? Tesla Coil adalah sebuah eksperimen listrik yang di temukan dan di kembangkan oleh Nicola Tesla yang implementasinya bisa macem2 dan digunakan untuk membuat “high voltage, low current, high frequency alternating current”…

Selain itu juga ada peragaan tentang sangkar Faraday (faraday cage), ini dasar ilmu yang memungkinkan kita ngga akan pernah kesamber petir kalau berada didalam pesawat terbang walaupun tuh pesawat terbang deket petir waktu hujan, dan juga kita ngga akan pernah kesamber petir selama ada didalam gedung mau setinggi apapun gedung itu.. Peragaan ini makin dibikin heboh dengan melibatkan salah satu penonton yg disuruh duduk didalam cage bertegangan listrik.. wah seru banget.. dah liat aja deh sendiri, nanti jadi ngga seru kalau gue ceritain.

Peragaan yang juga cukup menakjubkan dan menegangkan adalah peragaan tentang Fire Storm. Disini kita dilihatin gimana kalau ada badai api yang seperti putting beliung, seru abis..you and kids will love it for sure.. Peragaan ini adanya di Courtyard belakang deket kantinnya. Oh ya peragaan peragaan itu ada jam jamnya ya jadi jangan lupa untuk liat showtimenya kapan dan jangan sampai ketinggalan.. karena memang seru abiz! rugi bandar kalau dah kesana tapi ga ikutan nonton..

 

F. Harga Tiket

Tiket masuk ke Singapore Science Centre tidak mahal. Harga tiket masuk untuk orang dewasa sebesar S$12, dan S$8 untuk anak-anak. Tapi itu hanya untuk masuk ke Science Centre saja. Jika ingin membeli tiket terusan ke IMAX Movie atau Snow City, harga yang harus dibayarkan sedikit lebih mahal. Singapore Science Centre biasanya sangat ramai pengunjung. Kabarnya, tempat tersebut dikunjungi sekitar 1 juta orang setiap harinya. Dan saat musim liburan, tentunya jumlah pengunjung jauh lebih banyak.

 
G. Jam buka:
Senin Tutup
Selasa 10.00–18.00
Rabu 10.00–18.00
Kamis 10.00–18.00
Jumat 10.00–18.00
Sabtu 10.00–18.00
Minggu 10.00–18.00

H. Penutup

Pergi berlibur tidak berarti bahwa kita hanya akan bersenang-senang saja. Ada beberapa tempat yang bisa kita kunjungi saat berlibur, yang selain akan membantu kita menghilangkan kejenuhan, juga akan memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan. Jika Anda ingin mengunjungi tempat seperti ini di Singapura, Singapore Science Centre adalah pilihan yang tepat. Tempat ini merupakan tempat yang menyimpan koleksi materi edukasi terbanyak di Singapura.. Tempat ini sangat tepay untuk para ilmuwan muda dan calon pakar iptek, Singapore Science Centre yang telah diakui dunia ini pasti akan memacu otak Anda dengan 850 lebih wahana interaktif yang menggambarkan keajaiban dan keindahan ilmu pengetahuan.. Jadi, tak rugilah kalau berkunjung ke sini.

 

 

Referensi

Tersedia  “Bersantai dan Belajar di Singapore Science Centre”. http://www.wisatasingapore.net/ Diakses Kamis 31 Desember 2015 Jam 18.30

Tersedia “Pusat Pengwtahuan Singapura”. https://id.m.wikipedia.org/ Diakses Kamis 31 Desember 2015 Jam 17.10

Tersedia “Singapore Science Centre Tempay Edurainment yang Asyik untuk Keluarga” http://jalanjajansingapura.com/2014/12/18/ Diakses Kamis 31 Desember 2015bJam 19.14

Tersedia “Science Centre Singapore Wisata dengan Wahana Edukasi Dains terlengkap di Singapura” http://ilmuwancilik.com/Diakses Kamis 31 Desember 2015  Jam 19.35

FacebookTwitterGoogle+Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tulisan Terkini
Buku Pegangan Siswa
Diktat Ekonomi SMA/MA

Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

Lihat Hasil Jajak Pendapat

Loading ... Loading ...

Laporan Karya Inovatif
Berita Lainnya
SINOPSIS BUKU QUEEN OF THAI
SINOPSIS BUKU QUEEN OF THAI
SINOPSIS BUKU QUEEN OF THAI Judul : Queen of Thai Penulis :
No thumbnail available
ALUR ADMINISTRASI PERPAJAKAN DI INDONESIA
Pajak merupakan salah satu sumber pembiayaan pembangunan. Perpajakan s
MENUJU RIVER CITY BANGKOK
MENUJU RIVER CITY BANGKOK
Sabtu pagi 16 Februari 2019, di kamar Livotel Bangkok aku dan teman se
MENUJU LIVOTEL BANGKOK
MENUJU LIVOTEL BANGKOK
Usai seminar SEAMEO, Jumat 15 Februari 2019 aku dan rombongan Jelajah
SEMINAR SEAMEO BANGKOK
SEMINAR SEAMEO BANGKOK
Jumat, 15 Februari 2019 tepat pukul 16.00 waktu setempat, para pesert

Temukan Kami di Facebook


       

.

Galeri Foto
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
20150203_121026-1.jpg
20150203_121051-1.jpg
IMG_39759949695819.jpeg
20131120_110407-1.jpg
20131120_110424-1.jpg
20131219_140230.jpg
Cerita Bergambar
Kalender
Mei 2020
S M T W T F S
26 27 28 29 30 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 1 2 3 4 5 6
Buku Tamu