Daftar Tulisan
Arsip Tulisan
Statistik Kunjungan
  • 204550Total Pengunjung:
  • 6Hari ini:
  • 291Kemarin:
  • 2Online:
Kalender
Juli 2018
S M T W T F S
24 25 26 27 28 29 30
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4
Panel Login

Selamat Datang di www.FitrianyGustariny.com || Website Pribadi Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP, M.Pd.E (Guru SMA Negeri 2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

Sinopsis Buku Belajar Keren dengan Superwoman

Sinopsis Buku Belajar Keren dengan Superwoman JUDUL :BELAJAR KEREN DENGAN SUPERWOMAN PENULIS :  Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny, SE, MP,
[Selengkapnya...]

Sinopsis Buku Randai Membumi di Kelas Ekonomi

Sinopsis Buku Randai Membumi di Kelas EkonomiJUDUL :  RANDAI MEMBUMI DI KELAS EKONOMI PENULIS :  Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny,
[Selengkapnya...]

Sinopsis Buku Cinderamata 3 Negara

Sinopsis Buku Cinderamata 3 NegaraJUDUL: CINDERAMATA 3 NEGARA PENULIS: Ir.FITRIANY FEBBY ADIANA GUSTARINY, SE, MP, M.Pd.E SINOPSIS: Berkunjung
[Selengkapnya...]

Sinopsis Buku Belajar Efektif dengan Snowball Throwing

Sinopsis Buku Belajar Efektif dengan Snowball ThrowingJUDUL :  BELAJAR EFEKTIF DENGAN SNOWBALL THROWING PENULIS :  Ir. Fitriany Febby Adiana Gustariny,
[Selengkapnya...]

Sinopsis Buku 17 Trik Efektif Masterclass Ekonomi

Sinopsis Buku 17 Trik Efektif Masterclass EkonomiJudul : 17 Trick Efektif Masterclass Ekonomi Penulis: Ir. Fitriany
[Selengkapnya...]

Buku Kreatif dan Inovatif Demi Anak Bangsa

Buku Kreatif dan Inovatif Demi Anak BangsaBuku ini adalah buku keempat (IV) berjamaah karya guru-guru Indonesia. Penyusunan
[Selengkapnya...]

Buku Kreativitas dan Inovasi Guru Abad 21.

Buku Kreativitas dan Inovasi Guru Abad 21.Buku yang berjudul "KREATIVITAS DAN INOVASI GURU ABAD 21" ini adalah
[Selengkapnya...]

Buku Sinergi dalam Pendidikan Karakter

Buku Sinergi dalam Pendidikan KarakterBuku ini adalah buku kedua (II) berjamaah karya guru-guru Indonesia yang
[Selengkapnya...]

Buku Guru Inspiratif Dambaan Kita

Buku Guru Inspiratif Dambaan KitaBuku ini adalah hasil karya para guru yang tergabung dalam sebuah
[Selengkapnya...]

Bagaimana Menulis Sebuah Artikel?

Bagaimana Menulis Sebuah Artikel?“Memang banyak kendala yang dihadapi oleh seorang penulis dalam menghasilkan sebuah
[Selengkapnya...]

Ayo Berkunjung dan Mengenal MAMIC Pasir Pangaraian , Mesjid Terbaik Indonesia

A. Pengantar

Banyak orang yang bertanya kepada penulis: “Mengapa dan dalam rangka apa penulis berkunjung ke mesjid indah, cantik, dan megah ini?”. Jawabnya adalah penulis ingin mengetahu dan mengenal  mesjid terbaik No.1 di Indonesia? Mesjid apa itu? Ya, itulah Masjid Agung Madani Islamic Center (MAMIC) Pasir Pengaraian  dan  sering disebut sebagai Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian. Mesjid Agung Madani Islamic Center Pasir Pangaraian telah menjadi icon Kabupaten Rokan Hulu yang di juluki negeri seribu suluh ini telah meningkatkan fungsi masjid yang tidak hanya sebagai tempat melaksanakan ibadah sholat, melainkan telah di perluas sesuai dengan motto nya masjid sebagai sarana ibadah, meraih berkah meningkatkan marwah. dimana masjid di lengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana serta program dan kegiatan yang terencana, terukur serta mempunyai visi yang jauh kedepan, sehingga masjid agung madani islamic center pasir pengaraian telah menunjukkan bagaimana masjid yang profesional dan paripurna.

Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian dikala malam (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian dikala malam (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Dan Alhamdulillah  penulis telah berkesempatan mengunjungi mesjid indah dan megah ini, yaitu tepatnya pada hari Kamis 5 Mei 2016 kemudian bermalam semalam dan pulang kembali ke kampung halaman  keesokan paginya Jumat 6 Mei 2016 jam 08.30.  Tidahkah Anda ingin tahu tentang mesjid ini? Mesjid yang diakui keberadaannya, keindahan dan kemegahannya oleh para pengunjung  yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri. Ingin tahu? Silahkan saksikan sendiri, atau kalau belum ada kesempatan berkunjung, maka untuk sementara waktu Anda bisa baca tulisan di bawah ini tentang mesjid ini.

B. Lokasi dan Alamat

Mesjid  ini terletak pada:
N 00. 53. 44,3 (Utara 00 derajat, 53 Menit, 44,3 detik),
E.100. 18. 31,5;(Timur 100 derajat, 18 Menit, 31,5 detik)

Alamat Masjid Agung Madani Pasir Pengaraian  adalah Jl. Tuanku Tambusai Km 4 Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Masjid Agung Madani Pasir Pengaraian memiliki letak yang sangat strategis, yaitu tepat di depan bundaran BRT (Bundaran Ratik Togak) yang menjadi simbol Kabupaten Rokan Hulu. Sebelah Selatan  dari Masjid Agung Madani Pasir Pengaraian terlihat Bukit Barisan, dan sebelah Barat terlihat komplek perkantoran pemerintah dan Lembaga Adat Melayu Kabupaten Rokan Hulu. Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian juga berada di dekat Hotel Sapadia Kabupaten Rokan Hulu. Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian berdiri megah di atas tanah milik Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.

Gugusan Bukit Barisan di sebelah selatan menambah indah Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016

Gugusan Bukit Barisan di sebelah selatan menambah indah Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016

C. Luas dan Kapasitas

Masjid Agung Madani Islamic Centre  didirikan diatas lahan seluas  22 Ha, dengan luas bangunan 15.800 m persegi, dengan daya tampung 10.000 sampai 11.000 jamaah  (Ruang sholat utama menampung 5000 jemaah, Ruang Sholat Selasar 2500 jemaah, dan Lantai Mezanin 3000 jemaah). Berdasarkan informasi dari pengurus yang menyambut kami, bahwa pada ruang sholat utama tersebut di atas, bahwa untuk 1 shaf dapat menampung 100 jemaah.

D. Sejarah

Masjid Agung Madani Islamic Centre merupakan aset milik pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu yang pembangunannya didanai oleh APBD Kabupaten Rokan Hulu. Sampai saat ini tidak kurang dari 500 Miliyar telah dihabiskan untuk membangun Masjid  ini.

Pembangunan Masjid Agung Madani Islamic Center Pasir Pangaraian,  dimulai  dengan peletakan batu pertama,  di awal tahun hijriah dan di penghujung tahun masehi, tepatnya  Senin 1 Muharram 1429 H  bersamaan dengan 29 Desember 2008  M,   oleh Bupati Rokan Hulu  Drs.H. Achmad, M.Si,  acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas/Badan Kantor dan disaksikan oleh Dr. Mustafa Umar, MA,  penceramah ahli tafsir  Provinsi Riau.

Pembangunan Masjid Agung Madani Islamic Centre ( MAMIC ) Rokan Hulu dimulai pada Tahun 2008,  dan pelaksanaan bangunannya dipercayakan kepada PT. Citra Murni Semesta Jakarta sebagai Konsultan Perencana, PT. Holistika Prima Grahita sebagai konsultan pengawas dan kontraktor pelaksana PT. Total Bangun Persada.

Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu diresmikan penggunaannya pada hari Jumat Tanggal 25 Sya’ban 1431 H, bertepatan dengan 06 Agustus 2010 M oleh Bupati Rokan Hulu Drs. H. Achmad, M. Si, dengan menghadirkan Ustadz kondang, Dai Sejuta umat KH. Zainuddin MZ yang bertindak selaku Khatib, dan beliaulah khatib pertama di mesjid ini. Selain itu acara peresmian ini juga  melaksanakan   Tabligh Akbar  dan dihadiri oleh ratusan ribu jemaah

Berdirinya Masjid Agung Madani Islamic Center berdasarkan ide Bupati Rokan Hulu  2 (dua) priode 2006-2016, Drs. H. Achmad, M.Si. Pendiriannya dilatar belakangi,  karena  belum  adanya masjid yang refresentatif untuk di jadikan sebagai tempat sholat dan kegiatan keagamaan setingkat kabupaten,  selain itu  cucu Syekh Ibrahim ini memandang perlu sebuah masjid kabupaten yang dapat di jadikan sebagai pusat aktifitas sekaligus simbulnya umat islam di Rokan Hulu,  apalagi  daerah ini dijuluki negeri seribu suluh, yaitu suatu daerah di mana  terdapat banyak masyarakat yang melaksanakan zikir di suatu tempat khusus ( surau )  yang disebut dengan   ber  “suluh”. Hal tersebut di atas sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Bupati Rohul Drs, Achmad M.Si bahwa ada 4 faktor yang melatarbelakangi berdirinya mesjid ini, yaitu:
1. Mesjid sebagai simbol umat Islam
2. Mesjid sebagai pusat aktivitas kegiatan umat Islam
3. Mesjid sebagai tempat pembinaan/penggemblengan jemaah umat Islam
4. Mesjid sebagai sumber kesejahteraan umat
E. Desain

Masjid indah dan rapi penuh seni ini,  merupakan masjid yang di desain seperti  Masjid Nabawi di Madinah.  Bangunan Masjid Agung Madani Islamic Center pasir pengaraian  penuh dengan lambang dan symbol keislaman, yang mempunyai makna dan arti mendalam, memperlihatkan betapa tinggi dan mulianya agama islam. Seperti halnya mesjid lainnya Masjid Agung Madani Islamic Centre ini juga memiliki kubah,  menara, dan mimbar, serta selain itu juga ada pintu mesjid yang unik, selasar, bedug, kentongan, lampu gantung dengan desain yang cantik, air mancur nan menarik terutama di malam hari.

1. Kubah Utama dan Kubah Kecil

Kubah utama berwarna hijau tua dengan garis kuning emas menggambarkan kebesaran dan ketinggian Islam. Kubah utama ini memiliki  diameter 25 m tinggi 55 m. Kubah utama dikelilingi 4 kubah kecil berukuran diameter 10 m, tinggi 30 m, juga ditambah kubah kecil dengan diameter  10 m, tinggi 20 m, yang kesemuanya menggambarkan rukun Islam yang lima, dan rukun Iman yang Enam.

Kubah Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian.  Terlihat Kubah Utama dan Kubah Kecil berwarna hijau tua dengan garis keemasan (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Kubah Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. Terlihat Kubah Utama dan Kubah Kecil berwarna hijau tua dengan garis keemasan (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Kubah utama terletak di tengah-tengah mesjid, dan kubah utama ini ditopang oleh 4 pilar yang berdiri kokoh. Pada masing-masing pilar tersebut terdapat 3 buah lampu hias cantik berukuran kecil dan 1 buah TV.

Salah satu pilar dari 4 pilar penyangga kubah utama mesjid; masing-masing pilar dilengkapi  TV dan lampu hias (Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Salah satu pilar dari 4 pilar penyangga kubah utama mesjid; masing-masing pilar dilengkapi TV dan lampu hias (Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Pada dinding kubah utama bagian dalam tempat di mana sebuah lampu hias besar dan berat tergantung, terdapat ornemen  46 busur panah Syaidina Ali bin Abi Tholib, 8 tombak Abu Bakar Assiddiq, ditambah dengan bunga Kusuma lambang kejayaan Islam.

Dinding kubah bagian dalam (tempat lampu hias tergantung) terdapat ornemen-ornamen Islam (Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Dinding kubah bagian dalam (tempat lampu hias tergantung) terdapat ornemen-ornamen Islam (Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

 

2. Menara 66,66 m dan Menara 99 m

Selanjutnya keindahan kubah juga dilengkapi dengsan keindahan 4 menara mesjid dengan tinggi menara 66,66 m, yang melambangkan jumlah ayat dalam Al-Quran. Terdapat juga 1 menara fenomenal dengan tinggi  99 m yang melambangkan Asmaul Husna, dan menara 99 ini juga disebut Menara Asmaul Husna. Di mana ketinggian menara 99 m ini tidak tertandingi oleh bangunan yang ada di sekitarnya yang artinya ALLAH  SWT TIADA TANDING DAN TIDAK ADA BANDING.

Menara Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. Menara terdiri dari  1 menara 99 m dan 4 menara 66,66 m  (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Menara Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. Menara terdiri dari 1 menara 99 m dan 4 menara 66,66 m (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Menara 99 disediakan untuik masyarakat sebagai tempat wisata, karena dari puncak menara ini dapat melihat pemandangan Rokan Hulu sekitarnya, dan yang paling indah adalah saat malam hari, karena terlihat kerlap kerlip lampu menambah keindahan negeri seribu suluh ini. Sehingga tak salah selain  tempat ini menjadi tujuan wisata religi, juga menjadi wisata malam. Menara 99 ini terdiri dari 14 tingkat, sehingga untuk menuju puncak menara 99 ini digunakan lift (lift berkapasitas maksimum 1000 kg, 15 passenger) dengan membayar karcis Rp10.000/orang. Lumayan lama juga pengunjung antrian masuk lift, karena ramainya pengunjung menuju menara 99 Asmaul Husna di Islamic Centre Mesjid Agung Madani Pasir Pangaraian Rokan Hulu Riau ini. Ada yang unik saat penulus memperhatikan nomor lampu pada lift. Biasanya nomor lampu lift akan tampil secara berurutan, misalnya 1, 2, 3…dst sampai 14, atau sebaliknya 14, 13, 12…dst sampai 1. Ternyata pada lampu nomor lift menara 99 ini yang penulis saksikan adalah 1, 6, dan 14 atau sebaliknya 14, 6, dan 1. Penulis heran juga dikala itu, penulis kira mungkin lampu lift untuk nomor-nomor lainnya rusak. Ternyata kata penjual karsic lift tersebut, memang nomornya unik dan ada artinya. Tapi saat kami tanyakan pada mereka tidak menjawab secara jelas, dan meminta kami untuk menanyakan pada pengutus. Dan sayang sekali kami tidak sempat lahi bertanya pada pengurus mesjid, karena hari telah larut malam. Nsh, tentu saja sampai sekarang masih penasaran.

Dokumentasi Foto Penulis saat berada di Menara 99 Asmaul Husna Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Dokumentasi Foto Penulis saat berada di Menara 99 Asmaul Husna Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Suana Malam Kota Pasir Pangaraian Rokan Hulu di lihat dari Menara 99 Mesjid Agung Madani Islamic Centre, Kamis 5/5/2016

Suana Malam Kota Pasir Pangaraian Rokan Hulu di lihat dari Menara 99 Mesjid Agung Madani Islamic Centre, Kamis 5/5/2016

3. Mimbar dan  Ruang Sholat Imam

Mimbar adalah tempat khatib menyampaikan khutbah. Mimbat terlihat sangat cantik dan megah. Pada mimbar terdapat kaligrafi Surat An-Nahl surat lebah ayat 126 tentang peringatan Allah kepada hamba-Nya yang melampaui batas.

Mimbar  Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Mimbar Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Kaligrafi Surat An-Nahl 126  terdapat pada Mimbar  Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Kaligrafi Surat An-Nahl 126 terdapat pada Mimbar Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Selanjutnya di bawah mimbar  khutbah terdapat mimbar berawarna merah yang berguna bagi garim untuk mengaji dan tarkhem sebelum adzan. Bacaan tarhkem sebelum adzan ini khas Rokan Hulu.

Mimbar  untuk Garim dan Tarkem Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Mimbar untuk Garim dan Tarkem Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Di depan ruang sholat utama  dekat mimbar, terdapat ruangan menjorok ke arah kiblat tempat Imam memimpin Sholat. Ruangan ini  terdapat Al-Quran besar, ruang ini  berkapet merah, dibatasi oleh tali merah yang disangga oleh stainless putih.

Ruangan Tempat Imam Memimpin Sholat di Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Ruangan Tempat Imam Memimpin Sholat di Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

 

4. Ornamen Dinding Ruang Utama Sholat

Pada dinding depan Ruang Utama Sholat, yaitu bagian tengah terdapat ornemen  perisai muslim, bagian pinggir terdapat rantai yang merupakan lambang persatuan dan kesatuan  umat Islam, serta ornamen juga dilengkapi dengan  8 bilah pedang sabilillah Khaidir Ali. Sedangkan sekeliling dinding mesjid dikelilingi surat Al-Fatihah, surat Al Kafirun, surat An-Nashri, Surat Al-Ikhlas, Surat Ak-Falaq, surat Annas serta 99 Asmaul Husna.

Ornamen Bagian Depan (Perisai Muslim, Rantai, 8 Pedang Sabulilah) Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Ornamen Bagian Depan (Perisai Muslim, Rantai, 8 Pedang Sabulilah) Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

5. Tirai Pembatas Ruang Utama Sholat

Pada ruang utama sholat terdapat tirai pembatas antara jemaah laki-laki dan perempuan. Tirai pembatas terbuat  kain bersulam dan berbordir nan cantik, dan tirai ini disangga oleh stainless putih yang kokoh.

 

6. Al-Quran

Pada ruang utama sholat  terdapat rak-rak Al-Quran yang penuh dengan Al-Quran yang tersusun rapi. Al-Quran ini disediakan untuk jemaah yang mengaji, serta untuk para takhfidz yang melakukan kegiatan mengaji setiap hari Senin usai sholat Dzuhur.

 

7. Lampu Gantung Ruang Utama Shalat

Tepat di bawah kubah utama di tengah-tengah Masjid Agung Madani ini terdapat lampu gantung yang unik dan cantik seberat 2 ton, diameter 10 m, dan menggantung 16 m dari  lantai mesjid. Lampu gantung ini terdiri dari rangkaian 56 lampu yang terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari berbagai daerah dan berbagai negara, seperti: Pelat Kuningan dari Italia, dan batu hias, Batu Oksi dari Jawa Timur, Batu Akik dari Kalimantan dan Turki, Batu Cris Topas dari Jawa Barat dan Batu Kalimaya dari Banten; demikian juga dengan ornamen kaca lampu Gold Spectrum dari Amerika, kaca lampu diamond dari Perancis, dan kaca lampu aqualite dari Brazil, di mana kesemua ini memberikan makna bahwa Islam berada pada semua golongan dan dapat menerima perbedaan yang dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa bagi kesejahretaan umat,

Lampu Gantung Ruang Utama Sholat Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. Lampu Gantung ini berhiaskan ornamen yang bahan-bahannya berasal dari berbagai daerah dan berbagai negara (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Lampu Gantung Ruang Utama Sholat Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. Lampu Gantung ini berhiaskan ornamen yang bahan-bahannya berasal dari berbagai daerah dan berbagai negara (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

8. Selasar di Ruang Utama Sholat

Pada ruang utama sholat juga terdapat selasar gunanya juga untuk sholat, batas antara ruang utama sholat dan selasar dalam ini adalah adanya tonggak-tonggak persegi panjang yang berjumlah  9 tonggak kiri, 9 tonggak kanan, dan 9 tonggak belakang.

Selasar  bagian dalam Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. Pembatas antara Selasar dengan Ruang Sholat Utama berupa tonggak persegi panjang nan kokon (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Selasar bagian dalam Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. Pembatas antara Selasar dengan Ruang Sholat Utama berupa tonggak persegi panjang nan kokon (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

 

9. Pintu Mesjid dan Pintu Ruangan Lainnya

Masjid Agung Madani Islamic Centre memiliki banyak pintu yang didesain dengan  cantik  dan penuh ukiran. Para jemaah memasuki mesjid dari pintu Utara, Timur, dan Selatan; sedangkan jemaah khusus bisa masuk mesjid melalui pintu VIP melalui  pintu Barat.

Masing-masing pintu mesjid memiliki  nama-nama  yang diambil dari nama-nama Khulafur Rasyidin dan Isteri-isteri Nabi Muhammad SAW, yaitu:

a. Pintu bagian timur ada 3 pintu, yaitu
1) Pintu utama yang diberi nama Pintu Babussalam

Pintu Babussalam adalah Nama Pintu Utama Bagian Timur Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Pintu Babussalam adalah Nama Pintu Utama Bagian Timur Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

2) Pintu kanan bernama Pintu Siti Khodijah

Pintu Siti Khadijah adalah Nama Pintu Kanan Bagian Timur Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Pintu Siti Khadijah adalah Nama Pintu Kanan Bagian Timur Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

3) Pintu kiri bernama Pintu Siti Aisyah

Pintu Siti Aisyah adalah Nama Pintu Kiri Bagian Timur Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Pintu Siti Aisyah adalah Nama Pintu Kiri Bagian Timur Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

b. Pintu bagian selatan, ada 3 pintu, yaitu:
1) Pintu utama yang diberi nama Pintu Siti Aisyah I

Pintu Siti Aisyah I  adalah Pintu Utama Bagian Selatan Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Pintu Siti Aisyah I adalah Pintu Utama Bagian Selatan Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

2.Pintu kanan yang diberi nama Pintu Usman bin Affan

Pintu Usman Bin Affan adalah Pintu Kanan Bagian Selatan Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Pintu Usman Bin Affan adalah Pintu Kanan Bagian Selatan Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

3) Pintu kiri yang diberi nama Pintu Ali Bin Abi Thalib

Pintu Ali Bin Abi Thalib adalah Pintu Kiri Bagian Selatan Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Pintu Ali Bin Abi Thalib adalah Pintu Kiri Bagian Selatan Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

c. Pintu bagian utara terdiri dari 3 pintu,yaitu

1) Pintu utama yang diberi nama Pintu Siti Khadijah I

Pintu Siti Khadijah I adalah Nama Pintu Utama Bagian Utara Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Pintu Siti Khadijah I adalah Nama Pintu Utama Bagian Utara Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

2) Pintu kanan yang diberi nama Pintu Abu Bakar As Siddiq

Pintu Abu Bakar As Siddiq  adalah Pintu Kanan Bagian Utara Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Pintu Abu Bakar As Siddiq adalah Pintu Kanan Bagian Utara Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

3) Pintu kiri yang diberi nama Pintu Umar bin Khatab

Pintu Umar Bin Khatab adalah Nama Kiri Bagian Utara Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Pintu Umar Bin Khatab adalah Nama Kiri Bagian Utara Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Rupanya tidak hanya pintu masuk mesjid yang diberi nama, tapi juga pintu ruangan lainnya. Di mana pada mesjid Agung ini terdapat ruangan dengan pintu-pintu khusus seperti:

a.Pintu VIP Ruang Istirahat Imam, Ruang Radio & TV

Sesuai dengan namanya maka pintu ini digunakan khusus untuk pintu ruang masuk istirahat bagi Imam Masjid Agung Madani ini. Selain itu rupanya pintu ini juga khusus untuk pintu masuk menuju Ruang Radio dan TV. Berdasarkan informasi bahwa Masjid ini juga memiliki siaran Radio tersendiri.

Pintu VIP Ruang Istirahat Imam, Ruang TV &Rafio (Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Pintu VIP Ruang Istirahat Imam, Ruang TV &Rafio
(Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

b.Pintu Ruang Tunggu VVIP Aisyah
Ada juga terdapat pintu dengan nama Pintu Ruang Tunggu VVIP Aisyah. Jujur saja penulis tidak mengetahui fungsi ruangan ini, sebab memang tak ada informasi tentang hal tersebut. Penulis menduga mungkin ruang ini khusus untuk tamu pejabat.

Pintu Ruang Tunggu VVIP Aisyah (Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Pintu Ruang Tunggu VVIP Aisyah
(Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

c. Pintu Ruangan Lainnya
Selain itu juga terdapat ruangan-ruangan lainnya dengan pintu-pintu memakai nama-nama sahabat Rasulullah, seperti:

1) Pintu Khalid bin Walid

Pintu Khalid Bin Walid (Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Pintu Khalid Bin Walid
(Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

2) Pintu Bilal bin Rabah

Pintu Bilal Bin Rabah (Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Pintu Bilal Bin Rabah
(Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

3) Pintu Abu Dzar Al-Gifhari

Pintu Abu Dzar Al-Gifhari (Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Pintu Abu Dzar Al-Gifhari
(Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

10. Selasar bagian luar

Pada bahagian Utara, Timur, dan Selatan mesjid terdapat selasar yang di langit-langitnya dipenuhi lampu hias warna-warni yang cantik. Selasar ini mempunyai multi fungsi, yaitu:

a. Sebagai tempat berbuka bersama baik puasa wajib atau puasa sunat senin kamis
b. Sebagai tempat penerimaan zakat, pertemuan sosial kemasyarakatan
c. Sebagai tempat istirahat jemaah

Selasar Bagian Luar Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. Langit-langit Atas Selasar dihiasi Lampu warna-warni nan cantik (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Selasar Bagian Luar Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. Langit-langit Atas Selasar dihiasi Lampu warna-warni nan cantik (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

11. Lampu-lampu Hias di sekitar Selasar Luar

Banyak hal yang khas dan spesial di Mesjid Agung Madani, selain kubah yang cantik, menara 99 yang fenomenal, juga banyak terdapat lampu-lampu hias yang khas dan menarik. Selain lampu gantung di ruang utama sholat sebagaimana yang telah penulis ceritakan di atas, ternyata pada sekitar selasar luar mesjid juga banyak lampu hias dengan ornamen yang cantik.
Selain lampu hias warna-warni di sepanjang lorong selasar, maka sekitar tangga masuk mesjid juga terdapat lampu-lampu hias yang tak kalah menarik dengan model-model yang berbeda-beda pada berbabagai bagian arah pintu mesjid, misalnya:

a. Model lampu pada bagian Selatan; di mana pada bagian selasar selatan yaitu tepatnya dekat tangga mesjid terdapat model lampu yang kerangkanya terbuat dari kuningan, dengan 1 lampu kaca berwarna biru di tengah seperti permataa yang dikelilingi 10 lampu tanpa kaca berbentuk tabung terbuat dari kuningan

Lampu Hias sekitar Selasar Luar Bagian Selatan (Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Lampu Hias sekitar Selasar Luar Bagian Selatan
(Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

b. Model lampu pada bagian Timur; di mana sepanjang lorong selasar, yaitu di langit-langit selasar dipenuhi oleh lampu dengan kaca warna-warni seperti warna biru,merah orange, hijau, dan kuning sehingga cahaya lampunya bervariasi dan bersinar sesuai warna kaca tersebut. Kemudian di kiri-kanan lampu warna tersebut terdapat pula bola lampu biasa bercahaya putih sehingga menambah terangnya sepanjang selasar tersebut. Selain itu di dinding sepanjang selasar luar ini juga terdapat lampu-lampu hias kecil dengan kaca lampu yang juga bervariasi.

Lampu Hias sepanjang Selasar Luar Bagian Timur (Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Lampu Hias sepanjang Selasar Luar Bagian Timur
(Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

c.Model lampu pada bagian Timur, yaitu hampir sejajar dengan letak bedug dan kentongan terdapat 3 buah lampu berbaris, di mana 1 lampu di tangga mesjid dan modelnya berbeda dengan 2 lampu lainnya (2 lampu ini modelnya sama, letaknya di kanan dan kiri dari lampu yang 1 tersebut). 1 lampu yang di tengah tersebut terlihat dengan ornemen bervariasi dan warna kaca lampu bervariasi, ada biru, ungu, hijau, hijsu, putih sehingga cahaya lampu juga bervariasi sesuai warna kaca lampu tersenut; Sedangkan 2 lampu kiri kanan selain model dan bahannya sama dan lebih sederhana dibanding lampu tengah, dan cahaya lampunya satu saja, yaitu putih

Lampu Hias Sekitar Selasar Luar Bagian Timur (Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Lampu Hias Sekitar Selasar Luar Bagian Timur
(Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Lampu Hias Tengah Sekitar Selasar Luar Bagian Timur.  (Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Lampu Hias Tengah Sekitar Selasar Luar Bagian Timur.
(Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Lampu Hias Kembar Kanan/Kiri Sekitar Selasar Luar Bagian Timur (Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Lampu Hias Kembar Kanan/Kiri Sekitar Selasar Luar Bagian Timur (Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

d. Model lampu di selasar depan pintu lift menuju menara 99

Bagian selasar luar depan pintu lift menuju menara 14 tingkat yang disebut juga menara Asmal Husna (menara 99) terdapat juga 1 buah lampu hias dan model lampu ini terlihat seperti lampu lentera, dan terlihat hanya lampu ini berfungsi untuk penerang daerah sekitar pintu lift ini. Sehingga daerah sekitar ini saja yang terang sedangan sepanjang lorong selasar ini hanya terlihat agak gelap, kalau pun ada jarak lampu dengan lampu lainnya tidak terlalu dekat seperti pada lorong selasar timur, dan kalau ada hanya lampu-lampu kecil saja yang menerangi.

Lampu Hias selasar  luar di depan pintu Lift menuju menara 99 (Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Lampu Hias selasar luar di depan pintu Lift menuju menara 99 (Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

12. Bedug dan Kentongan

Pada Selasar Timur  terdapat  2 buah bedug dan 2 kentongan masing-masingnya terdapat  di sebelah kanan dan kiri mesjid. Di mana bedug beukuran diameter 2 m, panjang 3 m, tinggi 3,5 m, dan berat 1 ton.

Bedug dan Kentongan terdapat pada Selasar Bagian Luar Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Bedug dan Kentongan terdapat pada Selasar Bagian Luar Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Pada dinding bedug sebelah kiri dan kanan terdapat tulisan Basmallah. Beduk ini dibunyikan sebagai tanda waktu sholat lima waktu sudah masuk.

Tulisan Basmalah Menghiasi Dinding Bedug Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Tulisan Basmalah Menghiasi Dinding Bedug Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

 

13. Air Mancur, Pohon Kurma, dan Lorong

Di luar mesjid tepatnya di depan mesjid arah timur terdapat 9 pasang air mancur, dan tentu saja air mancur ini akan terlihat pesonanya kala malam hari karena berpadu dengan indahhya kerlip lampu-lampu di sekitarnya. Di depan mesjid ini juga banyak ditanam pohon kurma, serta bunga-bunga yang cantik dalam pot besar.

Dokumentasi Foto dengan latar 9 pasang air mancur Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016

Dokumentasi Foto dengan latar 9 pasang air mancur Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016

Selanjutnya masih di depan mesjid bagian timur ini terdapat lorong panjang kiri kanan yang dapat digunakan untuk jalan menuju mesjid. Lorong ini bila di lihat dari jauh terlihat agak melingkar dan bertemu masing-masingya di di sisi kiri kanan mesjid.

Lorong sebelah kiri menuju Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Lorong sebelah kiri menuju Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian. (Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

F. Fasilitas

Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana mulai dari tempat ibadah, dan penunjang lainnya seperti  penyejuk ruangan, sejadah dari Turki, Sound System, multi media, dll  sehingga menambah kenyamanan dalam menjalankan ibadah. Dan tentunya yang penting adalah tempat wudhu,/tempat mandi (MCK) dengan persediaan air yang cukup. Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu  dilengkapi dengan sarana MCK yang cukup dan memadai, tempat wudhu yang nyaman dan bersih, di mana untuk laki-laki  di  basemen tersedia 120 titik kran air untuk berwudhu, 8 toilet tertutup dan ter uka, 1 kacs hias , sedangkan untuk perempuan di lantai 1 tersedia 18 titik kran air berwudhu, 6 toilet  tertutup dan terbuka, serta 1 kaca hias

Mesjid Agung Madani ini juga memiliki Aula Serbaguna  (Hall Convention). Di mana aula ini memiliki multifungsi, seperti tempat kegiatan pertemuan, seminar, dan lain sebagainya. Ruangan ini selain disediakan bangku untuk pengunjung, juga dilengkapi dengan AC sehingga ruangan terasa sejuk dan nyaman. Selain itu ruangan juga terdapat lampu hias yang cantik yang terletak di langit-langit atas  ruangan, dan lampu tersebut kebih cantik lagi saat menyala.

Hall Convention Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Hall Convention Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Lampu Hias Cantik  menerangi Hall Convention Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Lampu Hias Cantik menerangi Hall Convention Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Alhamdulillah, penulis berkesempatan untuk masuk ke Hall Convention ini dengan tujuan untuk menyaksikan film/video PROFIL Mesjid Agung Madani. Sebelum acara film dimulai, ada acara penyambutan dan pemberian informasi sekilas tentang mesjid ini oleh pengurus mesjid. Sehingga informasi dan keterangan tentang seluk beluk mesjid ini penulis dapatkan dari beberapa sumber, pertama dari pihak pengurus mesjid, kedua dari santri Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran dan Hadist MAMIC yang menjadi guide rombongan kami, ketiga dari menonton film/video profil MAMIC, keempat dari observasi langsung di lapangan, dan tentunya juga dari referensi internet, sehingga informasi yang diperoleh cukup lengkap.

Menonton Film/Vedeo Profil Mesjid di Hall Convention Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016

Menonton Film/Vedeo Profil Mesjid di Hall Convention Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016

Selanjutnyan di kompleks mesjid pada basemen sebelah kanan terdapat lorong panjang, yang pada masing-masing depan lorong panjang. Dinding-dinding sepanjang lorong  tersebut dipenuhi oleh tulisan-tulisan bernuansa Islami dan penuh dengan ilmu pengetahuan, ada pengetahuan umum dan juga pengetahuan Islam.Tulisan-tulisan di dinding lorong basemen tersebut seperti:

1. Tulisan tentang Bonus Pahala Sholat Wajib Berjamaah
Saat pertama masuk lorong Basemen, maka pada sebelah kanan lorong dinding basemen tersebut akan kita temui tulisan bonus pahala sholat waji berjamaah. Di mana dinyatakan sholat berjemaah memiliki bonus pahala 27X (maksudnya 27 kali dari sholat sendiri).

Bonus Pahala Sholat Wajib Berjamaah (Basemen Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Bonus Pahala Sholat Wajib Berjamaah
(Basemen Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

2. Kaligrafi Tulisan Al-Quran dan Tulisan Basmallah

Setelah tulisan bonus pahala sholat wajib berjemaah, kita berbelok ke kanan ada puntu lagi menuju lorong lainnya. Dekat pintu, dinding lorong basemen kita langsung di sambut oleh dinding yang dasarnya bercat warna hitam, dan pada cat hitam tersebut dipenuhi tulisan kecil-kecil berbahada Inggris berwarna kuning gold, dan bila digabung seluruh tulisan kuning gold kecil-kecil tersebut ternyata membentuk sebuah tulisan yaitu” Al-Quran” dan di bawah tulisan Al-Quran tersebut terdapat tulisan Basmallah dan artinya dalam bahasa Inggris.

Tulisan Al-Quran dan Basmallah (Basemen Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Tulisan Al-Quran dan Basmallah
(Basemen Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

3. Kaligrafi Allahuakbar

Selanjutnya setelah tulisan “Al-Quran” di atas kita berjalan terus dan tidak jauh dari tempat tersebut pada sebelah kanan terdapat kaligrafi “Allahuakbar”

Kaligrafi Allahuakbar (Basemen Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Kaligrafi Allahuakbar
(Basemen Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

4.Lama Waktu Berpuasa Berbagai Negara

Banyak tulisan dan gambar yang menarik lainnya yang penulis temui di lorong dinding basemen mesjid Agung ini. Salah satu tulisan yang menarik tersebut dan ternyata baru penulis ketahui yaitu data tentang lama waktu puasa di berbagai negara di belahan duniia. Sebelumnya memang penulis sudah mengetahui terdapat perbedaan waktu lama berpuasa pada berbagai negara, cuma angka pastinya  penulis tidak tahu. Nah, dari data di dinding lorong mesjid Agung Madani ini keingintahuan penulis terpenuhi. Ternyata berdasarkan data tersebut bahwa negara yang paling singkat waktu berpuasanya adalah Argentina yaitu 9 jam 30 menit, sedangkan negara yang membutuhkan waktu berpuasa yang paling lama adalah Denmark yaitu 21 jam.

 

Data Lama Waktu Berpuasa Berbagai Negara (Basemen Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Data Lama Waktu Berpuasa Berbagai Negara
(Basemen Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Selajan dengan tulisan-tulisan yang terdapat pada lorong dinding basemen Mesjid Agung ini, ternyata pada pada kiri dan kanan lorong terdapat ruangan-ruangan yang dipenuhi fasilitas-fasilitas lengkap sesuai fungsi dari ruangan tersebur. Ruangruang tersebut adalah:

1. Fitness Centre
Mesjid Madani secara lengkap memiliki fasilitas olah raga baik luar ruangan maupun dalam ruangan. Fasilitas tempat olahraga luar ruangan tersedia lapangan volly Ball, sepak takraw,dan jalan santai. Sedangkan dalam ruangan tersedia Fitness Centre. Fitness centre ini digunakan untuk olahraga di dalam ruangan seperti olahraga senam, olahraga menggunakan alat, dll.

Fitness Centre (Basemen Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Fitness Centre
(Basemen Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

2. Apotik Madani

Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu ini rupanya juga memiliki apotik dengan nama Apotik Madani. Terlihat Apotik Madani memiliki ruangan cukup luas, dan ada petugas di dalamnya.

Apotik Madani (Basemen Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Apotik Madani
(Basemen Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

3. Madami Mart

Mesjid Agung Madani juga memiliki toko serba ada, yang menjual barang konsumsi. Toko ini dinamakan Madani Mart, dan terlihat yang dijualan sama seperti mart lainnya.

Madani Mart (Basemen Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Madani Mart
(Basemen Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

4. Klinik Psikiatri

Mesjid Agung ini juga menyediakan ruangan untuk konsultasi dengan psikiater. Ruangan ini diberi nama Klinik Psikiater

Klinik Psikiatri (Basemen Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Klinik Psikiatri
(Basemen Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

5.Konseling Pernikahan

Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu ini juga menyediakan ruangan Konseling Pernikahan

Konseling Pernikahan (Basemen Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Konseling Pernikahan
(Basemen Mesjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Fasilitas lainnya juga tersedia seperti Internet Akses, Parkir, Taman, Gudang, Tempat Penitipan Sepatu/Sandal, Ruang Belajar (TPA/Madrasah), Perlengkapan Pengurusan Jenazah, Mobil Ambulance, Koperasi, Perpustakaan, Kantor Sekretariat,  Pembangkit Listrik/Genset, Penginapan, Kegiatan.Sarana perpustakaan, baik digital maupun manual, TV Madani, Radio Daerah, poliknik, serta ruangan belajar yang dilengkapi dengan akses internet.

 

G. Kegiatan

Pemberdayaan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf, Menyelenggarakan kegiatan pendidikan (TPA, Madrasah, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), Menyelenggarakan kegiatan sosial ekonomi (koperasi masjid), Menyelenggarakan Pengajian Rutin, Menyelenggarakan Dakwah Islam/Tabliq Akbar, Menyelenggarakan Kegiatan Hari Besar Islam, Menyelenggarakan Sholat Jumat, Menyelenggarakan Ibadah Sholat Fardhu

Kegiatan Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu adalah Sholat Fardu Lima waktu secara berjamaah, terutama waktu Zuhur dan Ashar, dimana seluruh Pegawai yang berjumlah hampir 3000 orang diwajibkan Sholat berjamaah ke-Masjid ini. Kegiatan lainnya adalah ceramah Agama yang dilaksanakan rutin setiap malam Kamis dengan materi dan penceramah yang sudah ditetapkan

Disamping kegiatan tersebut Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu juga menyelenggarakan buka puasa setiap hari Senin dan Kamis, I’tikaf bersama sekali dalam sebulan serta kegiatan peringatan hari besar Islam, terkhusus bulan Ramadhan disediakan baik sahur atau berbuka untuk 500 orang setiap harinya.

Sesuai dengan namanya, di Islamic Center ini merupakan pusat kegiatan agama islam. Di masjid inilah sering diadakan kegiatan-kegiatan keagamaan. Seperti I’tikaf, Tabligh Akbar, Magrib mengaji, Berbagai macam kegiatan perlombaan dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan inilah menjadikan Islamic Center selalu ramai dengan aktivitas kerohanian.

Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasirpengaraian ini,bukan saja megah dan indah di dalam dengan berbagai ornamen dan interiornya, tapi di kawasan tamannya juga menampilkan pesona yang menawan. “Tak salah kalau masjid ini mendapat prestasi sebagai masjid termegah di Indonesia Bahkan, ada pengunjung dari luar negeri yang mengatakan terbaik di Asia Tenggara.

H. Pelayanan Pada Pengunjung baik pada pengunjung

Alhamdulillah pihak pengurus Agung Madani Islamic Centre ini memberikan fasilitas dan pelayanan yang sangat baik kepada pengunjung. Baru saja rombongan pengunjung datang setelah melapor pada kantor Satpam, maka tak lama akan terdengan ucapan selamat datang pada pengunjung tersebut. Saat kami berkunjung terlihat mesjid dipenuhi oleh rombongan pengunjung yang datang baik dari Propinsi Riau dan Propinsi lainnya. Seperti ada dari Dumai, Medan, dan yang paling banyak Rombongan dari Propinsi Sumatera Barat. (Tanah Datar, Padang Panjang, Bukittinggi, Payakumbuh, dll). Rombongan tersebut pada umumnya adalah rombongan pengajian dari daerah masing-masing. Oleh karena banyaknya pengunjung luar daerah tentu membutuhkan penginapan. Nah untuk penginap ini para pengunjung tak perlu cemas karena pihak mesjid menyediakannya, di mana untuk perempuan disediakan lantai 2 bagian selatan, dan untuk laki-laki di lantai 2 bagian utara (lantai 2 ini ketaknya tepat diatas selasar dalam ruang sholat utama).

Lantai 2 Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

Lantai 2 Mesjid Agung Madani Islamic Centre (Pasir Pangaraian Rokan Hulu, Kamis 5/5/2016)

I. Lembaga Pendidikan

Di kompleks Agung Madani ini juga terdapat lembaga-lembaga pendidikan, seperti PAUD yang bertujuan untuk mendidik generasi mulai sejak
dini untuk mengenal dan memahami ajatan Islam, sehingga diharaokan meteka menjadi cikal bakal generarasi mendatang yang cinta dan tqwa pafa Allah SWT. Selain itu juga terdapat SMP Takhfidz  Al-Quran, dan Perguruan Tinggi Ilmu A-Quran dan Hadist.

Alhamdulillah, penulis dan rombongan mendapat kesempatan bertemu dengan santri-santri dati Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran dan Hadist tersebut, dan dengan senang hati mereka mengantar rombongan kami untuk berkeliking guna memperkenalkan mesjid dan bahagian-bahagiannya, serta informasi terkait dengan mesjid tersebut.

 

J.Mesjid Terbaik Indonesia

Mesjid Agung Madani Islamic Center (MAMIC) Pasir Pengaraian, mewakili Provinsi Riau pada penilaian masjid terbaik tingkat Nasional yang dilakukan Kementerian Agama RI di 33 Provinsi di Indonesia. Dari hasil penilaian masjid terbaik oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Masjid Agung Madani Islamic Center di Kota Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, ditetapkan menjadi Masjid Terbaik di Indonesia tahun 2015. Hal ini sesuai keputusan Dewan Penilai Masjid Agung Percontohan Nomor 01/DPM.MA/XI/2015, terkait penetapan Masjid Agung Percontohan Tingkat Nasional Tahun 2015, yang diketuai Prof. Dr. H. Ahmad Satori, Masjid Agung Madani Rohul, meraih terbaik dari kategori Masjid Agung Percontohan Paripurna di Indonesia dengan nilai 90,28.

Sementara, pada posisi kedua ditempati Masjid Baiturrahman Provinsi Jawa Timur dengan nilai 88,77, dan posisi ketiga ditempati Masjid Dr. Wahidin 8 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan di kategori Masjid Agung Percontohan Idarah atau Administrasi, juara pertama, Masjid Sindenreng Rappang Sulawesi Selatan, disusul Masjid Nurul Falah Sulawesi Barat, dan Masjid Baitul Hikmah Kalimantan Timur. Kategori Masjid Agung Percontohan Imarah atau Kemakmuran, Masjid Baitussalam DKI Jakarta menempati posisi pertama, disusul Masjid Al-Mukarram Amanah Kalimantan Tengah, dan Masjid Nurul Huda di Provinsi Bali. Sementara, di kategori Masjid Agung Percontohan Riayah atau Pemeliharaan dan Kebersihan, Masjid Agung Sibolga di Provinsi Sumatera Utara, jadi yang terbaik, disusul Masjid Agung Brebes Jawa Tengah, dan Masjid An-Nur Sulawesi Tengah.

“Ini sebagai bukti keseriusan Pemkab Rohul dan Bupati Achmad, dalam memakmurkan masjid di Negeri Seribu Suluk dengan beragam program keagamaan di Masjid Agung selama ini,” terang Ahmad Supardi. Ahmad Supardi juga mengakui, bahwa prestasi yang sudah diraih oleh Masjid Agung Madani Rohul sebagai Masjid Agung Percontohan Paripurna, sudah meliputi penilaian kategori Idarah, Imarah, dan Riayah. “Bila Idarah dari sisi Administrasi Masjid, Imarah soal Kemakmuran, dan Riayah Pemeliharaan dan Kebersihan. Jadi tiga penilaian ini sudah dipegang oleh Masjid Agung Madani Rohul,” sebutnya. Ahmad Supardi menambahkan, dengan ditetapkannya sebagai Masjid Agung terbaik Nasional di Indonesia, Masjid Agung Madani menerima hadiah berupa vacuum cleaner seharga Rp20 juta dari Kemenag RI. “Bukan hadiahnya yang menjadi patokan, namun marwah Masjid Agung Madani Islamic Center Rohul juga sudah diakui di tingkat nasional,” sebut Ahmad Supardi, yang juga pernah menjabat Humas di Kantor Wilayah Kemenag Riau.

Sebelum mewakili propinsi Riau untuk penilaian mesjid tingkat nasional, mesjid Agung Madani telah menjadi mesjid terbaik propinsi Riau. Ada beberapa faktor yang mendukung mesjid ini, menjadi mesjid terbaik di Riau. Pertama Mesjid Agung sudah memiliki managemen mesjid yang baik, kedua Infrastruktur dan fasilitas mesjid yang memadai, ketiga memiliki fasilitas pendidikan islam yang baik seperti Laboratorium Al-quran dan SLTP Tahfiz, keempat memiliki usaha yang mampu memberikan pemasukan bagi mesjid dan kelima memiliki sarana dalam pengembangan Islam.

Kepala Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan, mengatakan, Masjid Agung Madani menjadi juara pertama di tingkat Riau, dari bermacam-macam kriteria penilaian, seperti sarana dan prasarana paling lengkap, pemeliharaan, manajemen dalam memakmurkan masjid, dan banyak kegiatannya. Masjid kita ini juga telah dilengkapi pengurus, security, dan Cleaning Service.

 

J.Penutup

Nah, apa lagi yang ditunggu  ayo berkunjung dan mengenal  masjid  yang juga telah menjadi masjid kebanggaan warga Rohul, dan telah menjadi ikon daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk ini, yaitu  Masjid Agung Madani di kawasan Islamic Center yang dibangun menggunakan uang rakyat hingga ratusan Milyar.

Refetensi

Tersedia “Salut, Masjid Agung Madani Islamic Center Rohul Terbaik Nasional” . http:/news.detakriaunews.com/Diakses Sabtu 7 Mei 2016 Jam 06.25

Tersedia “Masjid Agung Madani Rihul Terbaik di Riau”. http://newberitaharian.com/. Diakses Sabtu 7 Mei 2016 Jam 05.50

Tersedia “Masjid Agung Madani Rokan Hulu Terbaik Nasional” http://news.okezone.com/read/2015/12/23/Diakses Sabtu 7 Mei 2016 Jam 06.55

FacebookTwitterGoogle+Share

3 Responses to Ayo Berkunjung dan Mengenal MAMIC Pasir Pangaraian , Mesjid Terbaik Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tulisan Terkini
Buku Pegangan Siswa
Diktat Ekonomi SMA/MA

Bagaimana menurut pendapat Anda tentang website Fitriany Gustariny ini?

Lihat Hasil Jajak Pendapat

Loading ... Loading ...

Laporan Karya Inovatif
Berita Lainnya
Bagaimana Menulis Sebuah Artikel?
Bagaimana Menulis Sebuah Artikel?
“Memang banyak kendala yang dihadapi oleh seorang penulis dalam mengha
Urgensi Karya Tulis Bagi Guru.
Urgensi Karya Tulis Bagi Guru.
“Seorang mahasiswa, guru, dosen harus menulis dalam rangka mengembangk
Guru Perlu Apresiasi, Bukan Sekedar Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
Guru Perlu Apresiasi, Bukan Sekedar Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
“Tujuan diadakan acara ini adalah untuk meningkatkan kompetensi, kompe
OGN Ekonomi  SMA Tingkat Propinsi Sumatera Barat  2017
OGN Ekonomi  SMA Tingkat Propinsi Sumatera Barat  2017
Olimpiade Guru Nasional (OGN) SMA Tingkat Propinsi Sumatera Barat berl
Olimpiade Guru Nasional Salah Satu Upaya Memicu Kontruksi Berfikir
Olimpiade Guru Nasional Salah Satu Upaya Memicu Kontruksi Berfikir
"Hari ini adalah event Olimpiade Guru Nasional (OGN) SMA Tingkat Sumat

Temukan Kami di Facebook


       

.

Galeri Foto
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
20150203_121026-1.jpg
20150203_121051-1.jpg
IMG_39759949695819.jpeg
20131120_110407-1.jpg
20131120_110424-1.jpg
20131219_140230.jpg
Video Pembelajaran